Pmp.kemdikbud.go.id dan Cara Isi Survey PTM Terbaru

Pmp.kemdikbud.go.id merupakan suatu website yang dikelola oleh Ditjen Dikdasmen Kemdikbud dalam rangka untuk mengetahui tingkat mutu pendidikan di Indonesia. Setidaknya minimal satu tahun sekali, tenaga pendidik dan staf lainnya yang berkaitan dan bekerja di lingkungan Kemdikbud akan diminta untuk mengisi kuesioner.

Hasil dari kuesioner tersebut nantinya akan digunakan oleh Kemdikbud sebagai bahan evaluasi dan untuk merumuskan program pendidikan yang akan datang. Oleh karena itu, dalam pengisian kuesioner tersebut harus dilakukan secara jujur agar dapat digunakan sebagai bahan evaluasi kedepannya.

Tentang PMP Kemdikbud

Direktorat Penjaminan Mutu Pendidikan Di Pmp Kemdikbud
Direktorat Penjaminan Mutu Pendidikan Di Pmp Kemdikbud

PMP merupakan singkatan dari Penjaminan Mutu Pendidikan. PMP dikelola oleh Dirjen Disdakmen bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan dasar dan menengah sesuai dengan Standar Pendidikan Nasional.

Dalam rangka untuk memudahkan informasi terkait beberapa program yang dijalankan oleh PMP Dikdasmen, maka dirilis sebuah website pmp.kemdikbud.go.id. Tujuannya adalah agar memudahkan dalam pelaksanaan survei terkait mutu pendidikan. Survei tersebut nantinya akan dilakukan secara online.

Fitur Yang Ada Di PMP Disdakmen

Selain berfungsi sebagai alat untuk melaksanakan survei pendidikan secara online, website PMP ini memiliki beberapa fitur lainnya yang memiliki fungsi masing-masing. Berikut ini beberapa fitur yang ada di website PMP Dikdasmen.

1. Beranda

Fitur yang pertama adalah “Beranda”. Pada menu ini terdapat beberapa informasi seputar PMP. Mulai dari berita terbaru hingga tersedia juga beberapa tautan yang berkaitan dengan PMP.

2. Berita

Menu selanjutnya adalah “Berita”. Pada menu ini berisi tentang berita yang berkaitan dengan PMP dan pengisian EDS.

3. Berita LPMP

Hampir sama dengan menu sebelumnya, pada menu ini juga berisi tentang berita. Namun berita yang ditampilkan berkaitan dengan Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP).

4. Progres Data

Menu selanjutnya adalah “Progres Data”. Namun sayangnya, menu ini belum bisa ditampilkan karena terjadi error pada laman tersebut.

5. Unduhan

Menu “Unduhan” berisi beberapa aplikasi atau formulir EDS (Evaluasi Diri Sekolah). Ada beberapa pilihan EDS yang tersedia yaitu EDS Offline, EDS versi Android, EDS Daring, dan EDS versi iOS.

Yang terbaru, Dirjen PMP meluncurkan aplikasi terbaru untuk Survei Pertemuan Tatap Muka. Untuk mengisi survei ini, kamu dapat mengunduh dan menginstal aplikasi Survey PTM dibawah ini:

Ketuk Mulai Untuk Isi Survey Pembelajara Tatap Muka Ptm Di Sekolah
Ketuk Mulai Untuk Isi Survey Pembelajara Tatap Muka Ptm Di Sekolah

6. Daftar LPMP

Untuk mengetahui daftar LPMP yang bekerjasama dengan PMP Kemdikbud, maka Anda dapat melakukan pencarian melalui menu “Daftar LPMP”.

7. Galeri

Dalam menu ini terdapat galeri foto kegiatan dan video kegiatan yang berkaitan dengan program yang dilaksanakan oleh PMP Kemdikbud.

8. FAQ

Menu yang terakhir dalam website ini adalah “FAQ”. Menu ini berisi beberapa pertanyaan terkait program yang dilaksanakan oleh PMP Kemdikbud. Disediakan juga jawaban untuk menjawab pertanyaan yang kerap diajukan tersebut.

Demikian beberapa informasi seputar website ppm.kemdikbud.go.id. Dalam pelaksanaannya untuk pengisian EDS bagi guru dan kepala sekolah hendaklah dilakukan dengan jujur. Hal ini bertujuan sebagai bahan evaluasi bagi Kemdikbud untuk meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia.