Mengenal 4 Teknik Menggambar: Arsir, Gosok, Siluet, dan Transparan

M

Dalam kehidupan sehari-hari tentulah kita tidak asing dengan yang namanya kegiatan menggambar, sebab gambar adalah salah satu wadah penyampaian informasi yang bisa dipahami oleh para pembaca. Bukan hanya itu saja, gambar ini sendiri adalah bahasa umum dan sudah dikenal jauh sebelum manusia mengenal tulisan sebagai alat komunikasi.

Mengenal 4 Teknik Menggambar
Mengenal 4 Teknik Menggambar

Menggambar adalah sebuah aktivitas yang mengungkapkan gagasan juga perasaan ke dalam suatu bentuk visual yang atau yang biasa disebut gambar. Cara menggambar yang paling biasa adalah dengan meniru objek yang sedang diamati, dimana semakin menyerupai objek baik secara bentuk, maupun warna maka akan semakin sempurna gambar yang dibuat.

Sementara objek yang bisa dijadikan gambar yaitu bisa seperti benda mati, hidup, maupun itu alam sekitarnya. Dalam menggambar yang baik ini, maka disarankan untuk mengetahui dahulu seperti apa prinsip komposisinya, dimana terdiri atas proporsi, kesatuan keseimbangan, perspektif dan nilai lainnya. Berikut ulasan lengkap mengenai teknik menggambar, kredit tulisan oleh tim Stiead.ac.id.

Beberapa Teknik Menggambar

Pada saat akan menggambar suatu bentuk, maka sangat diperlukan yang namanya teknik yang bisa dikuasai dengan tujuan agar tercipta hasil gambar yang bagus dan sesuai dengan yang diinginkan. Teknik yang di maksud yaitu terdiri dari;

1. Teknik Arsir 

Arsir adalah salah satu teknik dengan menciptakan ilusi bentuk, ruang, juga sebuah cahaya dalam gambar. Teknik ini biasana mampu membuat gambar menjadi seperti tiga dimensi dan hidup. Teknik ini pun bisa dilakukan dengan beberapa cara seperti:

menggambar dengan teknik arsir
menggambar dengan teknik arsir

Hatching

Ini merupakan sebuah cara dengan menggores garis menuju arah yang sama sampai berulang kali dan sampai padat, sementara untuk bagian di antara garis akan tetap terang. Cara ini nantinya akan menimbulkan efek cahaya serta kepadatan goresan yang dibuat gradasi mengikuti kontur objek.

Cross Hatching

Teknik ini dilakukan dengan menggores garis lurus satu dengan yang lain. Kepadatan hasil garis pun nantinya akan saling bersilangan dimana bisa menimbulkan efek cahaya yang nyata.

Blending

Blending juga adalah sebuah teknik menggambar memakai cara menggores namun yang lebih halus dengan tujuan untuk menghasilkan efek gradasi yang lebih merata.

Rendering

Merupakan sebuah teknik menggambar dengan memakai penghapus dengan tujuan untuk menipiskan bagian gelapnya agar nanti akan terkesan lebih ringan.

2. Teknik Gosok 

Ini adalah teknik lanjutan dari blending, dimana gambar hasil arsir ini digosok dengan menggunakan bantuan kapas, kertas, juga jari tangan. Nantinya hasil arsiran pada gambar ini terlihat menjadi lebih halus, efek cahaya lebih tajam, dimana gambar pastilah terkesan lebih alami.

3. Teknik Siluet 

contoh teknik gambar siluet
contoh teknik gambar siluet

Teknik yang satu ini biasanya akan menmapilkan gambar seseorang, binatang, objek yang dituang dalam bentuk padat dari satu warna, seperti hitam, sehingga objek akan menjadi tampak lebih tegas. Teknik siluet ini pun akan dilakukan dengan tujuan untuk menonjolkan karakter objek.

4. Teknik Transparan 

Ini juga adalah teknik dengan menggunakan cat air serta media basah lainnya dengan tujuan untuk menghasilkan objek yang terkesan lebih transparan. Sebelum digambar, maka biasanya kertas terlebih dahulu dibasahi supaya nant cat akan lebih cepat menyebar.

Goresan yang berulang juga menumpuk di bagian tertentu nantinya akan menghasilkan warna tua atau gelap, sementara bagian lain akan dibiarkan tipis dan terang dimana akan memunculkan efek cahaya. 

Menggambar adalah sebuah aktivitas yang menunjukkan kreativitas yang dilakukan dengan tujuan untuk membentuk gambar yang berisi gagasan, ide dimana ini adalah salah satu bentuk ekspresi yang menggunakan banyak teknik. Sekian ulasan lengkap dari Kemdikbud.co.id mengenai teknik-teknik menggambar yang populer saat ini. Semoga bermanfaat!

About the author

Topik Populer