Soal UTBK Saintek 2021 dan Pembahasannya

Soal UTBK Saintek 2021 dan pembahasannya – Salam Pendidikan! Halo sobat pintar, apakah kamu sedang mencari contoh soal dan pembahasan UTBK tahun-tahun sebelumnya? Jika iya maka kamu termasuk salah satu dari banyaknya orang-orang tersebut.

Belajar membahas soal-soal ujian tahun sebelumnya memang harus dilakukan karena soal yang ada tersebut menjadi acuan bagaimana bentuk dan tipe soalnya. Bahkan biasanya guru-guru di sekolah akan memberikan lembar soal beserta jawaban UTBK tahun lalu apalagi contoh soal UTBK Saintek 2021 dan Pembahasannya

Hal tersebut dilakukan karena memang UTBK adalah hal yang penting untuk diikuti karena untuk bisa melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi negeri adalah dengan mengikuti Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK) ini.

Soal UTBK Saintek 2021 dan Pembahasannya

Di dalam UTBK sendiri ada 2 jenis tes yang harus diikuti oleh setiap peserta. Yaitu ada TPS dan TKA. Kedua jenis tes ini tentunya memiliki perbedaan mulai dari bentuk soal hingga waktu pengerjaannya. Tes Kemampuan Akademik (TKA) merupakan tes yang mengukur kemampuan akademik di bidang Saintek dan Soshum. Sedangkan Tes Pengetahuan Skolastik (TPS) yang mengukur kemampuan kognitif para calon mahasiswa. Untuk bentuk soal TPS ini jarang diajarkan di sekolah atau bahkan tidak sama sekali.

Biasanya siswa dan siswi akan membeli buku kumpulan soal TPS untuk belajar sendiri di rumah.

Untuk TKA, para calon mahasiswa akan memilih satu dari tiga jenis TKA yang akan diujikan. Tiga jenis TKA tersebut yaitu Saintek, Soshum dan Saintek-Soshum (campuran). Kamu diharuskan untuk memilih satu saja jenis TKA ini. jika kamu akan mengambil jurusan dibidang Saintek maka kamu diharuskan mengikuti TKA Saintek dan begitu sebaliknya.

Para calon mahasiswa akan diberikan 2 pilihan PTN yang akan mereka ambil. Nah, untuk yang mengambil PTN dengan jurusan yang berbeda maka kamu bisa mengambil TKA Saintek-Soshum.

Di bawah ini akan kami berikan contoh Soal UTBK beserta dengan pembahasannya. Di bawah setelah contoh soal juga akan kami berikan PDF kumpulan soal lengkap dengan pembahasannya. Mari simak contoh soalnya di bawah ini.

Soal Penalaran Umum

Soal Utbk Saintek 2021 Dan Pembahasannya 1
Soal Utbk Saintek 2021 Dan Pembahasannya 2

Soal Pengetahuan Kuantitatif

Soal Utbk Saintek 2021 Dan Pembahasannya 3

Jawabannya adalah C. Karena 64 merupakan hasil kuadrat dari 8 dan bilangan pangkat 3 dari 4.

pembahasannya 8^2 = 64 dan 4^3 = 64.

Soal TKA Saintek

Soal Utbk Saintek 2021 Dan Pembahasannya 4

3 contoh soal tersebut merupakan contoh dan pembahasan yang pernah ada di UTBK tahun sebelumnya. Sobat pintar bisa memahami jenis soal dan bagaimana penyelesaian dari soal tersebut.

Untuk contoh soal dan pembahasan lainnya mengenai TKA Saintek ini bisa kamu download pada link di bawah ini.

Kisi-kisi dan contoh soal UTBK Saintek dan Pembahasannya

  • Soal UTBK Saintek Versi 1 (DISINI)
  • Soal UTBK Saintek Versi 2 (DISINI)

Untuk memahami soal dan pembahasan yang sudah kami berikan pada link tersebut ada baiknya dibarengi dengan tutor atau belajar kelompok. Hal tersebut tentu akan sangat berguna supaya bisa lebih cepat memahami cara penyelesaian soal apalagi soal hitungan.

Semangat sobat pintar! Semoga mendapatkan hasil yang terbaik.