Cara Daftar Akun BSE Kemdikbud dan Manfaatnya 

C

Buku Sekolah Elektronik atau disingkat BSE merupakan salah satu program dari Kemdikbud sebagai wujud kepedulian kepada masyarakat. Melalui program ini semua masyarakat umum bisa mengakses dan memperoleh buku sekolah secara gratis melalui situs https://bse.belajar.kemdikbud.go.id/.

Adapun tujuan dari program ini adalah pemerataan akses pendidikan. Sehingga, semua masyarakat bisa membaca, dan mengunduh buku pelajaran serta mencetaknya sendiri tanpa harus membeli. Hal ini menyesuaikan dengan sistem digital yang sudah diterapkan hampir di seluruh sekolah di Indonesia.

Tentang BSE Kemdikbud

Situs bse.belajar.kemdikbud.go.id merupakan bagian dari Rumah Belajar yang menaungi situs lainnya seperti Kelas Digital, Sumber Belajar, Laboratorium Maya, Bank Soal, dan Modul Digital. Dalam situs ini Anda akan disajikan dengan berbagai buku elektronik yang bisa dibaca atau diunduh mulai dari jenjang PAUD, SD, SMP, SMA, SMK, serta Kesetaraan Paket A, B dan C. 

Buku elektronik yang disediakan selalu menyesuaikan dengan kurikulum baru yang berlaku. Selain itu, Anda juga bisa membaca atau mengunduh buku cerita atau Non Kurikulum.

Cara Membuat Akun di BSE Kemdikbud

Untuk membaca secara lengkap setiap buku elektronik yang tersedia di situs bse.belajar.kemdikbud.go.id Anda harus membuat akun terlebih dahulu, agar bisa masuk atau Login dan mengakses situs tersebut. Berikut cara membuat akun melalui situs BSE Kemdikbud:

Cara Login Dan Daftar Akun Bse Kemdikbud
Cara Login Dan Daftar Akun Bse Kemdikbud
  1. Pertama Anda bisa membuka browser melalui Hp atau perangkat lain yang Anda miliki.
  2. Kemudian kunjungi situs resmi https://bse.belajar.kemdikbud.go.id/ 
  3. Selanjutnya klik menu Masuk yang terdapat di bagian sudut kanan atas.
  4. Kemudian klik menu Buat Akun, lalu pilih menu Untuk Umum
  5. Selanjutnya Anda bisa inputkan NIK, Nama depan, Nama belakang, Email, Kata sandi, Konfirmasi kata sandi, dan Captcha.
  6. Ceklist kotak “I’m not a robot“, dan klik daftar.
  7. Setelah Anda berhasil membuat akun, silahkan klik masuk inputkan email dan password, lalu Anda bisa menggunakan situs ini untuk membaca buku secara lengkap.
Login Portal Buku Sekolah Elektronik Kemdikbud Dengan Akun Belajar Id
Login Portal Buku Sekolah Elektronik Kemdikbud Dengan Akun Belajar Id

Cara membuat akun dibagi menjadi tiga jenis yaitu Untuk Umum, Sebagai Guru dan Sebagai Murid. Perihal langkah-langkahnya masih sama yang membedakannya adalah jika Anda mendaftar Untuk Umum, maka Anda harus melengkapi biodata dengan NIK. 

Sedangkan jika Anda mendaftar Sebagai Guru Anda harus menginputkan NUPTK sebagai identitas. Namun, jika Anda mendaftar akun Sebagai Murid, Anda bisa lengkapi biodata dengan mencantumkan NISN.

Manfaat Buku Sekolah Elektronik

Buku Sekolah Elektronik atau BSE ini mendapatkan respon positif dari kalangan masyarakat. Pasalnya program BSE dinilai banyak memiliki manfaat dibandingkan dengan harus membeli buku. Berikut beberapa manfaat Buku Sekolah Elektronik (BSE).

1. Mudah Didapatkan

Bisa Pilih Buku Dan Paket Terbaru Di Situs Bse Kemdikbud
Bisa Pilih Buku Dan Paket Terbaru Di Situs Bse Kemdikbud

Manfaat utama dengan adanya BSE adalah mudah didapatkan. Sebab, Anda hanya tinggal menggunakan internet dan mengunjungi situs Buku Sekolah Elektronik dari program Belajar Kemdikbud lalu Anda bisa membaca semua jenis buku kurikulum atau non kurikulum. Anda juga bisa mengunduh serta mencetaknya sendiri.

2. Lebih Praktis

Dengan adanya BSE proses belajar bisa jadi lebih praktis. Sebab, buku elektronik tersebut bisa Anda simpan di Hp atau di komputer. Hal ini tentu sangat praktis dibandingkan harus membawa sejumlah buku. Selain itu dengan adanya BSE, masyarakat bisa membaca buku dimana saja dan kapan saja.

3. Tahan Lama

Manfaat lainnya dengan adanya BSE adalah memiliki kualitas yang lebih tahan lama dibandingkan dengan buku fisik. Seperti yang kita ketahui buku fisik lebih rentan rusak karena terkena air, terbakar, hilang dan yang lainnya. Dengan adanya BSE, maka Anda bisa menyimpan semua buku yang telah diunduh pada perangkat yang Anda miliki.

Referensi terkait:

About the author

Editorial Staff

Topik Populer

×