Cara Registrasi Akun LTMPT Untuk Masalah API Pusdatin Kemdikbud

C

Masalah API Pusdatin Kemdikbud menjadi salah satu masalah yang sering ditemukan saat akan melakukan registrasi di akun Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT). Hal ini membuat sebagian besar siswa mengeluhkan atas kendala yang sering muncul tersebut. Lantas apa sebenarnya arti dari API Pusdatin Kemdikbud? Bagaimana cara mengatasinya? Berikut kami akan ulas lebih lengkap perihal API Pusdatin Kemdikbud.

Apa itu API Pusdatin Kemdikbud? 

API adalah singkatan dari Application Programming Interface yang merupakan sebuah software yang berfungsi untuk mengintegrasikan dua aplikasi berbeda agar terhubung satu sama lain. 

Sedangkan untuk kendala atau error yang terjadi saat akan mendaftar akun LTMPT dengan munculnya tulisan API Pusdatin Kemdikbud disebabkan karena banyaknya orang yang mengakses laman LTMPT secara bersamaan dalam satu waktu sehingga traffic situs Pusdatin Kemdikbud terlalu padat.

Solusi Permasalahan dari API Pusdatin Kemdikbud?

Bagi siswa yang mengalami kendala atau permasalahan API Pusdatin Kemdikbud, disarankan untuk mengakses situs LTMPT pada saat jam tidak terlalu penuh atau sepi pengunjung seperti tengah malam atau sebelum subuh. 

Sebab, pada waktu-waktu tersebut tidak terlalu banyak bahkan sepi orang yang mengakses situs LTMPT. Sehingga, bisa terhindar dari permasalahan atau kendala API Pusdatin Kemdikbud, dan paras siswa bisa dengan lancar mendaftar SNMPTN 2022.

Solusi lainnya, kamu dapat mengikuti sara dari laman resmi LTMPT dikutip dari Kemdidkbud.co.id berikut ini:

Jika Anda menemukan error tersebut, ada kemunginan NISN Anda tidak terdaftar di Pusdatin Kemdikbud, untuk mengatasi masalah ini, silahkan berkomunikasi dengan Operator EMIS/Dapodik Sekolah untuk memastikan NISN Anda benar, dan tercatat, baik di Dapodik maupun di https://vervalpd.data.kemdikbud.go.id/ ataupun melakukan verval secara mandiri di alamat https://nisn.data.kemdikbud.go.id.

Jika NISN ternyata ada, dan masih mengalami masalah yang sama, silahkan membuat tiket di HALO LTMPT dengan melampirkan tangkapan layar data Anda di Dapodik/EMIS dan VervalPD.

Solusi masalah API Pusdatin Kemendikbud
Cara Buka Tiket Bantuan Di Laman Support Ltmpt
Cara Buka Tiket Bantuan Di Laman Support Ltmpt

Berkas atau Dokumen Pendaftaran LTMPT

Bagi siswa yang lulus tahun 2020, 2021, dan 2022 yang ingin mengikuti UTBK-SBMPTN 2002 maka wajib untuk melakukan registrasi online di akun LTMPT. Berikut beberapa dokumen yang perlu dipersiapkan sebelum melakukan registrasi di akun LTMPT:

  1. Nomor Induk Keluarga (NIK)
  2. Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN)
  3. Nomor Induk Siswa Nasional (NISN)
  4. Alamat email yang aktif
  5. Pas foto berukuran 4×6 dengan minimal resolusi 80Kb dan maksimal 300Kb latar belakang warna merah atau biru.

Cara Registrasi Akun LTMPT

Setelah mempersiapkan semua dokumen persyaratan, maka siswa bisa melakukan pendaftaran akun LTMPT. Proses pendaftaran akun LTMPT terdiri dari dua tahap, yang pertama siswa harus mendaftar dan mengaktivasi akun. Selanjutnya adalah proses verifikasi data sesuai dengan data yang dimasukkan oleh sekolah. Berikut cara registrasi atau membuat akun di LTMPT:

Cara Daftar Akun Ltmpt Pada Saat Dibuka Kembali
Cara Daftar Akun Ltmpt Pada Saat Dibuka Kembali
  1. Pertama buka browser melalui Hp atau perangkat lain yang Anda miliki.
  2. Lalu kunjungi situs https://portal.ltmpt.ac.id  dan pilih menu Daftar di Sini.
  3. Kemudian pilih menu Siswa, lalu inputkan NISN, NPSN, dan tanggal lahir, lalu klik menu Selanjutnya.
  4. Selanjutnya inputkan email yang masih aktif dan password dengan benar.
  5. Kemudian klik menu Daftar, maka akan muncul notifikasi aktivasi akun.
  6. Buka inbox atau spam di email yang digunakan untuk mendaftar. Lalu lakukan aktivasi akun
  7. Setelah akun aktif , maka siswa bisa melakukan login kembali pada situs https://portal.ltmpt.ac.id 

Cara Verifikasi Data Siswa

Setelah berhasil melakukan registrasi dan aktivasi akun LTMPT, maka proses selanjutnya adalah verifikasi data siswa. Berikut langkah-langkah lengkapnya yang bisa Anda ikuti:

  1. Pertama silahkan login ke situs https://portal.ltmpt.ac.id/ menggunakan email dan password yang digunakan saat melakukan pendaftaran.
  2. Kemudian situs tersebut akan diarahkan menuju dashboard portal LTMPT, lalu pilih menu Verifikasi dan Validasi Data Sekolah atau Siswa (VERVAL).
  3. Pada halaman verifikasi data siswa, Anda bisa melengkapi data di kolom yang telah disediakan seperti NIK, Agama, Alamat, Nomor Telepon dan kolom lain yang masih kosong. Apabila terdapat kesalahan data, maka lakukan perubahan data dengan cara klik menu Perbarui Data.
  4. Tekan tombol Selanjutnya untuk pindah ke halaman Verifikasi Riwayat Sekolah. Periksa kembali kevalidan data, jika ada yang belum sesuai silahkan klik Perbarui Data.
  5. Lalu, tekan menu selanjutnya untuk mengunggah foto.
  6. Kemudian tekan menu selanjutnya untuk Penyesuaian Pas Foto. Lalu pilih konfirmasi data, dan tekan menu Simpan Permanen.
  7. Jika data sudah disimpan secara permanen, maka data tidak dapat diubah kembali. Klik tombol merah untuk mengunduh bukti permanen.
  8. Simpan bukti permanen.
Referensi terkait:

About the author

Editorial Staff

Topik Populer

×