Voiceoftext.com dan Soundoftext.com, Cara Pakai untuk Ubah Teks ke Suara

Kebutuhan voice over atau suara latar yang semakin banyak membuat situs-situs text for speech semakin populer. Text for speech sendiri adalah aplikasi yang bisa mengubah tulisan menjadi suara untuk kemudian digunakan sebagai pengisi suara atau suara latar.

Dua situs text for speech yang paling populer saat ini adalah voiceoftext.com dan soundoftext.com. Keduanya sama-sama bisa digunakan untuk mengubah tulisan menjadi suara. Berikut adalah review situs voiceoftext.com dan soundoftext.com:

1. Mengenal Voiceoftext.com

Ubah Teks Ke Suara Di Voice Of Text
Ubah Teks Ke Suara Di Voice Of Text

Voiceoftext.com merupakan situs yang bisa membantu merubah tulisan atau teks menjadi suara. Kamu bisa menggunakan berbagai macam bahasa baik itu Bahasa Indonesia, bahasa asing, bahkan bahasa daerah sekalipun seperti Jawa dan Sunda. Aplikasi ini dibutuhkan seiring penggunaan suara latar atau pengisi suara yang semakin banyak untuk konten.

2. Kelebihan dan Kekurangan Voiceoftext.com

Berikut ini adalah kelebihan dan kekurangan dari voiceoftext.com:

#1. Kelebihan

Banyak kelebihan dari voiceoftext.com yang pastinya akan sangat membantu seperti:

  • Menyediakan bahasa daerah

Salah satu keunggulan situs ini yang tidak ada di situs lain yaitu menyediakan bahasa daerah. Contohnya yaitu sound of text Bahasa Jawa yang memiliki logat khusus.

Tentang Voice Of Text
Tentang Voice Of Text
  • Gratis

Situs ini bebas kamu gunakan kapan saja tanpa perlu membayar. Tidak ada copyright di suara yang dihasilkan jadi tidak akan mengganggu kontenmu.

  • Privasi terjamin

Kamu tidak perlu login untuk menggunakan voiceoftext.com. Karena itu, privasi dari apa yang akan kamu tulis sangat terjamin.

  • Bahasa lengkap

Bahasa yang ditawarkan oleh situs ini terbilang lengkap. Selain Bahasa Jawa, masih banyak bahasa lain yang bisa kamu pilih.

  • Fast loading dan ringan

Beberapa orang mungkin masih bingung ketika masuk ke halaman awal. Namun situs ini terbilang ringan dan fast loading. Bahkan bisa diakses meskipun internetmu tidak cepat.

  • Ada versi aplikasi

Keunggulan lain yang tidak ada di situs serupa adalah adanya versi aplikasi. Kamu bisa mengunduh versi aplikasinya melalui website voiceoftext.com. Aplikasi Voiceoftext berbasis Android yang bisa digunakan di smartphone.

#2. Kekurangan

Namun voiceoftext.com juga memiliki kekurangan yaitu sebagai berikut:

  1. Karakter terbatas

Meskipun memiliki banyak kelebihan, voiceoftext.com tetap memiliki kekurangan. Salah satu kekurangannya yaitu karakter yang bisa diubah menjadi suara hanya 200 karakter saja. Jika butuh banyak karakter, kamu harus mengulang berkali-kali.

  • Hanya satu pilihan suara

Situs ini hanya menyediakan satu pilihan suara saja yaitu suara robot Google wanita. Tidak ada jenis suara lainnya yang bisa kamu jadikan pilihan.

3. Cara Menggunakan Voiceoftext.com

Berikut ini adalah langkah-langkah menggunakan voiceoftext.com yang bisa kamu lakukan:

  1. Langkah 1: Masuk ke situsnya yang beralamatkan di https://www.voiceoftext.com/p/sound-of-text-wa.html
  2. Langkah 2: Scroll website hingga kamu menemukan kotak dialog yang diinginkan. Di halaman awal kamu juga bisa menemukan langkah-langkah membuat teks menjadi suara namun dalam Bahasa Inggris.
  3. Langkah 3: Pilih bahasa pada bagian Voice. Tersedia banyak bahasa, termasuk Jawa.
  4. Langkah 4: Masukkan teks yang kamu ingin ubah menjadi suara pada kotak yang tersedia. Pastikan di bawah 200 karakter.
  5. Langkah 5: Tekan Speak atau Convert.
  6. Langkah 6: Tekan ikon Download untuk mengunduh.
  7. Selesai.

