Sound of Text iPhone dan Cara Pakainya

iPhone juga punya sound of text. Jika di Android memakai suara Google, maka iPhone memakai suara Siri. Android punya Google Assistant, dan iPhone memiliki Siri Assistant. 

Kita tidak akan membahas asisten Siri atau Google, melainkan nada dering memakai sound of text iPhone, dimana sample suara sound of text yang dimiliki iPhone memakai suara Siri. 

Sound of Text iPhone Sebut Nama Pemanggil atau Caller Name

Pernahkah membayangkan Anda memiliki sistem unik yang memberitahu Anda siapa nama pemanggil atau mengirim pesan tanpa harus mengecek ponsel? Anda bisa memiliki sistem ini jika mengaktifkan caller name.

Untuk mengaktifkan nada dering caller name di iPhone, tidak perlu download aplikasi apapun. Anda cukup aktifkan fitur yang sudah iPhone sediakan di aplikasi pengaturan.

  • Buka aplikasi Settings 
  • Pilih Siri and Search
  • Kemudian klik opsi Announce Calls (umumkan panggilan). Dengan begini setiap ada panggilan, nama kontak pemanggil akan dipanggil oleh Siri
  • Agar opsi ini aktif, setting menjadi always (announce calls)
  • Pilih Headphones and Car atau Headphone Only. Silakan pilih salah satu. Aktifkan announce calls saat di mobil atau saat terhubung dengan headphone
Sound Of Text Sebut Nama Di Iphone
Sound Of Text Sebut Nama Di Iphone

Ketika annouce calls diaktifkan, Siri akan mengidentifikasi identitas pemanggil. Tak hanya berlaku untuk panggilan, Siri juga membaca pesan masuk. Fitur ini membantu pengguna tetap aman saat berkendara atau di jam-jam sibuk yang tidak memungkinkan mengecek ponsel.

Jika Anda dalam kondisi sibuk, misalnya berkendara, dan kesulitan menjawab panggilan yang masuk, Anda dapat mengatakan ini kepada Siri:

“Hai Siri, jawab panggilannya” (hey Siri, answer the call) atau “Hai Siri, tolak panggilannya” (hey Siri, decline the call). Apabila Anda terhubung dengan headphone, Anda tinggal bilang “yes” atau “no”.

Sound iTunes

Menu Tones Untuk Sinkronisasi Nada Dering Iphone
Menu Tones Untuk Sinkronisasi Nada Dering Iphone

Perbedaan nada dering iPhone dan Android adalah dari cara mendapatkannya. Jika di iPhone, kita bisa tambah nada dering melalui aplikasi mereka bernama Sound iTunes (aplikasi resmi Apple), tapi sayangnya berbayar.

Sementara Android, banyak tersebar aplikasi nada dering gratis maupun berbayar (tidak resmi dari Android, tapi tetap aman digunakan). Kita juga bisa dengan mudah membuat lalu tambah nada dering itu ke ponsel.

Bisakah mendapatkan nada dering gratis di iTunes?

Seharusnya tidak bisa, karena semua lagu ataupun nada dering berbayar di sana. Mungkin ada beberapa sound yang bisa dipakai gratis, tapi sound yang Anda inginkan kemungkinan besar berbayar.

Pembayaran bisa dilakukan lewat e-Wallet dan kartu kredit. Proses pembayaran sangat mudah, bisa dilakukan lewat Dana, OVO, dan dompet digital lain. Yang sulit adalah merelakan uang untuk mendapatkan sebuah lagu. 

Bisakah mendapatkan sound of text di iTunes?

Sepertinya tidak ada. Kebanyakan didominasi lagu atau text tone yang kebanyakan kita kenal selama ini. Kalau ingin nada dering memakai sound of text, gunakanlah fitur caller name.

Fitur tersebut gratis digunakan. Tapi kekurangannya, kita tidak bisa mendengar nada dering yang lebih kreatif dari menyebut nama pemanggil.

Adakah cara mendapatkan nada dering iPhone gratis tanpa iTunes?

Ada satu cara, yaitu memanfaatkan aplikasi GarageBand yang merupakan salah satu aplikasi milik Apple, ia tersedia di AppStore. Dapat digunakan gratis.

Aplikasi ini dapat mengubah audio yang Anda download dari situs-situs illegal atau aplikasi misalnya TikTok, menjadi nada dering di iPhone dengan format m4r. Manfaatkan beberapa tool berikut untuk mendapatkan audio yang akan diubah menjadi ringtones iPhone:

  • Ssstik.io : mengunduh video TikTok menjadi mp3
  • Convert.io : mengubah file video (mp4) menjadi audio (mp3)
  • Mp3 Juice : tempat download video-video yang ada di YouTube yang dapat mengkonversi video ke audio secara otomatis
  • Soundoftext.com : membuat suara sound of text gratis menggunakan suara Google
  • Voiceoftext.com : membuat suara Google yang membacakan sekumpulan teks yang Anda masukkan dalam berbagai bahasa, tak terkecuali bahasa Sunda dan Jawa
Aplikasi Ringtone Designer Iphone Di App Store
Aplikasi Ringtone Designer Iphone Di App Store

Setelah mendapatkan file audio yang akan diubah menjadi nada dering, berikutnya buka aplikasi GarageBand. Setting sedemikian rupa, Anda bisa edit panjang-pendek, mengatur volume, lalu share nada dering itu menjadi ringtones iPhone.

Demikian adalah sound of text iPhone dalam bentuk caller name dan nada dering iPhone yang memakai sound of text. Beberapa tool online sound of text yang banyak dipakai Android, dapat digunakan iPhone juga selagi masih dalam bentuk web. 

Kecuali jika sudah berbentuk aplikasi dan cuma tersedia untuk Android. Aplikasi sound of text tersebut tidak bisa digunakan di iPhone.