Mengenal Bagian-Bagian Neuron Akson dalam Sistem Saraf pada Hewan

M

Saat sekolah kalian akan bertemu dengan berbagai macam materi pembelajaran dalam mata pelajaran. Diantara yang paling menguras banyak pemikiran yakni pelajaran ilmu pengetahuan alam. Karena siswa dituntut oleh banyak hafalan tentang materi-materi yang diajarkan. Disisi lain, kalian harus menerapkan logika berfikir yang benar. Mempelajari anatomi hewan sama dengan mempelajari anatomi manusia. Keduanya termasuk dalam materi ilmu pengetahuan alam.

Bagian Neuron Akson dalam Sistem Saraf
Bagian Neuron Akson dalam Sistem Saraf

Pada sisi yang lain, tidak hanya mata pelajaran ilmu pengetahuan alam saja, tetapi masih banyak sekali mapel menarik yang lainnya. Misalnya seperti matematika, bahasa inggris, pendidikan agama Islam, pendidikan kewarganegaraan, dan lain sebagainya. Setiap mapel memiliki materi masing-masing yang harus dipelajari. Kalian harus banyak membaca buku untuk memperoleh sebuah pemahaman yang mendasar dari setiap mapel yang ada.

Sekian banyak mapel yang ada, kalian bisa menyukai untuk mempelajari ilmu pengetahuan alam. Apa materi yang bisa kalian temukan dalam mapel ilmu pengetahuan alam? Salah satunya adalah mengenai tentang sistem jaringan saraf yang ada pada hewan. Pola jaringan syaraf yang ada pada hewan bisa dipelajari dengan kapasistas pengetahuan ditingkatnya. Kalian yang menyukai mapel ini bisa selalu mengambil disiplin ilmu ini.

Sehingga ketika kelak sudah dewasa maka, kalian bisa mendalami ilmu ini untuk menjadi seorang dokter hewan. Setidaknya kalian sudah memahami komponen mendasar dari hewan-hewan yang akan kalian teliti. Misalnya mengenai sistem syaraf dan anatomi tubuh yang tersusun pada hewan. Apa hal penting yang perlu kalian ketahui tentang sistem syaraf pada hewan, tentunya kalian perlu mengulas tulisan ini sampai selesai.

Nama Susunan Syaraf yang Perlu Diperhatikan dan Tersusun pada Hewan

1.      Susunan Syaraf Pusat

Dalam sistem syaraf yang ada pada hewan, kalian bisa menelaah mengani sistem susunan syraf pusat. Mungkin istilah ini masih sangat di dengar, dimana syafaf ini terdiri antara lain ada otak serta ada yang Namanya medulla spinalis. Kedua susunan ini terletak dibagian atas hewan. Fungsi syaraf ini sangat banyak sekali.

2.      Susunan Syaraf Tepi

Beberda dengan susunan syaraf pusat, pada susunan syaraf tepi kalian akan diketemukan dengan serabut saraf dan juga kumpulan kecil sel saraf yang banyak orang menyebutnya sebagai ganglia saraf. Fungi sel ini sangat beragam, tentunya untuk menjadikan hewan bisa berjalan normal.

3.      Susunan Neuron pada Hewan

Kalian selain memahami sistem syaraf pada hewan juga harus belajar mengenai sistem neuron. Dalam memahami sistem neuron ini juga sangat lah penting. Agar memahami sistem syaraf tentunya kalian harus belajar terlebih dahulu mengenai bagaimana komposisi sistem neuron pada hewan.

Bagian-Bagian Sistem Neuron pada Hewan yang Wajib Diketahui

Mengenali atau memahami bagian sistem pada hewan tentunya bukan merupakan hal yang mudah. Seperti tadi sudah disampaikan mengenai sistem syaraf atas dan tepi yang terkandung di dalam tubuh hewan. Tidak hanya sistem syaraf tersebut, kalian juga harus mengenal tentang sistem neuron yang ada pada hewan. Apa saja bagian-bagian yang bisa dipelajari tentang sel neuron yang ada pada hewan tersebut?

bagian sistem saraf dendrit akson dan nukleus
bagian sistem saraf dendrit akson dan nukleus

1.      Dendrit

Dalam hewan ada yang dinamakan sistem dendrit. Memiliki cara kerja berdasarkan fungsinya masing-masing. Yaitu, antara lain sebagai penerima sinyal dari luar badan sel. Dendrit akan bekerja sesuai dengan fungsinya.

2.      Badan Sel

Pengertian pada istilah ini tentunya sangat penting untuk diketahui, terutama dalam memahami fungsinya dalam bekerja. Badan sel menjadi bagian yang sangat utama pada neuron yang mempunyai apa yang disebut dengan inti sel.

3.      Akson

Memahami cara kerja akson dapat dilihat dari pengetiannya. Yaitu memiliki fungsi penjuluran sebuah badan sel yang bertugas untuk mengirimkan sinyal atau impuls. Jadi hewan memiliki sel syaraf neuron yang membantunya mengirimkan sinyal-sinyal untuk dikerjakan oleh hewan.

Masih banyak istilah-istilah turunan yang lain, misalnya pada akson yang masih terdapat sistem-sistem yang lainnya. Misalnya, terdapat juga selubung mielin, terminal akson dan neurotransmitter yang memiliki fungsi masing-masing. Dalam sistem jaringan neuron kalian bisa pahami dengan melihat bagaimana sel ini bekerja.

Caranya bisa dengan mengakses video animasi yang ada. Video animasi yang ada ini bisa kalian akses dengan melihatnya pada youtube. Maka dengan bantuan video kalian bisa melihat bagaimana sistem syaraf ini bekerja. Akan sangat banyak manfaat yang bisa kalian dapatkan, terutama mengenai pengalaman baru yang bisa diperoleh. Pada hewan inilah kondisi struktur dalam yang bisa ditemukan.

Sebagai fenomena alamiah yang tentunya ada yang memikirkan hal ini terjadi. Pada dasarnya belajar ilmu pengetahuan alam sangat lah dekat dengan ilmu ketuhanan. Seperti saat mengkaji tentang manusia dan alam semesta. Seyogyanya kalian harus semakin percaya dengan kehadiran tuhan di alam ini. Demikian tulisan Kemdikbud.co.id ini bisa disajikan, semoga informasi yang ada bisa bermanfaat bagi pembaca.

About the author

Topik Populer