Panduan Menggunakan emodul.kemdikbud.go.id dan Fitur-Fiturnya

P

emodul.kemdikbud.go.id menjadi salah satu website yang banyak digunakan dan dicari oleh peserta didik dan penyelenggara Pendidikan Kesetaraan. Hal ini dikarenakan, dalam website ini ada banyak modul elektronik yang disediakan.

Pendidikan Kesetaraan merupakan salah satu alternatif bagi siswa yang tidak memiliki kesempatan untuk mengikuti pendidikan formal. Meskipun tergolong pendidikan non formal, namun Pendidikan Kesetaraan diakui oleh pemerintah dan diatur dalam UU maupun Peraturan Pemerintah.

Tentang eModul Kemdikbud

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, di Indonesia ada jalur pendidikan non formal yang telah diakui yaitu Pendidikan Kesetaraan. Pendidikan Kesetaraan ini ditujukan bagi siswa yang tidak bisa mengenyam pendidikan pada jalur formal karena alasan tertentu.

Sama halnya dengan pendidikan formal, pada Pendidikan Kesetaraan juga ada proses kegiatan belajar mengajar. Namun, untuk pelaksanaanya disesuaikan dengan kondisi peserta didik.

Dalam kegiatan proses belajar mengajar, tentunya juga membutuhkan bahan ajar yang sesuai dengan kurikulum yang berlaku. Pemerintah juga telah menyediakan bahan ajar secara gratis bagi siswa dan guru di Pendidikan Kesetaraan.

Guru maupun siswa dapat memanfaatkan bahan ajar elektronik yang terdapat dalam situs emodul.kemdikbud.go.id. Ada banyak modul yang tersedia dalam situs tersebut.

eModul Pendidikan Kesetaraan adalah bahan ajar yang diperuntukkan bagi pendidikan kesetaraan pada program Paket A, Paket B, dan Paket C yang disajikan dalam bentuk digital.

Apa itu eModul Kemdikbud

Modul tersebut disediakan mulai dari tingkat yang paling dasar yaitu Paket A, Paket B, dan Paket C. Semua modul yang ada dalam website tersebut dapat dimanfaatkan dan diunduh secara gratis oleh guru maupun siswa.

Cara Menggunakan eModul Kemdikbud

Dalam website eModul, tim Kemdikbud.co.id memantau tersedianya berbagai macam bahan ajar. Hampir semua mata pelajaran yang diajarkan di Pendidikan Kesetaraan bahan ajarnya terdapat dalam website tersebut.

Pilih Modul Yang Ingin Dipelajari Dan Ketuk Tombol Baca Atau Unduh
Pilih Modul Yang Ingin Dipelajari Dan Ketuk Tombol Baca Atau Unduh

Website eModul Kemdikbud juga bisa diakses siapapun secara gratis dan tanpa perlu melakukan registrasi akun ataupun login. Untuk menggunakannya Anda bisa langsung akses ke https://emodul.kemdikbud.go.id dan silahkan buka beberapa menu utama yang ada dalam website emodul.kemdikbud.go.id.

1. Paket A

Pada menu ini berisi semua modul sebagai bahan ajar untuk Pendidikan Kesetaraan Paket A atau setara SD. Siswa maupun guru dapat memilih modul sesuai dengan mata pelajaran dengan menggunakan kurikulum 2013.

2. Paket B

Menu selanjutnya adalah Paket B. Pada menu ini berisi bahan ajar untuk Pendidikan Kesetaraan Paket B atau setara SMP. Semua modul yang ada dapat diunduh secara gratis baik oleh guru maupun siswa.

3. Paket C

Guru dan siswa Pendidikan Kesetaraan Paket C atau setara SMA juga dapat memanfaatkan website ini untuk memperoleh bahan ajar. Pilih menu “Paket C” pada website ini dan tentukan jenis modul yang ingin diunduh.

4. Kelompok Khusus

Pada menu ini berisi tentang modul yang tidak ada kaitannya dengan mata pelajaran pada Pendidikan Kesetaraan.

5. Modul P4

Tersedia Emodul Paket A C Kelompok Khusus Serta P4 Untuk Kalangan Pekerja Wanita
Tersedia Emodul Paket A C Kelompok Khusus Serta P4 Untuk Kalangan Pekerja Wanita

Untuk meningkatkan kualitas dan semangat belajar para pekerja wanita yang mengikuti Pendidikan Kesetaraan, maka dibuatlah modul khusus P4 ini.

Referensi terkait:

About the author

Editorial Staff

Topik Populer

×