Kip-kuliah.kemdikbud.go.id: Cara Daftar, Syarat dan Penggunaannya

K

Pemerintah Indonesia selalu berupaya untuk meningkatkan kualitas SDM. Salah satunya adalah dengan berusaha memperbaiki sistem pendidikan Indonesia. Kini, biaya pendidikan bukan lagi menjadi halangan untuk tidak melanjutkan pendidikan. Pasalnya pemerintah terus memberikan bantuan bagi siswa kurang mampu untuk terus bisa menempuh pendidikan.

Salah satu program pemerintah terkait program pendidikan adalah meluncurkan KIP Kuliah atau Kartu Indonesia Pintar Kuliah. Dengan adanya bantuan ini diharapkan siswa Indonesia dapat mengenyam pendidikan hingga jenjang perguruan tinggi.

Sekilas Tentang KIP Kuliah

KIP Kuliah merupakan salah satu bantuan yang diberikan oleh pemerintah kepada siswa dari golongan keluarga kurang mampu untuk dapat melanjutkan pendidikan tinggi. Bantuan ini akan diberikan kepada siswa yang sesuai persyaratan dan lolos jalur jalur SNMPTN, UTBK SBMPTN, dan Ujian Mandiri di perguruan tinggi negeri maupun perguruan tinggi swasta.

Untuk melakukan pendaftaran program beasiswa pendidikan ini, siswa dapat akses situs resmi KIP Kuliah dengan alamat kip-kuliah.kemdikbud.go.id. Selain itu pada laman tersebut, juga berisi informasi seputar PTN dan PTS yang ada di Indonesia.

Menu Pada Website KIP Kuliah

Kemdikbud memberikan kemudahan bagi para siswa yang tertarik untuk mendaftar beasiswa KIP Kuliah. Kemudahan tersebut salah satunya adalah disediakannya website khusus yang berisi tentang informasi dan juga pendaftaran KIP Kuliah. Untuk mengunjungi website tersebut, bisa klik link ini https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id 

Menu yang ada dalam website tersebut cukup lengkap. Siswa bisa memperoleh informasi seputar KIP Kuliah dan juga informasi PTN dan PTS. Berikut ini menu yang ada pada website KIP Kuliah.

1. Beranda

Pada saat pertama kali membuka website KIP Kuliah maka akan langsung diarahkan pada menu Beranda. Menu ini berisi tentang informasi dan berita terkait KIP Kuliah.

2. Jadwal

Jadwal Pendafaran Dan Penutupan Kip Kuliah Kemdikbud Terbaru
Jadwal Pendafaran Dan Penutupan Kip Kuliah Kemdikbud Terbaru

Untuk mengetahui jadwal pendaftaran, jadwal seleksi PTN, jadwal seleksi PTS, maka bisa klik menu “Jadwal”. Semua informasi terkait jadwal pelaksanaan akan ditampilkan dalam menu ini.

3. Berita

Bagian Berita Dan Pengumuman Untuk Update Info Terbaru Seputar Kip Kuliah
Bagian Berita Dan Pengumuman Untuk Update Info Terbaru Seputar Kip Kuliah

Jika ingin mengetahui informasi terkait program KIP Kuliah dan juga syarat pendaftaran maka bisa klik menu “Berita”. Setelah itu, silahkan bisa memilih jenis informasi yang diinginkan.

4. Profil Perguruan Tinggi

Sebelum memutuskan untuk memilih perguruan tinggi, maka ada baiknya untuk mengetahui profil perguruan tinggi. Profil semua perguruan tinggi di Indonesia baik PTN maupun PTS ada dalam menu ini.

5. Kontak Kami

Puslatdik (Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan) selaku penanggung jawab program beasiswa KIP Kuliah menyediakan informasi alamat serta kontak yang bisa dihubungi.

6. Login Siswa

Jika siswa akan melakukan pendaftaran KIP Kuliah maka perlu membuat akun terlebih dulu. Setelah itu, bisa menggunakan akun tersebut untuk login di website KIP Kuliah dan melakukan pendaftaran serta memantau hasil seleksi KIP Kuliah tersebut.

Tahapan Pendaftaran KIP Kuliah:

Form Daftar Kip Kuliah Dari Kemdikbudristek Ri
Form Daftar Kip Kuliah Dari Kemdikbudristek Ri
  1. Siswa dapat langsung melakukan pendaftaran secara mandiri di web Sistem KIP Kuliah pada laman kip-kuliah.kemdikbud.go.id atau melalui KIP Kuliah mobile apps*;
  2. Pada saat pendaftaran, siswa memasukkan NIK, NISN, NPSN dan alamat email yang valid dan aktif;
  3. Sistem KIP Kuliah selanjutnya akan melakukan validasi NIK, NISN dan NPSN serta kelayakan mendapatkan KIP Kuliah**;
  4. Jika proses validasi berhasil, Sistem KIP Kuliah selanjutnya akan mengirimkan Nomor Pendaftaran dan Kode Akses ke alamat email yang didaftarkan;
  5. Siswa menyelesaikan proses pendaftaran KIP Kuliah dan memilih jalur seleksi yang akan diikuti (SNMPTN/SBMPTN/SMPN/UMPN/Mandiri);
  6. Selanjutnya, Siswa menyelesaikan proses pendaftaran di portal atau sistem informasi seleksi nasional masuk perguruan tinggi sesuai jalur seleksi yang dipilih.  Proses sinkronisasi dengan sistem tersebut akan dilakukan kemudian dengan skema host-to-host. 
  7. Bagi calon penerima KIP Kuliah yang telah dinyatakan diterima di Perguruan Tinggi, dapat dilakukan verifikasi lebih lanjut oleh Perguruan Tinggi sebelum diusulkan sebagai calon mahasiswa penerima KIP Kuliah.

* segera tersedia di Google Play Store
** NIK digunakan untuk memperoleh informasi tentang sosial ekonomi di Data Terpadu Kesenjangan Sosial (DTKS) Kemensos. Siswa yang tidak/belum terdaftar di DTKS harus melengkapi data ekonomi dan aset.

Persyaratan Daftar Program KIP Kuliah 2022

Persyaratan untuk mendaftar Program KIP Kuliah Tahun 2022 adalah sebagai berikut:

  1. Penerima KIP-KULIAH adalah siswa SMA atau sederajat yang lulus atau akan lulus pada tahun berjalan atau telah dinyatakan lulus maksimal 2 tahun sebelumnya, serta memiliki NISN, NPSN dan NIK yang valid;
  2. Memiliki potensi akademik baik tetapi memiliki keterbatasan ekonomi yang didukung bukti dokumen yang sah;
  3. Siswa SMA/ SMK/ MA atau sederajat yang lulus  pada tahun berjalan  dengan  potensi akademik baik dan mempunyai Kartu KIP atau  memiliki Kartu Keluarga Sejahtera atau terdata di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kemensos;
  4. Lulus seleksi penerimaan mahasiswa baru, dan diterima di PTN atau PTS pada Prodi dengan Akreditasi A atau B, dan dimungkinkan dengan pertimbangan tertentu pada Prodi dengan Akreditasi C.
Referensi terkait:

About the author

Editorial Staff

Topik Populer

×