-->

[ADS] Top Ads

Pengertian Apa Itu Ragam Hias (Ornamen) dan 4 Jenis yang Paling Populer

Daftar isi [Tampil]

Ragam hias atau yang biasa di sebut dengan ornamen merupakan berbagai gambar bentuk hias atau motif yang umumnya dibuat secara terus menerus serta mempunyai pola tertentu sampai nanti akan mengisi semua tempat kosong pada sebuah karya seperti bahan kain, furnitur kayu, dan masih banyak lagi yang memakai ragam hias dalam motifnya.


Gambar hias yang dibuat berulang kali dengan mengikuti pola merupakan sebuah ide kunci dari ragam ornamen. Walaupun aplikasi sebenarnya adalah untuk menghias karya seni lain yang mempunyai bidang permukaan kosong seperti kain, furnitur atau guci, nyatanya bisa menjadi gaya yang berdiri sendiri dalam sebuah karya seni dua dimensi.

pengertian ragam hias
pengertian ragam hias

Ragam hias pun bisa diartikan sebagai hiasan seperti pola yang biasanya dibuat pada sebuah karya seni. Ada berbagai ragam hias yang bisa di temukan di Indonesia seperti pada kain batik, kain tenun, songket dan sebagainya. Hal ini tentunya dipengaruhi oleh faktor sejarah dan budaya yang ada di nusantara.

Inilah Jenis-Jenis Ragam Hias yang Wajib Kamu Ketahui

Jenis-jenis ragam hias pun pada umumnya dibagi menjadi beberapa bagian, yang sudah sering dipakai oleh para yang profesional. Berikut penjabaran mengenai jenis ragam hias ini bagi kamu yang belum mengetahuinya.

1. Ragam Hias Geometris

ragam hias geometris
Bagi yang belum mengetahui, ragam hias geometris ini mengandung unsur garis, sudut, bidang, dan ruang. Garis yang biasa dibuat dapat dalam bentuk garis lurus, melengkung, spiral, dan sebagainya. Selain itu ada juga dalam bentuk bidang, misalnya seperti lingkaran, persegi, persegi panjang, dan sebagainya. 


Garis dan bidang ini biasanya dikombinasikan supaya menghasilkan sebuah ragam hias geometris yang menarik. Ragam hias geometris bahkan banyak disebut sebagai ragam hias tertua, sebab keberadaannya sudah ada disini dan berkembang sejak zaman dulu.

2. Ragam Hias Flora

contoh ragam hias flora
contoh ragam hias flora
Jika dilihat dari namanya, ragam hias flora merupakan sebuah jenis ragam hias yang memakai flora yang dijadikan sebagai obyek motifnya. Motif flora ini pun bisa dibentuk sesuai aslinya, namun sebagian seniman ada yang membuat ragam hias ini yang sesuai dengan apa yang sedang ada dibayangannya. Jenis ragam hias ini pun nyatanya dapat ditemui bahkan hampir di seluruh bagian negeri kita Indonesia, baik itu yang ada di kain batik, kain sulam, tenun, seni dan sebagainya. 

3. Ragam Hias Fauna

contoh ragam hias fauna
contoh ragam hias fauna
Jenis ragam hias yang satu ini mengambil bentuk fauna atau hewan sebagai motifnya. Ragam hias fauna ini sebenarnya tidak mengambil bentuk hewan seutuhnya, namun hasil dari seniman yang menirunya. 


Fauna yang biasanya dijadikan obyek ragam hias ini biasanya adalah burung, singa, gajah, bahkan ikan. Bahkan ragam hias pun nyatanya bahkan kerap sekali dikombinasikan dengan bentuk flora dimana nanti hasilnya akan lebih bervariasi.

4. Ragam Hias Figuratif

contoh ragam hias figuratif
contoh ragam hias figuratif
Ragam hias figuratif pada umumnya menggunakan manusia sebagai obyeknya. Seniman pun nantinya akan meniru bentuk tubuh manusia, baik itu mulai dari kepala bahkan sampai kakinya, lalu kemudian nanti akan membuat tiruan manusia tersebut dalam gaya tertentu. Dalam hal ini seniman pun akan menambahkan motif lain seperti flora yang bertujuan untuk menunjang keistimewaannya.


Berikut beberapa pejabaran mengenai pengertian ragam hias atau ornamen dan contohnya. diharapkan artikel Kemdikbud.co.id ini bermanfaat bagi kamu sekalian yang ingin mengetahui lebih dalam mengenai ragam hias, khususnya yang ada di Indonesia.

Post a Comment

[ADS] Bottom Ads

Copyright ©

KEMDIKBUD.CO.ID