Inilah 10 Organ dalam Hidung Manusia Beserta Fungsinya

I

Hidung merupakan salah satu indera yang paling penting bagi manusia. Selain sebagai tempat awal masuknya udara untuk pernapasan, hidung juga berperan sebagai indera penciuman.

10 organ dalam hidung
10 organ dalam hidung

Namun, tahukan Anda? Meskipun hidung terlihat sederhana apabila tampak dari luar, kenyataanya hidung memiliki struktur organ yang kompleks. Bahkan masing-masing dari organ tersebut memiliki fungsinya tersendiri.

Hidung setidaknya memiliki sekitar 10 organ utama. Berikut ini adalah penjelasan lengkap dari tiap-tiap organ hidung beserta fungsinya dalam sistem pernapasan manusia.

1. Lubang Hidung

Lubang hidung merupakan bagian yang berfungsi melingdungi hidung dari benda asing dan kotoran yang akan masuk kedalam hidung. Selain, itu lubang hidung juga merupakan tempat untuk mengatur ukuran partikel yang bisa masuk kedalamnya.

2. Bulu Hidung

Bulu hidung manusia terdiri dari rambut-rambut halus yang tumbuh disekitar rongga hidung. Fungsi dari bulu hidung adalah menyaring kotoran yang masuk, sehingga udara yang masuk ke bagian pernapasan selanjutnya menjadi lebih bersih.

3. Septum Hidung

Rongga hidung pada dasarnya terpisah menjadi dua bagian. Bagian pemisah tersebut disebut dengan septum hidung. Pada bagian dinding septum terdapat lendir dan juga pembuluh darah yang berguna untuk mengatur suhu udara yang masuk ke dalam hidung.

4. Rongga Hidung

Fungsi utama dari rongga hidung adalah untuk menerusakan udara yang masuk ke dalam tenggorokan. Namun, rongga hidung juga memiliki peranan untuk menjaga kelembapan, suhu, dan tekanan udara. Peranan tersebut didukung oleh tulang tengkorak yang membentuk dinding-dinding hidung, yaitu dinding superior (atas), inferior (bawah), medial (tengah), dan lateral (samping).

5. Saraf Olfaktori

Indera penciuman manusia dapat berfungsi tidak lain adalah karena peranan dari saraf hidung (olfaktori). Ketika manusia menghirup udara, maka saraf ini akan menerima rangsangan berupa aroma kemudian mengirimkan informasinya ke otak dalam bentuk impuls. Fungsi dari saraf olfaktori ini juga berkaitan dengan rasa makanan atau minuman yang dikonsumsi manusia.

6. Sinus Hidung

Sinus merupakan salah satu bagian hidung yang berbentuk rongga di sekitaran hidung. Manusia memiliki 4 buah sinus, yang terdiri dari  Sinus maksilaris (di tulang pipi), Sinus Frontalis (di tengah dahi), Sinus ethmoidalis (diantara mata), dan Sinus sphenoidalis (di belakang rongga hidung). Sinus memiliki fungsi untuk menyaring dan melembabkan udara yang masuk.

7. Tulang Rawan Hidung

Selain tulang keras, hidung juga dibentuk oleh tulang rawan, tepatnya pada bagian ujung hidung.  Tulang rawan ini memiliki sifat kuat, namun elastis. Meskipun kuat, tulang ini dapat rusak apabila mengalami benturan yang amat keras.

8. Silia

Silia merupakan bagian dari bulu hidung, namun memiliki bentuk yang lebih halus. Peranan silia kurang lebih hampir sama dengan bulu hidung, yaitu untuk menyaring kotoran yang masuk.

9. Selaput Lendir

Didalam rongga hidung terdapat selaput lendir yang berfungsi untuk menghasilkan mukus. Mukus bersifat lengket dan akan berperan menjerap kotoran dan bakteri yang masuk

10. Saluran Hidung-Tenggorkan

Setelah melalui rongga hidung, udara yang masuk akan disalurkan oleh saluran hidung menuju tenggorokan. Pada tenggorokan terdapat tuba eustachius dan juga tonsil adenoid (faringeal). Tenggorokan nantinya akan berperan mengatur tekanan udara oleh tuba eustachius (saluran penghubung telinga dengan tenggorokkan) dan juga melidungi infeksi dari tonsil adenoid.

Nah itulah dia beberapa hal dari Teknotuf.com yang perlu Anda ketahui mengenai organ dalam hidung beserta fungsinya dalam sistem pernapasan manusia. Semoga ulasan singkat tersebut dapat bermanfaat.

About the author

Topik Populer