Cara Pendaftaran SIMPEL Kemdikbud untuk Badan Usaha dan Penyedia Perorangan

C

Saat ini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) menggunakan aplikasi berbasis web yang bernama SIMPEL atau Sistem Informasi Manajemen Pengadaan untuk peningkatan kualitas serta mendorong adanya transparansi. 

Berdasarkan Surat Edaran Sekretaris Jenderal Kemdikbud Nomor 1773/A.A6.3/LK/2018 pada tanggal 12 Januari 2018, pengadaan wajib menggunakan aplikasi SIMPEL yang meliputi pengadaan barang, kontruksi, dan jasa lainnya dengan nilai Rp50 juta hingga Rp200 juta, sedangkan untuk pengadaan jasa konsultasi dengan nominal senilai Rp50 juta

Tentang SIMPEL Kemdikbud

SIMPEL merupakan sistem informasi khusus pengadaan barang dan jasa yang ada di instansi pemerintah dan dikembangkan oleh Sekretariat Jenderal Menteri Keuangan atau Kemenkeu. 

Sistem tersebut diciptakan untuk proses pengadaan barang atau jasa secara elektronik sehingga menghasilkan informasi yang diperlukan untuk mengambil suatu kebijakan. Kemdikbud dan Kemenkeu saling menanda tangani nota kesepahaman pada 7 Desember 2017, dan mulai diterapkan pada awal tahun 2018.

Kumpulan Formulir Serta Pengumuman Simpel Kemdikbud
Kumpulan Formulir Serta Pengumuman Simpel Kemdikbud

Untuk mendapatkan pengumuman serta template dokumen dan formulir terbaru untuk pendaftaran serta pengelolaan email dan password bisa diunduh di laman berikut ini:

Pendaftaran Badan Usaha dan Penyedia Perorangan Melalui SIMPEL

Bagi Anda yang memiliki badan usaha atau penyedia perorangan maka, Anda wajib menggunakan aplikasi SIMPEL untuk laporan pengadaan barang atau jasa, berikut langkah-langkah yang bisa Anda ikuti:

Login Dan Pengumuman Penyedia Pengadaan Langsung Di Simpel Kemdikbud
Login Dan Pengumuman Penyedia Pengadaan Langsung Di Simpel Kemdikbud
  1. Pertama kunjungi situs https://simpel-lpse.kemdikbud.go.id/ 
  2. Lalu klik menu Registrasi sebagai Penyedia.
  3. Nanti akan muncul kolom Account dan Profile.
  4. Anda bisa melengkapi data kedua kolom tersebut.
  5. Jangan lupa untuk cantumkan nomor Handphone, dan Kode verifikasi, lalu klik Daftar.
  6. Selanjutnya Anda akan mendapatkan email aktivasi melalui simpellpse.noreply@kemdikbud.go.id   yang menyatakan bahwa User ID dan Password Anda telah aktif.
  7. Selanjutnya Anda bisa mengunduh formulir pendaftaran yang terdiri dari formulir keikutsertaan, surat kuasa, surat penunjukan admin melalui link berikut ini Formulir Pendaftaran [DOC]
  8. Lalu Anda bisa isi semua rincian yang diperlukan.
  9. Setelah diisi secara lengkap, tambahkan materai dan ditandatangani semua formulir tersebut. Jangan lupa di scan, kemudian hasil scan dibawa saat pendaftaran offline.

Penting untuk diketahui bahwa alamat email yang didaftarkan adalah email milik perusahaan bukan milik karyawan pribadi. Permintaan perubahan alamat email harus disertai dengan adanya surat kuasa atau surat direksi guna verifikasi ulang.

About the author

Editorial Staff

Topik Populer

×