Program Pendidikan Profesi Guru di Ppg.kemdikbud.go.id

P

PPG atau Pendidikan Profesi Guru adalah jenjang pendidikan yang harus ditempuh oleh lulusan S1 kependidikan dan non kependidikan yang ingin berprofesi menjadi guru. Program PPG kerap diadakan oleh Kemenag maupun Kemdikbud. 

Dalam pelaksanaan program PPG Kemdikbud, diatur oleh Direktorat Pendidikan Profesi Guru. Mulai dari pendaftaran hingga pada proses pelaksanaan program PPG tersebut. Informasi dan pendaftaran terkait program PPG Kemdikbud dapat diakses melalui laman ppg.kemdikbud.go.id. Untuk lebih jelasnya, berikut informasi tentang laman PPG Kemdikbud.

Tentang PPG Kemdikbud

PPG Kemdikbud merupakan situs yang berisi tentang informasi seputar program PPG. Dalam laman tersebut juga berisi beberapa panduan bagi peserta PPG dan calon peserta PPG yang akan mengikuti program pelatihan.

Dalam situs ini, PPG terbagi menjadi dua kelompok, yaitu PPG Pra Jabatan dan PPG dalam Jabatan. PPG Pra Jabatan adalah kelompok calon peserta PPG yang bukan berasal dari tenaga pendidik. Sedangkan PPG dalam Jabatan merupakan kelompok calon peserta PPG yang berasal dari tenaga pendidikan namun belum memiliki sertifikat pendidik.

Menu pada PPG Kemdikbud

Sebagai sebuah situs utama dalam hal pelaksanaan program PPG, ppg.kemdikbud.go.id ini memiliki fitur dan menu yang cukup lengkap. Anda bisa memilih menu yang ada dengan cara klik ikon garis tiga pada bagian kanan atas. Berikut ini beberapa fitur dan menu yang ada pada situs PPG Kemdikbud.

1. Beranda

Beranda merupakan menu pada laman awal yang Anda temui saat membuka situs PPG Kemdikbud. Pada menu ini terdapat informasi dan artikel terbaru tentang PPG.

2. Profil

Pada menu “Profil” ini, berisi tentang informasi terkait Direktorat Pendidikan Profesi Guru beserta dengan struktur organisasi di dalamnya.

3. Berita

Menu “Berita” menyajikan tentang pengumuman seputar PPG, undangan, bahkan juga menyajikan informasi terkait beasiswa.

4. Dalam Jabatan

Ppg Dalam Jabatan Daljab
Ppg Dalam Jabatan Daljab

Menu ini dikhususkan bagi peserta atau calon peserta PPG yang berasal dari tenaga pendidik.

5. Pra Jabatan

Prajabatan Di Ppg Kemdikbud Tahun 2022
Prajabatan Di Ppg Kemdikbud Tahun 2022

Menu selanjutnya ini dikhususkan bagi peserta atau calon peserta PPG yang berasal bukan dari tenaga pendidik.

6. Laman Terkait

Dalam pelaksanaannya, program PPG memiliki beberapa kaitan dengan lembaga lainnya, diantaranya  Kemdikbud Ristek, Ditjen GTK, Ditjen DIKTI, dan PPG Kemenag.

7. FAQ

FAQ berisi beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan seputar pelaksanaan PPG. Anda bisa membaca beberapa FAQ tersebut untuk mengetahui informasi detail tentang pelaksanaan kegiatan PPG.

8. Layanan PPG

Cek Linearitas Dalam Jabatan Dan Pra Jabatan Di Ppg Kemdikbud
Cek Linearitas Dalam Jabatan Dan Pra Jabatan Di Ppg Kemdikbud

Dalam menu ini berisi informasi terkait layanan Direktorat PPG yang utamanya untuk mengecek linearitas PPG dalam jabatan maupun pra jabatan pada menu Layanan PPG > internal.

9. Login SIMPKB

SIMPKB atau Sistem Informasi Manajemen Pengembangan Profesional Berkelanjutan juga bisa diakses melalui situs PPG Kemdikbud ini. Anda bisa pilih menu “Login SIMPKB” dan masukkan email serta password. Baru setelah itu Anda bisa akses akun SIMPKB Anda.

10. Daftar PPG Prajabatan

Terakhir, menu yang terdapat dalam PPG Kemdikbud adalah “Daftar PPG Prajabatan”. Ketika jadwal pendaftaran PPG telah dibuka, maka Anda bisa melakukan pendaftaran PPG melalui menu ini.

Referensi terkait:

About the author

Nuh Bijaksana

Bercita-cita menjadi guru sejak kecil. Ingin menyapa dunia lewat tulisan sederhana.

Topik Populer

×