Mengenal Efek Rumah Kaca dan Seperti Apa Penyebabnya

M

Efek rumah kaca merupakan sebuah kondisi dimana pada umumnya suhu panas dari matahari ini terjebak dalam atmosfer bumi. Situasi seperti ini biasanya akan membuat suhu bumi akan menjadi lebih ideal untuk tempat berjalannya kehidupan.

efek rumah kaca
efek rumah kaca

Dikatakan demikian, karena kondisi cahaya matahari yang terjebak ini jika diperhatikan sekilas sama dengan situasi dalam rumah kaca yang umumnya dipakai dalam teknik pertanian. Kondisi rumah kaca disertai dengan suhu yang lebih hangat pun akan memungkinkan tanaman di dalamnya bisa menjadi tumbuh lebih subur walaupun sebenarnya suhu yang ada di luar ruangan sedang tidak sstabil.

Inilah Beberapa Proses Terjadinya Efek Rumah Kaca

Efek rumah kaca sebenarnya tidak terjadi secara mendadak, akan tetapi ada beberapa proses dimana inilah yang menjadi pemicunya. Lalu seperti apa proses efek rumah kaca ini?

1. Sinar matahari meningkatkan suhu bumi

Pada umumnya, sinar matahari yang sampai ke permukaan bumi itu menggunakan atmosfer. Paparan sinar matahari ini pun, pada akhirnya akan membuat suhu bumi menjadi meningkat. Pada malam hari, ketika suhu permukaan bumi menurun, maka biasanya panas akan mulai kembali dipantulkan ke angkasa. Akan tetapi, sebagian besar dari radiasi matahari ini akan terjebak dalam gas atmosfer.

2. Gas-gas membuat panas terperangkap

Gas yang pada umumnya berada pada lapisan atmosfer, misalnya gas CO2, akan membuat panas matahari menjadi terperangkap seperti cara kerja dinding rumah kaca yang membuat panas sehingga tidak bisa kemana-mana. Gas inilah yang dikenal dengan sebutan GHG atau greenhouse gas atau bisa juga dibilang gas rumah kaca. Gas inilah yang pada akhirnya akan membuat suhu permukaan bumi menjadi lebih hangat pada saat malam hari.

3. Sikap manusia 

Tahukah kamu jika gas yang paling berdampak yakni CO2, H2O, serta nitrogen. Nyatanya perilaku manusia pun turut mendorong jumlah kadar gas rumah kaca. Sebut saja seperti penggunaan kendaraan yang mendorong peningkatan jumlah gas yang ada di lapisan atmosfer.

Penyebab munculnya efek rumah kaca yang berlebihan

Efek rumah kaca faktanya tidak terjadi begitu saja, karena ada beberapa faktor penyebab, antara lain:

1. Penggunaan batu bara pada industri yang berlebihan untuk industri, tentunya akan menyebabkan tingkat kadar Co2 semakin meningkat. CO2 yang adalah karbon dioksida, merupakan sebuah gas yang mampu bertahan lama di atmosfer bumi. CO2 adalah salah satu jenis gas yang membuat terjadinya efek rumah kaca berlebihan.

2. Mulai menipisnya lapisan ozon, dimana situasi seperti ini pada umumnya akan mengakibatkan penggunaan freon yang berlebihan. Bagi yang belum mengetahui, Freon ini merupakan senyawa kimia yang sering sekali digunakan dalam produk elektronik seperti kulkas dan AC sebagai pendingin.

3. Pembalakan liar bahkan sampai pembakaran hutan. Dikenla sebagai paru-paru dunia karena hutan mempunyai tugas untuk menyerap karbondioksida. Akna tetapi dengan terjadinya pembalakan liar, tentulah hutan tidak lagi mampu menyerap CO2. Inilah yang menyebabkan gas CO2 berpusat lebih banyak di atmosfer. Sementara terjadinya pembakaran hutan pun akhirnya berkontribusi dengan melepaskan gas CO2 dengan jumlah yang besar juga nantinya akan semakin memeperburuk kondisi atmosfer bumi.

Itulah dari Teknotuf.com pengertian mengenai efek rumah kaca, mengenai proses terjadinya dan beberapa penyebabnya. Ini menjadi salah satu bagian dari bumi yang sangat bergantung dengan hasil alam, dimana sudah seharusnya kita jaga.

About the author

Topik Populer