Jenis Jenis Poster Dan Peruntukannya Bagi Berbagai Bidang

J

Poster biasanya mempunyai banyak jenis dan bisa dengan mudah kita temukan di lingkungan sekitar. Selain jenis poster juga menyesuaikan berdasarkan kebutuhan, ciri tersendiri maupun tujuan pembuatannya masing-masing. Biasanya poster kita temukan untuk memberitahu orang lain mengenai sebuah informasi berbagai bidang. Bahkan tak jarang keberadaan poster dimaksudkan untuk mempromosikan sebuah produk baru ataupun lama.

contoh poster dan penggunaannya di semua bidang
contoh poster dan penggunaannya di semua bidang

Pembuatan poster sendiri bisa dilakukan oleh siapa saja berdasarkan keperluan ataupun maksud penciptaan poster tersebut. Biasanya mereka sudah memiliki desain sendiri yang di dalamnya telah termuat berbagai informasi yang hendak dibagikan kepada khalayak ramai. Kemudian orang yang hendak membuat poster bisa membawanya menuju jasa percetakan. Adapun jenis-jenis poster yang umumnya berada di sekitar antara lain :

1. Poster Niaga

contoh poster niaga untuk pemasaran produk kuliner
contoh poster niaga untuk pemasaran produk kuliner
Jenis poster pertama yang sering ditemukan adalah poster niaga. Poster tersebut merupakan poster yang tujuan pembuatannya untuk media bidang komunikasi dalam urusan terkait perniagaan. Selain itu tak jarang tujuannya menawarkan suatu produk ataupun barang tertentu. Jenis barangnya sendiri beragam bahkan bisa juga berupa makanan. Poster niaga biasanya tidak memuat banyak hal sebab tujuannya memperkenalkan ataupun memberitahukan produk tersebut.


Isi dari poster niaga bisa berupa produk, nama barangnya serta harga sesuai dengan namanya yakni niaga. Sehingga maksud pembuatan poster ini bisa tersampaikan secara langsung saat masyarakat satu kali melihatnya saja. Pembuatan poster niaga biasanya hadir dengan banyak warna yang menarik perhatian publik.

2. Poster Kegiatan

contoh template poster kegiatan
contoh template poster kegiatan
Poster berikutnya yang bisa anda temukan dengan mudah adalah poster kegiatan. Poster satu ini dimaksudkan untuk memberitahukan kepada khalayak ramai terkait kegiatan yang hendak berlangsung. Misalnya saja jalan sehat, senam bersama atau bisa juga kegiatan lain. Biasanya poster kegiatan memuat sejumlah informasi terkait aktivitas tersebut secara lebih lengkap. Tujuannya supaya masyarakat bisa mendapat semua informasi dengan lengkap dari poster itu saja.

3. Poster Pendidikan

Bukan hanya untuk memberitahukan atau menawarkan sebuah produk, poster terkadang memiliki tujuan lain yaitu di bidang pendidikan. Jenis ini merupakan poster pendidikan yang umumnya berada di lingkungan sekolah atau lembaga pendidikan lainnya. Jenis poster pendidikan biasanya dibuat sesimpel mungkin atau tergantung dengan maksud beserta pesan yang hendak disampaikan. Umumnya poster bermuatan positif yang bisa memicu semangan pendidikan terhadap siswa maupun siswi.

4. Poster Pelayanan Masyarakat

Berikutnya ada poster layanan masyarakat yang berguna untuk menginformasikan suatu hal untuk khalayak ramai. Pengertian lengkapnya adalah poster guna pelayanan di bidang kesehatan serta hubungan terkait kesejahteraan di masyarakat. Poster ini bisa dengan mudah kita temukan di area publik dan umumnya dilalui oleh banyak orang. Dengan demikian para masyarakat diharapkan bisa menangkap pesan positif yang ada di bagian isi poster tersebut.

5. Poster Propaganda

contoh poster propaganda kemanusiaan
contoh poster propaganda kemanusiaan
Selanjutnya ada juga poster propaganda yang merupakan poster dengan tujuan mengembalikan rasa semangat para pembaca. Di mana semangat ini atas perjuangan maupun usaha seseorang saat melakukan sebuah hal bermanfaat untuk kehidupan banyak orang. Biasanya poster ini tak terlalu memuat banyak tulisan namun kalimat yang tertulis mampu membakar semangat para pembaca.

6. Poster Kampanye

Selain memperkenalkan barang atau produk, terkadang poster juga bertujuan mengenalkan seseorang ke tengah masyarakat. Jenis poster ini bernama poster kampanye yang biasa banyak ditemukan ketika musim pemilihan umum tengah berlangsung. Tujuannya yakni mencari simpati dari warga ketika dilakukan pemilihan umum. Sehingga masyarakat memilihnya sebagai jabatan tertentu.

Itulah contoh penggunaan poster dalam berbagai bidang dari tim Kemdikbud.co.id, semoga dapat memberikan kepuasan kepada para pembaca semua yang ingin membuat poster dengan kampanye yang tepat.

About the author

Topik Populer