Contoh Soal Procedure Text Pilihan Ganda dan Pembahasannya

Contoh soal procedure text – Salam pendidikan! Halo teman-teman sobat Pintar, Apakah kamu mengetahui apa itu procedure text? Banyak yang menyebutkan jika teks prosedur merupakan salah satu teks yang berisikan resep atau tata cara untuk membuat atau melakukan sesuatu.

Perlu diketahui bahwasanya jenis-jenis teks ini ada empat yaitu teks prosedur, teks eksplanasi, teks eksposisi dan teks naratif.

Dalam artikel ini kami akan memberikan penjelasan mengenai apa itu procedure text mulai dari pengertian, ciri-ciri, struktur dan contoh soal procedure text.

Mari simak penjelasannya di bawah ini.

Pengertian Procedure Text

Procedure text atau dalam bahasa Indonesia disebut teks prosedur adalah salah satu teks yang memiliki tujuan Untuk menginformasikan kepada para pembaca teks tersebut mengenai langkah-langkah atau cara melakukan sesuatu. Biasanya teks prosedur ini diawali dengan “how to..” contohnya “how to make cupcake”.

Tujuan dari teks prosedur ini sendiri adalah untuk memberikan penjelasan mengenai bagaimana sesuatu itu dilakukan atau dibuat dengan langkah-langkah yang runtut.

Ciri-ciri Procedure Text

Maksud dari ciri-ciri di sini adalah ciri-ciri kebahasaan yang digunakan dalam teks prosedur. Tujuan mengetahui ciri-ciri ini adalah untuk mengenali apa itu prosedur teks.

Adapun ciri-ciri dari teks prosedur yaitu :

  • Berisi fakta yaitu langkah-langkah untuk membuat atau melakukan sesuatu
  • Ciri-ciri yang kedua di dalam prosedur teks pasti menggunakan kalimat perintah yang di dalamnya terdapat kata kerja
  • Biasanya menggunakan kata penghubung untuk menggabungkan satu kalimat dengan kalimat yang lain pada satu langkah pembuatan atau penggunaan
  • Ciri-ciri berikutnya pasti prosedur teks menggunakan kata keterangan yang mana biasanya diberikan ketika menunjukkan keterangan waktu atau durasi pembuatan

Struktur Teks Prosedur

Procedure text memiliki struktur penulisan mulai dari aim/goal, ingredients/materials, dan steps/methods.

Aim / Goal

Gol di sini maksudnya adalah tujuan. Itu berarti ada tujuan mengapa teks ini dibuat atau apa yang akan dibuat yang terletak pada judul teks prosedur.

Ingredients / Materials

Ingredients atau bahan-bahan adalah bahan-bahan apa saja yang diperlukan untuk membuat atau melakukan sesuatu tersebut.

Steps / Methods

Struktur yang ketiga sudah pasti langkah-langkah atau metode pengerjaan. Langkah-langkah ini dibuat dengan tujuan agar apa yang kita lakukan terjadi sesuai dengan judul yang dibuat.

Pada langkah-langkah inilah terdapat kalimat perintah yang harus dicantumkan karena sifatnya menjelaskan metode demi metode yang harus dilakukan.

Contoh Soal Procedure Text

Contoh Soal Precedure Text
Contoh Soal Precedure Text
Contoh Soal Precedure Text.1
Contoh Soal Precedure Text

Di atas merupakan beberapa contoh soal pilihan ganda. Jika kamu masih memerlukan contoh soal lainnya kamu bisa mendownload contoh soal procedure text pada link di bawah ini.

Link Download Contoh Soal dan Pembahasan

  • Download contoh soal procedure text (DISINI)
  • Download contoh soal dan Pembahasan (DISINI)
  • Download Contoh soal procedure text pilihan ganda dan pembahasannya (DISINI)

Berilah penjelasan mengenai teks prosedur yang mana contoh soal dan pembahasannya bisa kamu download pada Link yang kami berikan di atas. Semoga apa yang kami sampaikan bisa bermanfaat bagi teman-teman sobat pintar sekalian.

Terimakasih, Semoga membantu!