Cara Daftar Kampus Merdeka di KMMI Kemdikbud dan Fitur-fiturnya

C

Pada 2021, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi meluncurkan suatu program baru yang diberi nama Kredensial Mikro Mahasiswa Indonesia (KMMI). Program tersebut dapat diakses melalui situs kmmi.kemdikbud.go.id.

Program KMMI bertujuan untuk memberikan dukungan untuk program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM). Dengan menjalani program KMMI, maka mahasiswa dapat menjalani pembelajaran yang merepresentasikan dunia industri.

Tentang KMMI Kemdikbud

Dalam program KMMI, mahasiswa akan mengikuti program pembelajaran yang berkaitan dengan dunia kerja. Sehingga mahasiswa tidak hanya belajar tentang teori seperti di bangku perkuliahan melainkan belajar melalui praktek yang ada di lapangan.

Agar bisa mengikuti program KMMI, mahasiswa dapat mendaftarkan diri melalui website kmmi.kemdikbud.go.id. Setelah melewati beberapa seleksi dan dinyatakan lolos, maka akan berhak mengikuti program KMMI secara gratis.

Dalam pelaksanaan program KMMI, ada beberapa bentuk pembelajaran yang diterapkan. Diantaranya yaitu pembelajaran bentuk kursus singkat (short course), adanya praktik atau penugasan mandiri, dan yang lainnya.

Setelah mahasiswa berhasil menyelesaikan program KMMI, maka akan mendapatkan sertifikat. Sertifikat tersebut nantinya dapat diajukan ke perguruan tinggi untuk konversi sks mata kuliah dan portofolio pada Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI).

Cara Daftar KMMI Kemdikbud

Berikut ini langkah-langkah untuk mendaftarkan akun agar dapat mengakses laman KMMI Kemdikbud dengan melakukan login:

cara daftar program kampus merdeka
cara daftar program kampus merdeka
  1. Masuk ke laman https://kmmi.kemdikbud.go.id/mhs/ lalu klik tombol Daftar.
  2. Pada kolom universitas, cara nama perguruan tinggi Anda. Lanjutkan dengan mengetik program studi yang sedang dijalani.daftar program kampus merdeka
  3. Isi kolom NIK dan NIM yang terdaftar pada PD-Dikti. Jika terisi dengan benar, nama dan nomor telepon muncul secara otomatis.
  4. Jika NIK dan NIM sudah benar, namun nama dan nomor telepon tidak muncul, segera hubungi operator PD-Dikti untuk memastikan bila isian sudah sesuai.
  5. Ganti nomor telepon dengan yang update dan dapat dihubungi melalui Whatsapp.
  6. Pastikan pula bahwa e-mail aktif digunakan karena berfungsi sebagai username ketika login.
  7. Input password sesuai kebutuhan kemudian simpan dengan klik Daftar.form pendaftaran peserta kampus merdeka mahasiswa
  8. Laman akan mengarahkan Anda menuju dashboard pada halaman sistem KMMI Portal Mahasiswa.
  9. Anda dapat melakukan eksplorasi terhadap kursus yang tersedia di KMMI.

Bila sudah berhasil daftar dan mengakses laman kursus, ikuti langkah-langkah di bawah ini agar Anda dapat mendaftarkan diri pada kursus:

