Cara Mencari NISN Siswa yang Sudah Lulus

Cara mencari NISN siswa yang sudah lulus bisa dilakukan dengan berbagai hal, baik itu secara online atau datang langsung ke kantor Kemdikbud. Biasanya cara ini dilakukan oleh mereka yang ingin kembali melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, sebagai persyaratan utama atau pelengkap kegiatan sekolah. Mengingat bahwa NISN merupakan nomor identitas siswa yang penting, dan terus berlaku hingga kapan saja. 
cara mencari nisn siswa yang sudah lulus
Cek NISN Siswa
NISN sendiri merupakan singkatan dari Nomor Induk Sekolah Nasional yang memiliki manfaat sebagai sistem pendukung untuk program Dapodik dan juga rencana pendidikan. Nomor identitas ini sudah ada sejak siswa duduk dibangku SD, dan berlaku hingga siswa menyelesaikan pendidikannya. Sehingga tidak heran jika banyak siswa yang mencetak kartu NISN untuk tanda bukti dalam keperluan sekolah.

Cara Mengecek NISN Siswa

Bagi siswa yang sudah lulus dan ingin melanjutkan pendidikan biasanya membutuhkan NISN dari sekolah lama sebelum mendaftarkan diri ke perguruan tinggi. Anda bisa mengecek NISN dengan melihat data sekolah lama Anda atau mengunjungi kantor Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, agar mendapatkan informasi lebih detail. Namun cara mencari NISN siswa yang sudah lulus juga bisa dilakukan dari rumah menggunakan koneksi internet seperti cara berikut ini.
  • Kemdikbud telah menyediakan situs resmi atau layanan khusus pengecekan NISN siswa baik yang aktif atau sudah tidak aktif (lulus) dengan mudah. Anda bisa mengunjungi situs ini: https://nisn.data.kemdikbud.go.id/  melalui perangkat apa saja, dan bisa mencetak kartu NISN jika diperlukan.
  • Langkah selanjutnya Anda akan ditampilkan pada halaman yang menunjukkan dua pilihan menu untuk mencari NISN siswa. Jika Anda lupa atau belum mengetahui NISN silakan klik menu pencarian berdasarkan nama dan tempat tanggal lahir untuk mendapatkan informasi. Namun jika sudah mengetahui bisa langsung memilih menu pencarian berdasarkan NISN.
  • Setelah itu, halaman selanjutnya akan tampil tabel kosong yang harus Anda isi dengan informasi yang sesuai dengan ijazah atau akta kelahiran. Ada beberapa kolom informasi berupa nama siswa yang bersangkutan, tempat lahir, dan juga tanggal lahir. Pastikan Anda mengisinya dengan lengkap dan sesuai untuk menghindari terjadinya kesalahan dalam pengecekan NISN. Saat menginput tanggal lahir juga perlu untuk diperhatikan susunan penulisannya agar dapat terdeteksi.
  • Periksa kembali data yang sudah diisi pada kolom tabel tersebut, jika dirasa semua data sudah benar Anda bisa mengeklik tombol cari dan sistem akan otomatis mengecek data Anda.
  • Jika hasil pada halaman memberikan keterangan (no record to display) maka data yang dimasukkan tidak sesuai atau salah. Silakan muat ulang untuk melihat kesalahan informasi atau menghubungi kontak Kemdikbud melalui email atau call center untuk penjelasan lebih lanjut.
  • Jika data benar, maka laman akan menampilkan tabel yang berisi informasi mengenai NISN, nama siswa, tempat lahir, jenis kelamin dan juga tanggal lahir.
  • Setelah itu pilih menu pencarian berdasarkan NISN untuk melihat data NISN siswa yang sudah lulus dengan memasukkan nomor NISN tadi dan tekan kembali tombol cari di bagian bawah kolom.
  • Pada halaman ini akan terlihat hasil pencarian NISN dengan informasi siswa yang lengkap, Adapun informasi tersebut berisi nomor NISN, nama siswa lengkap, jenis kelamin, tempat lahir, tanggal lahir, dan lainnya.
Penjelasan dari Cara mencari NISN siswa yang sudah lulus atau yang masih aktif ini bisa dilakukan dengan mudah.  Namun jika tidak memiliki NISN walaupun sudah memasukkan data dengan benar, Anda bisa mengajukan kembali pembuatan NISN untuk keperluan dalam pendidikan.