Cara Asesmen Nasional di ANBK.Kemdikbud.go.id

C

Asesmen Nasional Berbasis Komputer atau ANBK adalah program kemdikbud tentang penilaian mutu sekolah, madrasah serta program kesetaraan di jenjang dasar dan menengah. Tujuan dari ANBK adalah untuk mengevaluasi dan meningkatkan mutu pendidikan dengan cara input, proses, dan output pembelajaran di seluruh satuan pendidikan.

Dilansir dari Pusat Olimpiade Sains Indonesia (POSI) proses pelaksanaan ANBK bisa dilakukan secara online dan offline. Adapun peserta yang berhak mengikuti ANBK adalah siswa yang berada di tingkat Pendidikan Dasar dan Menengah.

Mengenal Tentang ANBK

Tiga Instrumen Asesmen Nasional
Tiga Instrumen Asesmen Nasional

Seperti yang telah disinggung sebelumnya bahwa ANBK atau Asesmen Nasional Berbasis Komputer merupakan program dari Kemendikbud yang telah resmi dijadikan sebagai pengganti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

Melalui situs https://anbk.kemdikbud.go.id/ telah dijelaskan jika sistem penilaian akan berfokus pada tindakan evaluasi input, proses dan output pelajaran yang telah melalui beberapa tahapan tertentu.

Timeline Asesmen Nasional Untuk Peserta Didik 2022 Jenjang Sma Dan Sederajat
Timeline Asesmen Nasional Untuk Peserta Didik 2022 Jenjang Sma Dan Sederajat

Tujuan ANBK

ANBK tidak hanya menjadi proses pemetaan sistem pendidikan dan memajukan pendidikan di Indonesia, namun lebih dari hal tersebut. Dikutip dari Pusat Olimpiade Sains Indonesia (POSI) menjelaskan tujuan adanya ANBK terdiri dari empat hal penting yang terdiri dari:

1. Meningkatkan Kualitas Belajar Mengajar

Tujuan ANBK adalah meningkatkan kualitas belajar mengajar. Adanya ANBK, dapat mengetahui perbaikan kualitas belajar-mengajar yang mana yang perlu ditingkatkan lagi. Apabila proses belajar mengajar berjalan dengan baik tentunya hasil belajar murid juga akan maksimal.

2. Meningkatkan Kemampuan Literasi

Tujuan ANBK adalah meningkatkan kemampuan literasi bagi peserta. Melalui ANBK, dapat diukur sejauh mana kemampuan literasi membaca setiap peserta. Hal ini tentu dapat dijadikan sebagai bahan evaluasi untuk dapat meningkatkan kemampuan literasi masing-masing peserta.

3. Meningkatkan Kemampuan Numerasi

Tujuan Asesmen Nasional
Tujuan Asesmen Nasional

Tujuan ANBK adalah meningkatkan kemampuan numerasi peserta. Melalui ANBK, dapat diukur kemampuan numerasi setiap peserta. Hal ini tentu dapat dijadikan sebagai bahan evaluasi untuk dapat meningkatkan kemampuan numerasi masing-masing peserta.

4. Menganalisa Karakter

Tujuan ANBK adalah memaksimalkan analisa karakter peserta didik. Melalui ANBK, dapat dianalisa hasil belajar social-emosional masing-masing peserta. Analisa karakter peserta diukur dari beberapa aspek profil belajar pancasila.

Cara Verifikasi Data di ANBK Kemdikbud

Setelah mengetahui tentang ANBK beserta tujuannya, selanjutnya adalah tentang cara verifikasi data ANBK yang akan mengikutsertakan siswanya. Sesuai yang telah dijelaskan  dan dikutip dari info Kemdikbud berikut cara verifikasi data ANBK dari situs Kemdikbud.co.id:

  • Cara verifikasi data ANBK adalah satuan pendidikan membuka laman https://anbk.kemdikbud.go.id/
  • kemudian isikan username dan password dari masing-masing satuan pendidikan.
  • Cara verifikasi data ANBK adalah lakukan verifikasi data peserta didik dan data kepala satuan pendidikan dengan membuka menu “Konfirmasi Data Peserta Didik” dan menu “Konfirmasi Kepsek dan Pendidik”.
  • Cara verifikasi data ANBK adalah lakukan kelengkapan data AN, dengan mengunggah kekurangan data peserta didik sesuai dengan petunjuk yang tertera pada laman ANBK.
  • Cara verifikasi data ANBK adalah apabila kesulitan, nantinya tim pusat akan menghubungi satuan pendidikan yang mengalami kesulitan dalam mengunggah data respon peserta didik.
  • Cara verifikasi data ANBK adalah jangan lupa isi instrumen survei lingkungan belajar bagi kepala satuan pendidikan dan pendidik yang belum lengkap atau belum mengisi pada laman https://surveilingkunganbelajar.kemdikbud.go.id/login 
Referensi terkait:

About the author

Editorial Staff

Topik Populer

×