1. Mengenal Soundoftext.com

Selain voiceoftext.com, ada satu situs text to speech lain yang tak kalah populer yaitu soundoftext.com. Pada dasarnya soundoftext.com sama seperti voiceoftext.com yang bisa mengubah tulisan atau teks menjadi suara. Kemudian kamu bisa mengunduhnya untuk digunakan sesuai kebutuhan.

2. Kelebihan dan Kekurangan Soundoftext.com

Berikut ini adalah berbagai kelebihan serta kekurangan dari aplikasi soundoftext.com:

#1. Kelebihan

Pertama adalah kelebihannya yaitu sebagai berikut:

  1. Gratis

Sama seperti voiceoftext.com, situs soundoftext.com juga bisa kamu gunakan secara gratis. Kamu tidak perlu membeli linsensi untuk menggunakannya, jadi bisa hemat bukan.

  • Tidak banyak iklan

Meskipun gratis, namun situs ini tidak menampilkan banyak iklan. Kamu bisa mengubah teks menjadi suara tanpa terganggu dengan iklan-iklan yang cukup menyebalkan.

  • Tersedia banyak bahasa

Aplikasi satu ini menawarkan banyak bahasa yang kamu bisa pilih langsung saat mengubah teks menjadi suara. Ada Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, dan lain sebagainya.

  • Cepat dan mudah digunakan

Aplikasi yang tidak ada iklan pastinya cepat dan mudah digunakan. Kamu hanya perlu mengetikkan kalimat yang akan diubah menjadi suara lalu mengunduhnya setelah cocok.

  • Bisa dicek sebelum diunduh

Keunggulan soundoftext.com yang tidak ada di situs lainnya yaitu bisa dicek sebelum diunduh. Situs voiceoftext.com hanya menyediakan tombol unduh saja. Sedangkan situs ini menyediakan tombol play untuk mengecek terlebih dahulu. Baru setelah cocok kamu bisa mengunduhnya.

#2. Kekurangan

Sementara kekurangannya yaitu sebagai berikut:

  1. Hanya satu suara saja

Aplikasi ini hanya menawarkan satu suara saja yaitu suara Google. Kamu tidak bisa berkreasi dan tampil berbeda jika menggunakan situs ini.

  • Karakter terbatas

Kamu hanya bisa mengubah teks ke suara sebanyak 250 karakter saja. Lebih banyak 50 karakter jika dibandingkan dengan voiceoftext.com.

  • Tidak ada bahasa daerah

Sayangnya tidak ada pilihan bahasa daerah seperti Bahasa Jawa di situs ini. Kamu yang suka dengan bahasa tersebut tidak bisa menggunakannya.

  • Tidak ada versi aplikasi

Selain tidak ada bahasa daerah, soundoftext.com juga tidak memiliki versi aplikasi. Kamu hanya bisa menggunakan versi website saja.

3. Cara Menggunakan Soundoftext.com

Cara menggunakan soundoftext.com sangat mudah karena tampilannya simple. Adapun langkah-langkah untuk menggunakan soundoftetx.com yaitu sebagai berikut:

Situs Sound Of Text
Situs Sound Of Text
  1. Langkah 1: Masuk ke website www.soundoftext.com.
  2. Langkah 2: Tuliskan teks yang akan diubah pada kolom Text.
  3. Langkah 3: Pilih bahasa yang diinginkan pada kolom Voice.
  4. Langkah 4: Tekan Submit.
  5. Langkah 5: Ada dua pilihan tombol. Play untuk mendengarkan hasilnya, Download untuk mengunduh hasilnya.
  6. Selesai.

Penutup

Itulah review situs voiceoftext.com dan soundoftext.com. Kedua situs tersebut tersebut aman karena bukan aplikasi modifikasi. Kamu bisa menggunakannya secara bebas tanpa takut terkena banned.

Referensi:

Leave a Comment