Portal Garuda: Fitur dan Cara Penggunaannya

P

Dalam penulisan karya ilmiah, seperti artikel, makalah, atau karya tulis ilmiah lainnya diperlukan referensi atau rujukan yang valid dan dapat dipercaya. Rujukan atau referensi yang digunakan pun umumnya lebih dari satu.

Biasanya orang akan mencari referensi tersebut di perpustakaan atau toko buku. Namun terkadang, buku atau referensi yang dibutuhkan tidak tersedia di perpustakaan.

Portal Garuda atau Garba Rujukan Digital milik Kemdikbud dapat menjadi salah satu solusi untuk mencari referensi dalam penulisan karya tulis ilmiah. Dalam artikel ini akan dibahas tentang portal Garuda beserta cara penggunaannya.

Sekilas Tentang Portal Garuda

Portal Garuda atau Garba Rujukan Digital merupakan situs yang berfungsi untuk melakukan penelusuran maupun monitoring karya tulis ilmiah. Tujuan adanya portal ini adalah untuk meningkatkan kualitas publikasi ilmiah di Indonesia.

Portal Garuda pertama kali dirilis pada 2 Mei 2010. Ketika itu portal ini diberi nama Referensi Ilmiah Indonesia (RII). Portal ini dirancang oleh P2M-DIKTI. Dan yang mengisi kontennya adalah  PDII-LIPI dan juga beberapa perguruan tinggi di Indonesia.

Portal Garuda memiliki peranan penting dalam membantu mahasiswa atau siapa pun yang membutuhkan jurnal sebagai sumber rujukan ilmiah.

Menu dalam Portal Garuda

Portal Garuda diciptakan dengan tampilan sederhana dan user friendly, sehingga memudahkan pengguna dalam menggunakan portal ini. Sesuai pantauan tim di Kemdikbud.co.id, portal Garuda memiliki beberapa menu sebagai berikut.

1. Home

Menu “Home” merupakan menu awal dari portal Garuda. Dalam menu ini memuat informasi tentang jumlah artikel, publisher, jurnal, conference, dan subjek.

2. Publisher

Jurnal Di Portal Garuda Dari Berbagai Publisher Ptn Ternama Di Indonesia
Jurnal Di Portal Garuda Dari Berbagai Publisher Ptn Ternama Di Indonesia

Dalam menu ini, pengguna dapat mengetahui daftar nama penerbit yang ada dalam portal Garuda.

3. Jurnal/Conference

Pada menu ini memuat daftar jurnal yang ada dalam portal Garuda. Anda dapat melakukan pencarian berdasarkan abjad.

4. Subject

Untuk melakukan pencarian jurnal sesuai dengan subjek atau bidang penelitian, maka dapat memilih menu ini. Anda bisa klik salah satu subjek yang tersedia di portal Garuda dan jurnal yang berkaitan dengan subjek tersebut akan ditampilkan.

5. Suggest

Menu ini digunakan bagi pengguna yang ingin melakukan pendaftaran jurnal di Garuda. Jurnal yang didaftarkan tersebut harus sesuai dengan syarat dan ketentuan dalam portal Garuda. 

Fitur Portal Garuda

Portal Garuda menyediakan berbagai fitur unggulan yang dapat memudahkan pengguna dalam melakukan pencarian jurnal di portal ini. Berikut ini beberapa fitur yang tersedia di portal Garuda.

1. Pencarian

Fitur ini dapat dimanfaatkan oleh pengguna untuk melakukan pencarian jurnal, artikel, maupun sumber tulisan.

2. Penelusuran

Dalam portal Garuda juga memiliki fitur penelusuran yang lengkap misalnya sumber penerbit, sumber jurnal dan prosiding dan penelusuran artikel.

3. Unduhan sitasi

Fitur ini dapat memudahkan para pengunjung untuk mengunduh metadata artikel (sitasi) dengan format BibTex dan RIS (EndNote atau Procite).

4. Unduhan Full Text

Download Jurnal Text To Sound Fdi Portal Garuda
Download Jurnal Text To Sound Fdi Portal Garuda

Pengguna juga dapat memanfaatkan fitur unduhan yang ada dalam portal Garuda ini. Unduhan yang tersedia dalam format PDF dan full text.

5. Laporan jurnal

Fitur ini berisi informasi tentang jumlah jurnal atau artikel yang telah dilihat oleh pengunjung portal, teks PDF yang telah diunduh, dan juga statistik artikel yang paling banyak diunduh.

Cara Menggunakan Portal Garuda

Portal Garuda umumnya digunakan untuk mencari dan mengunduh jurnal atau artikel ilmiah. Masing-masing pengguna bebas untuk mengunduh jurnal yang ada dalam portal ini. Berikut ini cara menggunakan dan mengunduh jurnal di portal Garuda.

Cari Artikel Lewat Menu Search
Cari Artikel Lewat Menu Search
  1. Buka situs Portal Garuda dengan alamat https://garuda.kemdikbud.go.id 
  2. Setelah itu, Anda bisa masukkan kata kunci di kolom pencarian yang terletak di bagian atas halaman.
  3. Kemudian, akan muncul hasil pencarian yang relevan dengan kata kunci yang Anda masukkan. Di halaman tersebut Anda juga akan melihat informasi mengenai judul jurnal, penulis, identitas jurnal, tanggal diterbitkannya jurnal dan penerbit.
  4. Lalu, klik judul jurnal yang Anda inginkan. Ketika salah satu judul jurnal di klik, maka akan ditampilkan abstrak terlebih dahulu. Kemudian, di bagian bawah abstrak terdapat opsi unduhan sitasi dan jenis unduhan yang bisa Anda pilih.
  5. Jika Anda ingin mengunduh jurnal secara lengkap maka bisa pilih opsi full PDF. Dan jika ingin mendapatkan jurnal dalam bentuk aslinya maka bisa pilih opsi download original.
  6. Secara otomatis, maka jurnal yang Anda inginkan akan terunduh.

About the author

Editorial Staff

Topik Populer

×