Syarat dan Cara Daftar Kursus Gratis di Kursus.kemdikbud.go.id

S

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah meluncurkan sebuah program kursus gratis yang bernama Ayo Kursus. Aplikasi berbasis website ini dibuat dengan tujuan agar masyarakat Indonesia bisa mengembangkan kualitas yang ada pada diri masing-masing.

Program Ayo Kursus ditujukan bagi anak usia sekolah atau tidak sekolah hingga lulusan SMA dan Perguruan Tinggi yang belum bekerja dengan usia dibawah 25 tahun. Program ini dikelompokkan menjadi dua jenis yaitu program Pendidikan Kecakapan Kerja (PKK) dan Pendidikan Kecakapan Wirausaha (PKW).

Program Ayo Kursus bisa diikuti oleh semua masyarakat di Indonesia sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan. Selain itu, nantinya setiap peserta akan mendapatkan kursus di lembaga kursus dan pelatihan (LKP). 

Bagi LKP yang ingin menjadi mitra dari program Ayo Kursus, maka pihak LKP harus terdata dalam daftar penerima bantuan pemerintah untuk program PKK dan PKW, serta telah diverifikasi dan tidak dalam status atau kondisi terblokir.

Syarat dan Ketentuan Menjadi Peserta Kursus Gratis

Dilansir dari laman https://kursus.kemdikbud.go.id/  berikut beberapa syarat dan ketentuan bagi calon peserta yang ingin mendaftar untuk mendapatkan pelatihan atau kursus gratis.

  • Anak usia sekolah atau tidak sekolah
  • Tidak sedang sekolah atau sedang kuliah
  • Tidak sedang bekerja
  • Berusia di bawah 25 tahun
  • Diutamakan bagi pemegang Kartu Indonesia Pintar (KIP).
  • Tidak sedang terdaftar sebagai penerima Kartu Pra Kerja
  • Tidak sedang terdaftar sebagai peserta didik PKK dan PKW yang saat ini sedang berjalan.

Cara Daftar Kursus Gratis Kemdikbud

Pkk Dan Pkw Sebagai Layanan Unggulan Di Kursus Kemdikbud Untuk Calon Pekerja Di Wirausaha
Pkk Dan Pkw Sebagai Program Unggulan Di Kursus Kemdikbud Untuk Calon Pekerja Di Wirausaha
  1. Pertama calon peserta didik harus melakukan pendaftaran melalui aplikasi Ayo Kursus atau mengunjungi situs resmi Kemdikbud https://kursus.kemdikbud.go.id/ 
  2. Lalu calon peserta didik harus memilih program PKK dan PKW. Penting untuk memastikan calon peserta didik telah mengerti dan memahami tentang PKK dan PKW.
  3. Setelah memilih program kemudian klik menu Kunjungi Halaman
  4. Kemudian peserta secara otomatis akan dibawa ke program yang mereka pilih misalnya ketika Anda memilih program PKK maka Anda akan ke direct langsung ke situs https://banper.binsuslat.kemdikbud.go.id/pkk/ 
  5. Selanjutnya klik Registrasi Sekarang
  6. Kemudian di sebelah kanan akan muncul kolom yang perlu Anda isi secara lengkap dan benar yang berupa NPSN, Nama Lengkap, Nama Kabupaten, Alamat Email, dan Nomor HP.
  7. Lalu klik daftar.
  8. Nantinya peserta yang diterima akan mendapatkan pemberitahuan dan jadwal untuk memulai proses pembelajaran.
  9. Hal ini berlaku juga bagi Anda yang memilih program PKW.

Manfaat Mengikuti Kursus Gratis di Kemdikbud

Menurut Ditjen Pendidikan Vokasi banyak manfaat yang bisa diperoleh dengan adanya pendidikan non formal seperti program kursus gratis. Sayangnya masyarakat kerap memandang sebelah mata status LKP sebagai pendidikan non formal. Berikut beberapa manfaat yang bisa diperoleh dengan mengikuti kursus gratis di Kemdikbud.

Capaian Kinerja Kursus Kemdikbud
Capaian Kinerja Kursus Kemdikbud
  • Memiliki keterampilan baru
  • Menambah relasi pertemanan
  • Meningkatkan rasa percaya diri di dunia kerja
  • Menambah wawasan dan pengetahuan
  • Menjadi modal kerja
Referensi terkait:

About the author

Editorial Staff

Topik Populer

×