-->

[ADS] Top Ads

Pengertian Menggambar Model dan Unsur-unsurnya

Daftar isi [Tampil]

Menggambar model adalah salah satu kegiatan menggambar di mana anda memerlukan objek agar dapat dilihat baru menuangkannya dalam bentuk sebagai gambar. Nantinya anda akan belajar terkait hambar model menggunakan objek alam benda. Biasanya pembelajaran itu disebut dengan bentuk yang dilakukan menggunakan cara amati secara langsung objek gambar tersebut hingga bisa diketahui baik sruktur bentuk maupun bidang gambarnya.


Menggambar model berupa alam maupun benda menuntut ketepatan dalam bentuk maupun karakter objek yang hendak digambarkan. Sebaiknya peletakkan model gambar menyesuaikan jarak pengamatan mata anda sendiri. Model diletakkan supaya tidak begitu jauh dari pandangan anda. Tujuannya agar anda dapat mengamati tiap setai dari objek yang hendak digambarkan. Dalam prose menggambar anda dapat memakai bidang gambar seperti kertas maupun kanvas.

Unsur-unsur dalam menggambar model

pengertian dan unsur dalam menggambar model
pengertian dan unsur dalam menggambar model

Anda juga turut memperhatikan jika menggambar model memerlukan kemampuan dalam memakai unsur rupa misalnya bidang, garis, tekstur, bentuk serta gelap terang atau bernama lain pencahayaan. Pemahaman anda terhadap sejumlah unsur rupa itu sangatlah membantu dalam melakukan penggambaran sebuah model. Anda dapat mempelajari macam unsur-unsur itu terlebih dahulu baru menggambar suatu objek sebagai model.

1.Garis

Unsur pertama yang perlu anda ketahui dalam menggambar model adalah garis. Adapun garis sendiri merupakan titik yang pembuatannya sederhana saja. Kemudian dari titik ini ditarik maupun diulang dengan cara tersendiri. Caranya yaitu melakukannya dengan terus menerus. Dengan upaya terusan itu anda bisa membentuk suatu jalur tersendiri.

2.Bentuk

Unsur berikutnya yang ada dalam proses menggambar model yaitu bentuk. Unsur bentuk sendiri merupakan garis-garis yang kemudian bertemu. Dari pertemuan garis tersebut membuat terbentuknya suatu bentuk dasar. Sementara bentuk dasar yang dimaksud umumnya menjadi awal mula gambar. Adapun bentuk dasar itu antara lain lingkaran, segitiga serta persegi.

3.Bidang

Unsur selanjutnya yang ada di menggambar model adalah bidang. Unsur rupa bidang merupakan sebuah bentuk yang seperti dibuat jadi rupa tiga dimensi. Unsur ini juga bisa terbilang sebagai perkembangan dari bentuk dasar. Misalnya saja bentuk segitga yang berubah jadi bidang pyramid. Selain itu pada bentuk lingkaran misalnya berubah jadi bola ataupun persegi yang kemudian menjadi kubus.

4.Tekstur

Adapun unsur menggambar model lainnya yang perlu anda ketahui adalah tekstur. Unsur tekstur merupakan kualitas dari permukaan yang nantinya membentuk objek tertentu. Tekstur ini bisa kita dapati dalam berbagai benda sekitar. Setiap benda tentunya mempunyai tekstur berbeda-beda yang sekaligus menjadi pembeda satu sama lain. Contohnya terdapat pada buah jeruk dengan tekstur terbilang berpori.


Selain itu bisa anda dapati pada permukaan kain yang memiliki tekstur lembut. Benda lainnya ada besi dengan tekstur berupa licin metalik. Untuk mengetahui teksturnya anda dapat memegang secara langsung dan menemukan tekstur seperti apa model gambar tersebut. Dengan memahami teksturnya anda dapat menggambarkan objek lebih hidup.

5.Gelap terang atau pencahayaan

contoh unsur dalam gambar model
contoh unsur dalam gambar model
Unsur terakhir yang wajib anda ketahui dalam menggambar model adalah gelap terang. Unsur satu ini merupakan kondisi gelap ataupun terangnya suatu benda yang ada. Kondisi ini menyangkut secara langsung terhadap dua unsur yang utama. Adapun kedua unsur tersebut adalah bayangan atau bisa disebut sebagai bagian gelap. Sementara unsur berikutnya yaitu cahaya yang menjadi bagian terang.


Selain unsur dalam menggambar model dari Kemdikbud.co.id Anda juga perlu melengkapi pelengakapan untuk menggambarnya. Perlengkapan tersebut antara lain pensil, kertas serta penghapus. Sudah tahu kan jawaban dari perintah jelaskan pengertian menggambar model? Selamat mencoba.

Post a Comment

[ADS] Bottom Ads

Copyright ©

KEMDIKBUD.CO.ID