Cara Login dan Unduh Akun di Pd.data.kemdikbud.go.id

C

Untuk mewujudkan data pendidikan yang terintegrasi dengan data pada Dinas Dukcapil maka Kemdikbud membuat website khusus yaitu pd.data.kemdikbud.go.id. Website ini memerlukan akun untuk login. Operator sekolah memiliki wewenang untuk membuat akun dan kemudian mendistribusikan akun tersebut kepada PTK di sekolah tersebut.

Sekilas Tentang pd.data.kemdikud.go.id

pd.data.kemdikud.go.id merupakan sebuah website yang disediakan oleh Kemdikbud. Adanya website ini semakin memudahkan proses pengintegrasian data peserta didik dengan data pada Dinas Dukcapil.

Karena data peserta didik telah diintegrasikan dengan data dari Dinas Dukcapil, maka kemungkinan adanya kesalahan data peserta didik akan berkurang. Selain itu, website ini juga berfungsi untuk mengelola data peserta didik yang telah terdaftar pada sistem dapodik. 

Dalam website pd.data.kemdikbud.go.id juga tersedia akun untuk peserta didik, PTK, dan juga admin atau operator sekolah. Website pd.data.kemdikbud.go.id juga bisa digunakan untuk mengunduh perangkat pembelajaran. Perangkat pembelajaran ini sangat bermanfaat dalam proses KBM terlebih ketika pembelajaran dengan sistem daring.

Menu pada Website pd.data.kemdikbud.go.id

Untuk memudahkan pengguna, website ini terbagi dalam beberapa menu utama yang memiliki fungsi masing-masing. Berikut ini menu utama yang ada pada website pd.data.kemdikbud.go.id.

1. Beranda

Menu ini merupakan menu awal dari website pd.data.kemdikbud.go.id. Anda bisa menemukan informasi sekilas tentang tujuan adanya website ini. Selain itu juga terdapat beberapa sub menu diantaranya:

  • Rangkuman, pada sub menu ini berisi rangkuman data peserta didik yang memiliki NISN, belum memiliki NISN, total serta residu berdasarkan tingkat akhir tahun pelajaran.
  • Tingkat akhir, pada sub menu ini berisi data peserta didik pada tingkat akhir tahun pelajaran.
  • PD AKM (Asesmen Kompetensi Minimum), pada sub menu ini berisi data calon peserta didik AKM.
  • Peserta Didik,  pada sub menu ini berisi seluruh data peserta didik pada satuan pendidikan.
  • Residu, pada sub menu ini berisi data seluruh siswa baik datanya yang sudah benar ditandai dengan warna hijau, maupun data yang belum benar ditandai dengan warna merah.
  • Unduh Akun, submenu ini terdiri dari akun peserta didik, PTK, dan Admin sekolah.

2. Rekap Identitas

Cara Lihat Rekap Data Peserta Didik Di Pd Data Kemdikbud
Cara Lihat Rekap Data Peserta Didik Di Pd Data Kemdikbud

Semua data peserta didik pada tingkat akhir di semua provinsi di Indonesia direkap menjadi satu dan terdapat dalam menu “Rekap Identitas“. Anda bisa menemukan semua rekap tersebut baik untuk jenjang pendidikan umum maupun keagamaan.

3. Dukcapil

Data peserta didik yang ada pada Dapodik diintegrasikan dengan data pada Dinas Dukcapil. Anda bisa melihat apakah data tersebut sesuai atau tidak pada menu ini. Jika data siswa ada yang tidak sesuai antara data Dapodik dan data dari Dinas Dukcapil maka akan ditandai dengan warna pink. 

Jika menemukan data yang tidak sesuai tersebut, maka operator sekolah dapat melakukan perbaikan data melalui laman vervalpdnew2.data.kemdikbud.go.id. Namun, sebelumnya bisa cek dan sesuaikan dulu dengan data yang ada pada Dapodik.

4. Data

Rangkuman dari jumlah keseluruhan peserta didik yang sudah dan belum memiliki NISN akan ditampilkan dalam menu ini. Jumlah peserta didik tingkat akhir pada semua jenjang pendidikan baik pendidikan umum maupun keagamaan juga ditampilkan dalam menu ini. 

5. Login dan Unduh Akun

Pada menu ini, Anda akan diarahkan ke laman sso.data.kemdikbud.go.id. Gunakan email yang terdaftar dan password untuk bisa login ke dalam situs tersebut. Untuk lebih lengkapnya, silakan ikuti tahapan berikut ini:

Cara Login Di Pd Data Kemdikbud
Cara Login Di Pd Data Kemdikbud
  1. Buka laman pd.data.kemdikbud.go.id, lalu login
  2. Klik tombol “Unduh Akun”, pilih “Peserta Didik” atau “PTK” untuk mengunduh file csv berisi nama akun (user ID) dan akses masuk akun (password) Akun Pembelajaran untuk pengguna di satuan pendidikan Anda
  3. Buka file csv yang sudah diunduh, lalu berikan informasi akun (user ID dan password) kepada pengguna yang bersangkutan secara pribadi

Sekian informasi yang bisa tim Kemdibud.co.id bagikan, selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

Referensi terkait:

About the author

Editorial Staff

Topik Populer

×