-->

[ADS] Top Ads

Mengenal Organ Peredaran Darah dan Fungsinya pada Manusia

Daftar isi [Tampil]

Pada manusia dilengkapi dengan berbagai macam organ tubuh yang memiliki peran dan fungsi masing-masing. Tentunya semua organ akan bekerja sangat penting untuk kelangsungan hidup manusia. Jika salah satu organ tubuh rusak atau sakit, maka kondisi kesehatan manusia akan terganggu. Maka manusia diharapkan menerapkan pola hidup sehat.


Penerapan pola hidup sehat akan menjadikan dan melahirkan sebuah kebahagiaan tersendiri. Bagi kalian yang ingin bahagia tentunya harus menerapkan pola hidup sehat dengan menjalankan beberapa tips yang ada, seperti rajin berolahraga, mengkonsumsi makanan yang sehat, dan mengatur pola makan. Hal ini tentunya bisa menjadikan kehidupan kalian semakin berkah.


Terkait dengan organ yang paling vital seperti jantung dan paru-paru harus selalu diupayakan sehat. Dengan rajin olah raga maka jantung akan menjadi lebih sehat. Cara sehat dengan olah raga bisa kalian lakukan dengan berjalan kaki, setiap hari sejauh 3 km. Dengan cara ini, maka kalian akan memiliki jantung yang sehat. Banyak cara yang sebetulnya bisa dilakukan dengan baik. Berolahraga dengan jalan kaki bisa menjadikan jantung menjadi  lebih sehat.

mengenal organ peredaran darah dan fungsinya
mengenal organ peredaran darah dan fungsinya

Ketika yang ingin mengetahui seberapa penting fungsi jantung, bisa memahami bagaimana susunan anatomi jantung manusia. Apa saja bagian-bagian yang ada pada jantung? Misalnya seperti aorta, arteri pulmonalis, serambi kiri, katup mitral, katup aorta, bilik kiri, arteri coroner, otot papiler, dan bilik kanan. Beberapa anatomi ini sedikit memberikan pemahaman kepada manusia tentang pentingnya jantung bagi manusia.

Apa peran jantung bagi kesehatan Manusia?

1. Membantu Sistem Peredaran Darah

Dalam hal ini, jantung menjadi salah satu bagian dalam tubuh yang berfungsi untuk memompa darah. Bantuk jantung yang berongga dan berotot dapat berfungsi untuk mengatur dan mengendalikan system peredaran darah dalam tubuh. Hal ini akan sangat membantu manusia untuk melangsungkan kehidupannya sehari-hari.

2. Darah memiliki Kandungan yang Penting

Jantung berfungsi memompa darah yang akan mengalir keseluruh tubuh. Darah yang sehat akan berpengaruh pada kondisi badan yang sehat. Maka peran jantung ini sangat penting bagi manusia. Tanpa jantung yang berdetak maka manusia bisa dikatakan telah mati. Maka ketika sudah mati, manusia sudah tidak memiliki eksistensi sama sekali di dunia ini. Disisi lain, darah memiliki kandungan yang penting berupa nutrisi dan oksigen.

3. Jantung Memiliki Fungsi Dominan

Organ tubuh berupa jantung memiliki beberapa fungsi dominan. Jantung juga memiliki empat ruangan yang masing-masing bekerja sesuai dengan fungsinya.  Dimana letak jantung? Jantung terletak pada rongga dada dibagian bawah paru-paru pada bagian kiri. Jantung dilindungi oleh tulang dada dan rusuk. Ukuran jantung yakni mirip seperti kepalan tangan manusia dewasa.

anatomi jantung
anatomi jantung

Terdapat anatomi jantung yang lain dan melengkapi fungsi kerjannya, antara lain adalah ada pembuluh darah balik kava atas, katup pulmoter, katup tricuspid, serambi kanan dan pembuluh darah balik kava bawah. Bentuknya seperti kepalan tangan manusia ini memiliki ukuran yang jarang diketahui orang. Berapa ukuran jantung manusia? 


Jantung manusia memiliki ukuran sekitar 12 cm untuk panjangnya, lebar 8 cm sedangkan untuk tebal 6 cm. Adapun berat jantung yakni kisaran 300 gram yang menyerupai kepalan tangan manusia. Tentunya jantung tersusun oleh beberapa susunan otot-otot antara lain yakni muscular, apex, basic dan antrium kiri dan kanan. Selanjutnya, berapa total jantung dalam bekerja selama satu hari? Totalnya adalah 100.000 kali jantung berdetak selama 1 hari.


Jantung bekerja dalam memompa darah sebanyak 2000 galon setiap harinya. Sama dengan jumlah 7.571 liter darah segar yang dipompa ke seluruh bagian dalam tubuh manusia. Hal ini akan menjadikan manusia dapat bekerja dengan baik dan normal. Kesehatan jantung sangat diperlukan sehingga memang tujuan olah raga agak jantung bisa berdetak normal. Ini sangat jarang dilakukan oleh orang-orang, disisi lain jarangnya olah raga bisa menjadikan badan besar (obesitas).

2 Organ Manusia Selain Jantung yang Memiliki Peran Vital

1. Paru-paru

Adanya paru-paru yang dimiliki manusia menjadi hal yang sangat penting sehingga manusia bisa bernafas dengan normal. Paru-paru memiliki fungsi untuk mengatur oksigen dalam tubuh manusia. Sehingga, harus dijaga kesehatannya dengan melakukan beberapa aktivitas seperti olah raga dan tidak merokok.

2. Ginjal

Salag satu peran ginjal adalah menyaring racun yang akan masuk ke dalam tubuh, sehingga akan dikeluarkan dalam bentuk kotoran melalui urine atau keringat. Kalian harus menjaganya terutama kalian tidak mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung pengawet. Sebab minuman dan makanan yang memiliki pengawet akan merusak ginjal.


Banyak sekali penyakit manusia yang membuat tubuh menjadi drop sebagaimana telah kami Kemdikbud.co.id jelaskan diatas. Misalnya seperti diabetes, gagal ginjal, anemia, hipertensi dan sakit jantung. Penyakit ini termasuk penyakit yang membahayakan bagi manusia. Maka pentingnya olah raga menjadi perihal yang sangat penting agar badan terjaga kebugarannya setiap hari.

Post a Comment

[ADS] Bottom Ads

Copyright ©

KEMDIKBUD.CO.ID