Puslapdik Kemdikbud dan Program Beasiswa Terbaru 2022

P

Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan atau yang disingkat Puslapdik merupakan layanan pemerintah yang dibentuk untuk memaksimalkan  pengelolaan pembiayaan pendidikan yang dikelola secara langsung oleh Kemdikbud. 

Dilansir dari situs puslapdik.kemdikbud.go.id pembiayaan pendidikan yang dikelola Puslapdik meliputi PIP Dikdasmen (SD, SMP, SMA dan Sederajat), KIP Kuliah,  ADik, dan Aneka Tunjangan, yakni Tunjangan Profesi Guru dan Tenaga Kependidikan Non PNS, Tunjangan Khusus Guru dan Tenaga Kependidikan Non PNS, dan Insentif Guru dan Tenaga Kependidikan Non PNS. 

Sebelumnya berbagai jenis pembiayaan tersebut dikelola secara terpisah, namun saat ini dijadikan satu dalam Puslapdik guna mempermudah dilakukannya pengecekan dan anggaran secara transparan.

Fungsi dari Puslapdik

Dibentuknya layanan Puslapdik oleh pemerintah tentu memiliki fungsi dan tujuan. Sesuai dengan Kemdikbud, berikut beberapa fungsi atau tujuan dari Puslapdik:

  • Penyiapan kebijakan teknis di bidang layanan pembiayaan pendidikan;
  • Pelaksanaan layanan pembiayaan pendidikan;
  • Koordinasi pelaksanaan layanan pembiayaan pendidikan;
  • Pemantauan, evaluasi, dan pelaporan di bidang layanan pembiayaan pendidikan; dan
  • Pelaksanaan urusan ketatausahaan Pusat.

Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan Kementerian Pendidikan, kebudayaan, riset dan teknologi.

Apa itu Puslapdik?

Fitur yang Ada di Situs Puslapdik

Situs Puslapdik bersifat umum dan bisa diakses oleh siapa saja. Dengan adanya situs Puslapdik masyarakat bisa mengetahui berbagai informasi misalnya tentang Beasiswa Pendidikan Indonesia, Pendaftaran KIP Kuliah Merdeka 2022, dan yang lain. Berikut beberapa menu yang akan Anda temukan saat mengunjungi situs https://puslapdik.kemdikbud.go.id/ 

1. Beranda

Menu Beranda adalah menu yang menyajikan data Puslapdik secara umum. Pada menu tersebut Anda bisa mengetahui sekilas tentang program yang diadakan oleh Puslapdik serta berita penting tentang Kemdikbud.

2. Profil

Selanjutnya adalah menu Profil, pada menu ini Anda bisa mengetahui sekilas tentang Puslapdik, Tugas, Fungsi, Struktur organisasi, dan RBI Puslapdik

3. Program Utama 

Program Pip Dan Beasiswa Unggulan Di Puslapdik Kemdikbud
Program Pip Dan Beasiswa Unggulan Di Puslapdik Kemdikbud

Menu Program Utama di Puslapdik menyajikan semua data program utama yang dijalankan oleh Puslapdik. Program Utama Puslapdik terdiri dari Program Indonesia Pintar, KIP Kuliah Merdeka, Beasiswa Unggulan, Beasiswa Pendidikan Indonesia, dan Aneka Tunjangan. Namun, sayangnya pada sub menu Aneka Tunjangan belum bisa diakses atau masih dalam pengembangan.

4. Publikasi

Pada menu publikasi, Anda bisa melihat semua kegiatan yang berkaitan dengan program Puslapdik. Kegiatan tersebut akan dipublikasikan melalui berita, foto, video, unduh semua berita, agenda kegiatan Puslapdik dan Pengumuman terbaru tentang segala program Puslapdik.

5. FAQ

Pada menu ini menampung semua pertanyaan tentang program utama dari Puslapdik beserta jawabannya. Pada menu FAQ, dibagi menjadi lima sub menu program utama berikut diantaranya 

Login Program Beasiswa Unggulan Dari Puslapdik Kemdikbudristek Ri
Login Program Beasiswa Unggulan Dari Puslapdik Kemdikbudristek Ri
  1. Program Indonesia Pintar
  2. KIP Kuliah Merdeka yang terdiri dari Kartu Indonesia Pintar Kuliah dan Afirmasi Pendidikan Tinggi.
  3. Beasiswa Unggulan
  4. Beasiswa Pendidikan Indonesia
  5. Aneka Tunjangan

6. Layanan

Menu layanan di Puslapdik akan memaparkan secara detail seperti apa bentuk dari pelayanan Puslapdik terhadap kebutuhan masyarakat. Dalam menu Layanan akan mencangkup beberapa hal seperti Standar Pelayanan, Maklumat Pelayanan, Survei Kepuasan Masyarakat, Pengaduan, dan Whistle Blowing System.

7. Kontak Kami

Kontak Kami merupakan menu terakhir yang bisa Anda gunakan pada situs https://pip.kemdikbud.go.id/. Menu ini bisa digunakan secara umum, untuk masyarakat yang ingin melaporkan pengaduan, kritik serta saran perihal layanan Puslapdik. Masyarakat bisa melaporkannya melalui panggilan 177, email pengaduan, live chat dan melalui aplikasi SP4N LAPOR.

Referensi terkait:

About the author

Editorial Staff

Topik Populer

×