Download Nada Dering WA

Cara ganti nada dering WA di perangkat Android bisa dilakukan dengan memindahkan file mp3 yang akan dijadikan nada dering ke dalam folder ringtones atau notifications.

Lebih direkomendasikan pindah ke folder ringtones. Dengan begitu file-file mp3 yang Anda pindahkan, akan muncul di daftar nada dering aplikasi WhatsApp.

Adapun lokasi folder ringtones, ada di dalam aplikasi My Files / File Manager, lalu buka Internal Storage. Di sanalah folder ringtones berada. Sampai di titik ini, kita anggap Anda sudah mengerti cara ganti nada dering WA. Berikutnya akan membahas nada dering-nada dering menarik untuk dipasang di WhatsApp.

Cara Download Nada Dering untuk WhatsApp

Daripada membuat, lebih simpel jika memakai nada dering yang sudah jadi dengan cara men-download-nya dari platform yang menyediakan. Beberapa platform tersebut antara lain:

1. TikTok

Sound TikTok yang pendek, cocok untuk dipakai nada dering. Di platform tersebut juga banyak creator membagikan editan nada dering mereka. Cobalah caro dengan ketik kata kunci “nada dering WA“.

Lalu ubah video TikTok menjadi lagu dengan memanfaatkan website ssstik.io. Dengan begitu Anda otomatis mengubah file video menjadi audio untuk nada dering.

2. Zedge.net

Zedge memiliki versi aplikasi dan website. Ia tersedia di PlayStore ataupun AppStore. Situs ini menyediakan nada dering viral, populer, dan nada dering yang mungkin sedang Anda cari saat ini. Anda juga dapat mengupload audio buatan Anda ke aplikasi ini yang nantinya bisa didownload orang lain.

3. MyInstants.com

Semua nada dering yang viral selalu tersedia di MyInstants. Contohnya nada dering suara Google, Spongebob, nada dering trending Indonesia, anime, meme, rizz dan masih banyak lagi. Dapatkan file mp3-nya, lalu ubah menjadi nada dering WA dengan mengikuti langkah-langkah yang dijabarkan di atas.

4. MobCup.net

Tempat download nada dering WA berikutnya adalah MobCup.net. Ia bisa dibuka lewat website ataupun apps. Koleksi nada dering melimpah, bisa digunakan gratis, tidak perlu daftar dahulu, tinggal download saja. 

Jika menurut Anda nada dering di atas kurang menarik, ada nada dering lain yang tak kalah menarik. Yaitu nada dering sebut nama kontak setiap kali ada pesan atau panggilan masuk.

Nada Dering Sebut Nama WhatsApp

Ada dua cara sebut nama nada dering WhatsApp, yaitu dengan aplikasi dan tanpa aplikasi. Apabila menggunakan aplikasi, Anda bisa memakai beberapa aplikasi berikut:

1. Notification Shouter Reader

Aplikasi Shouter Notification Untu Buat Nada Dering Wa Suara Google
Aplikasi Shouter Notification Untu Buat Nada Dering Wa Suara Google

Aplikasi ini tersedia di Playstore, tapi apabila tertera keterangan perangkat Anda tidak kompatibel. Anda dapat mengunduhnya lewat pencarian Google, atau situs pihak ketiga. 

Kelebihan:

  • Bisa membaca notifikasi aplikasi apapun, termasuk WhatsApp
  • Mengumumkan nama kontak tiap kali ada chat atau panggilan masuk
  • Membaca isi pesan chat WA
  • Mengumumkan persentase baterai saat dicharger
  • Cocok untuk dipakai saat berkendara, sehingga Anda tidak perlu cek ponsel untuk mengetahui siapa pengirim atau pemanggil

2. Sound of Text

Sound of text adalah teknologi mengubah teks menjadi suara. Cara kerjanya dengan menyusun kalimat nada dering sambil menyertakan nama kontak. Misalnya, “ada pesan baru dari Danu.”

Sekilas Aplikasi Sound Of Text Dari Google Translate
Sekilas Aplikasi Sound Of Text Dari Google Translate

Lalu ubah menjadi suara. Kemudian manfaatkan fitur nada dering kustom yang ada di aplikasi WhatsApp. Kekurangan cara ini adalah ribet. Anda membuat satu per satu nada dering sebanyak nama kontak yang ingin disebut namanya.

Kelebihan:

  • Bisa mengatur kontak mana saja yang ingin disebut
  • Bisa susun kalimat yang nada dering sesuka hati

Baca juga: Sound of text Suara Wanita, Laki-laki, Kartun

3. Audify – Notification Reader

Menggunakan teknologi text to speech, mereka membaca setiap notif masuk, dari teks diubah ke suara yang akan bersuara setiap ada notif masuk.

Kelebihan:

  • Pilih aplikasi yang ingin disuarakan dan nonaktifkan
  • Mode privasi untuk melewati konten notifikasi
  • 250 audifikasi gratis. 1 audifikasi untuk 1 notifikasi. Jika kehabisan audifikasi, Anda dapat beli Audify premium tanpa batas dan bekerja di semua perangkat 

Macam-Macam Ringtone

Nada dering atau ringtone adalah file audio pendek yang akan berbunyi tiap ada pesan atau panggilan masuk. Jenis ringtone ada banyak, tapi jika menyebut secara resmi, jenis ringtone ada 3.

Yaitu: monofonik, polifonik dan mp3. Tapi di sini kita akan lebih membahas ke macam-macam ringtone berdasarkan apa yang paling banyak ditanyakan dan dicari:

1. Nada Dering Default : adalah nada dering bawaan yang sudah dimiliki ponsel kita sejak masih baru. 

2. Nada Dering Sound of Text : yaitu nada dering yang proses pembuatannya mengubah teks menjadi suara. Yang paling terkenal sound of text suara Google.

3. Nada Dering Lagu : ringtone yang diambil dari potongan lagu tertentu. Ada juga yang versi remix, sudah diedit sedemikian rupa.

4. Nada Dering iPhone : yaitu ringtone yang dimiliki iPhone. Kadang pengguna android juga ingin memiliki ringtone iPhone. Di tutorial sound of text iPhone ini, kami sudah membahas fitur caller name menjadi ringtone default mereka. Sementara pengguna android harus download dahulu.

Demikian pembahasan seputar nada dering WhatsApp dari mulai cara menggantinya dan  cara mendapatkannya.