Form pendaftaran peserta Kampus Merdeka Kemdikbud
Form pendaftaran peserta Kampus Merdeka Kemdikbud
  • Anda dapat menggulirkan halaman ke bawah. Bisa juga dengan memanfaatkan kolom pencarian menuju kursus yang dimaksud.
  • Klik dan masuk ke course yang Anda minati.
  • Muncul informasi seputar tanggal pendaftaran, tanggal pendaftaran kegiatan, jam pelajaran, kuota yang tersedia, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPS), capaian pembelajaran, serta mitra industri yang bekerja sama dengan kampus untuk menyelenggarakan kursus tersebut.
  • Baca informasi tersebut dengan seksama dan teliti.
  • Anda juga berkesempatan melihat reputasi mitra industri yang bersangkutan. Jika sudah yakin, silakan tekan Daftar.
  • Pastikan bahwa seluruh dokumen dan informasi sudah dibaca dengan baik. Hal ini dikarenakan seorang mahasiswa hanya bisa mengikuti satu kursus. Perkecualian terhadap mahasiswa yang ditolak oleh pihak penyelenggara.
  • Dengan mengklik YaDaftar, Anda telah bertanggungjawab penuh untuk mengikuti tiap ketentuan, aturan, dan bersedia untuk mengikuti kursus sampai selesai.
  • Perhatikan status yang muncul. Tunggu respon dari operator atau penyelenggara kursus yang menyatakan jika Anda diterima atau ditolak.
  • Apabila ada kesulitan atau pertanyaan khusus, Anda berhak untuk menghubungi kontak penyelenggara.
  • Jika status permohonan DITERIMA, segera isikan nomor rekening sesuai bank yang sudah direkomendasikan. Pastikan nomor rekening atas nama pribadi dan bukan perwakilan. Klik Save.
  • Masuk ke menu akses, Anda akan menemukan URL dari LMS yang dipakai penyelenggara dalam memberikan kursus. Login hanya bisa dilakukan saat tanggal pelaksanaan tiba.
  • Bila status DITOLAK, Anda dapat memilih kursus lain selama masa pendaftaran masih berlangsung.
  • Melalui laman Riwayat Pendaftaran, Anda dapat melakukan pengecekan pendaftaran secara berkala.

Fitur-fitur yang Ada di Website KMMI Kemdikbud

Website kmmi.kemdikbud.go.id ditujukan untuk pendaftaran dan pelaksanaan program KMMI. Dalam website ini terdapat beberapa menu utama, diantaranya sebagai berikut.

1. Beranda

Menu yang pertama adalah “Beranda”. Pada menu ini ditampilkan beberapa informasi seputar program KMMI.

2. Tujuan dan Manfaat

Menu selanjutnya pada website KMMI adalah “Tujuan dan Manfaat”. Menu ini berisi tentang informasi seputar KMMI. Selain itu, dijelaskan juga manfaat program KMMI bagi mahasiswa, perguruan tinggi, dan industri.

3. Timeline

Menu “Timeline” pada website KMMI berisi jadwal pelaksanaan program KMMI. Jadwal pelaksanaan program dibagi menjadi dua kategori yaitu jadwal untuk perguruan tinggi dan untuk mahasiswa.

4. Pengumuman

Menu selanjutnya adalah “Pengumuman”. Pada menu ini berisi informasi dan pengumuman seputar program KMMI. 

5. FAQ

Pada menu ini berisi beberapa pertanyaan yang kerap diajukan seputar program KMMI. Selain itu, disediakan juga jawaban untuk menjawab pertanyaan tersebut.

6. Downloads

Anda bisa mengunduh beberapa informasi penting maupun format surat yang digunakan untuk pengajuan KMMI. Anda bisa memilih format surat yang dibutuhkan dan download secara gratis.

7. Akses Data

Menu “Akses Data” diperuntukkan bagi perguruan tinggi agar bisa login ke situs kmmi.kemdikbud.go.id. Sebelum login, Anda akan diminta untuk memasukkan kode token. Jika belum memiliki kode token maka bisa melakukan pengajuan kode token.

8. Portal Mahasiswa

Untuk mahasiswa yang berminat mengikuti program KMMI, maka bisa melakukan pendaftaran dengan klik menu “Portal Mahasiswa”. Anda akan diminta untuk mengisi formulir pendaftaran berupa nama universitas, NIK, nomor telepon, dan data diri lainnya.

9. Masuk

Menu yang terakhir adalah “Masuk”. Bagi perguruan tinggi yang telah memiliki akun KMMI, maka bisa langsung login dengan memasukkan email dan password.

Referensi terkait:

About the author

Editorial Staff

Topik Populer

×