Cara Cek Data Mahasiswa dan Profil PT Melalui PDDikti 

C

Pengecekan tentang data mahasiswa di Indonesia, saat ini bisa dilakukan dengan mudah secara online. Anda bisa langsung melakukan pengecekan melalui laman resmi Kemdikbud yaitu PDDikti. 

Dalam situs tersebut Anda bisa mendapatkan informasi  data mahasiswa secara umum seperti nama mahasiswa,program studi, nama perguruan tinggi dan yang lainnya. Tidak ada data yang bersifat pribadi misalnya alamat rumah, atau identitas orang tua. Sehingga laman resmi atau situs PDDikti aman untuk diakses oleh seluruh masyarakat yang berkepentingan.

Cara Cek Data Mahasiswa Melalui PDDikti 

Bagi Anda yang ingin melakukan verifikasi atau pengecekan status mahasiswa ataupun sebagai alumni, Anda bisa melakukan pengecekannya secara online melalui PDDikti, berikut cara lengkapnya:

Cara Mencari Data Mahasiswa Lewat Pddikti
Cara Mencari Data Mahasiswa Lewat Pddikti
  • Pertama buka browser pada perangkat yang Anda miliki, lalu kunjungi laman resmi PDDikti yaitu https://pddikti.kemdikbud.go.id/data_mahasiswa/ 
  • Setelah itu pilih dan klik kolom pencarian data yang terletak di sudut kanan atas pada bagian website tersebut.
  • Selanjutnya Anda bisa melakukan pencarian data dengan mengisi kolom secara lengkap dengan data nama mahasiswa, NIM atau Nomor Induk Mahasiswa, Nama Perguruan Tinggi, Nama Program Studi.
  • Kemudian jangan lupa untuk centang captcha, lalu klik menu cari atau search.
  • Tunggu beberapa saat, dan nantinya data mahasiswa akan muncul.

Apabila terjadi kendala misalkan data tidak muncul, kemungkinan pihak kampus belum mengupdate informasi atau data mahasiswa. Anda bisa konfirmasi langsung kepada pihak kampus, agar melakukan update data di PDDikti.

Cara lainnya, kamu bisa mengklik menu “Pencarian spesifik” untuk mengisi form pencarian lebih detail berdasarkan nomor induk mahasiswa, nama, Perguruan Tinggi, dan data lainnya seperti gambar dibawah ini.

Ketuk Link Pencarian Spesifik Untuk Menelusuri Data Dengan Beragam Pilihan
Ketuk Link Pencarian Spesifik Untuk Menelusuri Data Dengan Beragam Pilihan

Data Mahasiswa yang Ditampilkan PDDikti

Setelah berhasil melakukan pengecekan, Anda akan disajikan beberapa informasi umum mengenai data mahasiswa. Data yang akan muncul pada laman PDDikti antara lain, Nama Mahasiswa, Jenis Kelamin, Perguruan Tinggi, Program Studi, Jenjang, Nomor Induk Mahasiswa, Semester Awal Masuk dan Status Mahasiswa terupdate.

Pada bagian bawah website akan ditampilkan dua bagian informasi. Pertama tentang status atau riwayah kuliah. Bagian ini berisi semua track record mahasiswa sejak awal masuk hingga yang terupdate saat ini. Pada bagian ini akan menampilkan informasi status mahasiswa aktif, cuti, mengundurkan diri, non aktif dan yang lainnya.

Pada data selanjutnya akan ditampilkan riwayat studi mahasiswa. Bagian ini akan menampilkan keseluruhan data seputar mata kuliah yang diambil mahasiswa per semester, ganjil atau genap dan pada tahun berapa. Selain itu bagian ini juga akan menampilkan jumlah SKS per mata pelajaran yang diambil mahasiswa.

Manfaat Adanya Situs PDDikti

Tersedianya situs PDDikti yang disediakan oleh Kementerian Riset Teknologi dan Dikti (Kemenristek Dikti) sangat bermanfaat bagi masyarakat secara luas. Situs ini menyediakan informasi data penting yang berhubungan dengan perguruan tinggi. 

Hal ini bertujuan untuk mencegah adanya oknum-oknum yang kerap membuat ijazah palsu dan universitas palsu pula. Dengan adanya situs resmi PDDikti masyarakat bisa melakukan pengecekan data secara langsung untuk memverifikasi kebenaran data yang diterima seputar ijazah mahasiswa. 

Selain itu dengan adanya situs ini bisa dimanfaatkan juga untuk mengawasi data atau implementasi pendidikan di perguruan tinggi. Dari sekian banyak data yang bisa diperoleh melalui situs PDDikti ,berikut beberapa manfaat yang bisa dirasakan oleh masyarakat secara luas:

1. Status Perguruan Tinggi

Cek Status Perguruan Tinggi Terkini Di Pddikti
Cek Status Perguruan Tinggi Terkini Di Pddikti

Melalui situs PDDikti masyarakat bisa mengetahui status dari sebuah perguruan tinggi. Pada dasarnya perguruan tinggi memiliki beberapa status yaitu  aktif, tutup, alih bentuk, alih kelola, dan pembinaan.

Pendidikan tinggi yang baik tentunya memiliki status aktif dan memiliki banyak peminat, dibandingkan dengan perguruan tinggi dengan status pembinaan. Secara tidak langsung hal ini akan membantu masyarakat untuk mengetahui kredibilitas suatu perguruan tinggi.

2. Keaslian Ijazah

Dengan adanya PDDikti, kita juga bisa melakukan pengecekan keaslian suatu ijazah. Hal ini bisa kita cari melalui data atau profil mahasiswa. Jika data tersebut ditemukan, maka informasi mengenai riwayat mahasiswa tersebut benar adanya. Namun jika data tidak ditemukan, maka perlu dicek lebih lanjut mengenai keaslian ijazah tersebut.

Demikian sekilas tentang cara pengecekan data mahasiswa melalui PDDikti dari tim Kemdikbud.co.id. Penting untuk diketahui situs ini bisa diakses secara umum dan sebagai salah satu sumber rujukan berbagai kepentingan seperti penerimaan calon karyawan, dan pendaftaran CPNS. Semoga informasi di atas bermanfaat.

About the author

Editorial Staff

Topik Populer

×