Cara Registrasi GTK Belajar Kemdikbud.go.id dan Fitur-fiturnya

C

GTK Belajar Kemdikbud.go.id berfungsi untuk membantu para guru untuk menampilkan data dari sekolah dan memudahkan bilamana terdapat kesalahan data yang mana perbaikannya kini cukup dilakukan melalui aplikasi dapodik di sekolah masing-masing. Simak info lengkap GTK Belajar Kemdikbud.go.id berikut ini.

Cara Membuat Akun GTK Belajar Kemdikbud secara Mandiri

Akun GTK merupakan sebuah sistem informasi manajemen pengembangan keprofesian yang berkelanjutan. Melalui program GTK atau yang juga dikenal dengan SIM PKB inilah para guru dapat terus melakukan pengembangan diri melalui diklat, workshop, PPG (Program Pendidikan Profesi Guru), serta menjadi jembatan dalam sertifikasi guru. Berikut akan kami ulas cara membuat akun GTK atau SIM PKB untuk Anda.

Login Gtk Belajar Atau Simpkb Guru Dengan Email Atau Nomor Ukg
Login Gtk Belajar Atau Simpkb Guru Dengan Email Atau Nomor Ukg
  1. Langkah pertama, kunjungi laman https://gtk.belajar.kemdikbud.go.id/akun.ptk  
  2. Langkah kedua, masukkan identitas seperti nama GTK, provinsi, kota dan kabupaten lalu klik Cari GTK. Setelah itu, akan tersaji data yang memuat nama, SATMINKAL, serta nomor peserta UKG. Catat dan simpan informasi tersebut untuk mendaftar pada tahap berikutnya.
  3. Kemudian, pilih menu Registrasi dan lengkapi data Nomor Peserta UKG serta Tanggal Lahir Anda. Lakukan konfirmasi dengan klik “Saya Bukan Robot” dan akhiri dengan klik Register.
  4. Langkah terakhir, lakukan cetak dokumen pemberitahuan Akses layanan dengan klik Save atau Simpan. Secara otomatis, Anda kini sudah memiliki akun GTK atau SIM PKB. Lakukan login dan temukan berbagai manfaatnya.

Fitur-fitur GTK Belajar Kemdikbud.go.id

Portal layanan program GTK Kemendikbud sendiri merupakan pintu masuk untuk mengakses berbagai layanan yang diperlukan oleh para guru yang telah terdaftar dalam dapodik. Beberapa fitur GTK Belajar Kemdikbud.go.id diantaranya yaitu

1. SIMPKB  Admin / Personal

Fitur ini memuat informasi manajemen pengembangan keprofesian yang berkelanjutan yang menjadi pintu utama bagi para guru yang telah mencukupi masa mengajar dan terdata di dapodik.

2. Guru Belajar dan Berbagi

Fitur kedua dalam layanan GTK Kemdikbud berisikan gerakan kolaborasi antara pemerintah, guru dan penggerak pendidikan untuk saling bekerja sama dalam berbagi ide dan praktik dalam rangka mewujudkan mutu pendidikan Indonesia yang lebih baik lagi.

3. PPG dalam Jabatan

Fitur ini berisikan aplikasi penunjang berbagai kegiatan Pendidikan Profesi Guru dalam masa jabatan.

4. PPG – Prajabatan

Fitur ini berisikan aplikasi penunjang berbagai kegiatan Pendidikan Profesi Guru dalam masa prajabatan.

5. Guru Penggerak

Layanan Guru Penggerak memuat mengenai aplikasi seleksi untuk fasilitator, pendamping dan calon guru penggerak.

6. Sekolah Penggerak

Fitur ini berisikan aplikasi seleksi untuk kepala sekolah dan pelatih ahli pada program Sekolah Penggerak.

7. Organisasi Penggerak

Fitur layanan organisasi penggerak berisikan program pemberdayaan masyarakat dari pemerintah untuk peningkatan kualitas guru dan kepala sekolah.

8. Implementasi Kurikulum Merdeka

Fitur layanan selanjutnya bertujuan untuk memfasilitasi para guru, kepala Sekolah/Madrasah/PKBM dalam mempersiapkan kurikulum merdeka.

9. Integrasi Akun Belajar.id

Integrasi Akun Belajar Id Dengan Simpkb Untuk Guru
Integrasi Akun Belajar Id Dengan Simpkb Untuk Guru

Untuk fitur layanan satu ini adalah wujud pemanfaatan akun pembelajaran yang dioptimalkan pada Sistem Informasi Manajemen Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (SIMPKB).

10. Profil Belajar Siswa (PBS)

Fitur berikutnya yaitu profil belajar siswa (PBS) yang mengidentifikasi dan melakukan asesmen terhadap Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) melalui instrumen PBS di sekolah-sekolah penyelenggara pendidikan inklusi.

11. Diklat GPK – Guru Pembimbing Khusus

Fitur layanan ini berisi program bagi guru pembimbing khusus di sekolah.

12. Upskilling dan Reskilling Guru Kejuruan (Vokasi)

Tantangan Pembelajaran Jarak Jauh Untuk Guru
Tantangan Pembelajaran Jarak Jauh Untuk Guru

Program upskilling dan reskilling guru kejuruan (vokasi) ini merupakan bantuan pemerintah bidang kemitraan dan penyelarasan dengan DUDI dalam melakukan upgrading bagi guru SMK.

13.  Diklat Penguatan Kepala Sekolah

Layanan dalam fitur ini berisikan program diklat yang diberikan kepada kepala sekolah dalam rangka meningkatkan kompetensi.

14. Diklat Calon Pengawas

Program Diklat yang ditujukan bagi para calon pengawas sekolah juga merupakan suatu program peningkatan kompetensi yang mendukung tujuan dalam meningkatkan mutu pendidikan di setiap sekolah.

15. Diklat Calon Kepala Sekolah

Fitur layanan satu ini berisi program peningkatan kompetensi kepemimpinan bagi calon kepala sekolah dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan Indonesia.

About the author

Editorial Staff

Topik Populer