Cara Cek Ijazah Resmi secara Online di Situs Kemdikbud

C

Ijazah merupakan salah satu dokumen penting yang sering digunakan sebagai syarat mendaftar sekolah, melamar pekerjaan hingga promosi atau kenaikan jabatan. Namun, di era modern saat ini banyak ditemui oknum yang tidak bertanggung jawab dengan membuat ijazah palsu. Hal ini tentu sangat merugikan, oleh sebab itu kita harus melakukan pengecekan ijazah melalui situs resmi Kemdikbud untuk mengetahui keasliannya.

Ciri-Ciri Fisik Ijazah Online

Untuk mengetahui ijazah asli atau bukan, kita bisa melihat dari ciri-ciri fisik yang terdapat pada ijazah tersebut, berikut diantaranya:

  • Jenis kertas ijazah asli memiliki tekstur tebal yang berbeda dari kertas biasa. Jenis kertas ini hanya diproduksi oleh Perusahaan Umum Percetakan Uang Republik Indonesia (Perum Peruri).
  • Ijazah asli memiliki hologram permanen yang telah menyatu dengan kertas sehingga tidak bisa dilepas.
  • Memiliki nomor seri khusus yang hanya bisa diterbitkan oleh institusi pendidikan yang bersangkutan.

Namun, pengecekan dalam bentuk ciri-ciri fisik terhadap ijazah rasanya belum cukup untuk membuktikan bahwa ijazah tersebut asli atau tidak. Oleh sebab itu, kita bisa melakukan pengecekan secara online di situs resmi Kemdikbud untuk mengetahui dan membuktikan apakah ijazah tersebut asli atau tidak.

Cara Cek Ijazah Asli Secara Online Melalui Situs SIVIL

SIVIL atau Sistem Verifikasi Ijazah secara Elektronik merupakan sebuah situs resmi pemerintah yang bisa diakses secara umum, untuk melakukan pengecekan keaslian dari sebuah ijazah. Berikut langkah-langkah yang bisa Anda ikuti secara lengkap:

Cara Verifikasi Ijazah Elektronik Lewat Situs Online
Cara Verifikasi Ijazah Elektronik Lewat Situs Online
  1. Pertama buka browser melalui Hp atau perangkat lain yang Anda miliki.
  2. Lalu kunjungi situs https://ijazah.kemdikbud.go.id/ 
  3. Kemudian Anda akan disajikan dengan tampilan Formulir Verifikasi dan ada tiga kolom yang harus diisi.
  4. Isi ketiga kolom tersebut sesuai dengan data yang ada pada surat Ijazah, diantaranya Perguruan Tinggi, Nomor Ijazah, dan Angka Pengaman.
  5. Pastikan semua data telah terisi secara lengkap dan benar.
  6. Selanjutnya klik tombol verifikasi.
  7. Jika nomor ijazah terdaftar maka nanti akan keluar data tentang ijazah tersebut. Namun, jika tidak maka akan keluar notifikasi “Data Tidak Ditemukan”, silahkan Anda bisa menghubungi perguruan tinggi yang bersangkutan.
  8. Perlu diketahui bahwa situs ijazah.kemdikbud.go.id tidak akan menampilkan informasi ijazah secara detail demi menjaga dan melindungi kerahasiaan data pemilik ijazah.

Cara Cek Ijazah Asli Secara Online Melalui Data Kemdikbud

Selain melalui SIVIL, Anda juga bisa melakukan pengecekan keaslian ijazah melalui situs Data Kemdikbud. Namun, situs ini tidak bisa untuk mengecek ijazah Perguruan Tinggi hanya meliputi ijazah SD, SMP, dan SMA. Berikut cara melakukan pengecekan ijazah melalui situs Data Kemdikbud:

Form Pencarian Di Nisn Data Kemdikbud
Form Pencarian Di Nisn Data Kemdikbud
  1. Pertama buka browser melalui Hp atau perangkat lain yang Anda miliki.
  2. Lalu kunjungi situs https://nisn.data.kemdikbud.go.id/ 
  3. Kemudian masukkan data NISN, nama ibu kandung dan kode captcha. Pastikan semua data telah diinput secara lengkap dan benar.
  4. Klik Cari Data, tunggu beberapa saat, nanti akan muncul data dari NISN yang terdaftar.

Beberapa orang mungkin mengalami kendala saat melakukan pengecekan keaslian ijazah. Hal ini biasanya disebabkan oleh nomor ijazah yang kurang valid atau tidak terdaftar. Oleh sebab itu, Anda bisa konfirmasi ke bagian pihak sekolah untuk memastikan nomor ijazah yang tertera apakah sudah sesuai atau belum.

Cara Cek Ijazah Asli Secara Online Melalui Forlap Riset Dikti

Cara terakhir untuk melakukan pengecekan ijazah secara online adalah melalui situs Forlap Riset Dikti. Namun situs ini hanya bisa digunakan untuk melakukan pengecekan ijazah Perguruan Tinggi, berikut cara lengkapnya:

Cara Mencari Data Mahasiswa Di Forlap Pddikti Kemdikbud
Cara Mencari Data Mahasiswa Di Forlap Pddikti Kemdikbud
  1. Pertama buka browser melalui Hp atau perangkat lain yang Anda miliki.
  2. Lalu kunjungi situs https://forlap.kemdikbud.go.id/mahasiswa 
  3. Kemudian isi data nama perguruan tinggi, program studi atau jurusan, input kata kunci yang berupa nama mahasiswa atau nomor induk mahasiswa.
  4. Selanjutnya jawab soal hitungan sederhana sebagai proses verifikasi
  5. Kemudian nantinya akan muncul data berupa pencarian mahasiswa.
  6. Informasi data yang ditampilkan melalui situs ini lebih detail dibandingkan dengan situs SIVIL.

Nah, itulah panduan lengkap cara mengenali ciri-ciri fisik Ijasah resmi yang dikeluarkan oleh Kemdikbud serta cara mengeceknya secara online. Selamat mencoba tips dan panduan dari tim Kemdikbud.co.id dan semoga bermanfaat!

About the author

Editorial Staff

Topik Populer

×