-->

[ADS] Top Ads

Alat dan Bahan Menggambar Model: Fungsi dan Tujuannya

Daftar isi [Tampil]

 Menggambar merupakan kegiatan yang seru dan menyenangkan. Bagi seorang kreatif, menggambar merupakan penyampaian sebuah ungkapan perasaan. Dalam menggambar atau bisa dikatakan melukis sesuatu, pastinya ada sebuah model atau obyek yang akan digambar atau dilukis tadi.

alat dan bahan dalam menggambar model seni
alat dan bahan dalam menggambar model seni

10 Alat dan Bahan menggambar Model

Adapun, penentuan untuk alat dan bahan dalam menggambar sebuah model adalah tergantung apa yang ingin Anda pakai. Jika ingin mengetahui, ada beberapa alat dan bahan yang paling dasar atau umum seperti:


  1. Kertas

Hal ini sudah sangat pasti dan sangat umum, yaitu alat sebuah kertas sebagai sebuah media gambar yang biasa dipakai. Jenis kertas juga bervariasi, bisa menggunakan kertas gambar khusus ataupun seperti kertas canvas yang juga biasa dipakai untuk melukis.


Menggambar atau yang biasa juga disebut dengan melukis juga biasa dilakukan secara sketsa, sehingga ada juga jenis kertas sketsa. Untuk pilihan kertas, mugkin Anda bisa menggunakan kertas contoh terlebih dulu untuk latihan. Yaitu, menggunakan berbagai macam kertas.


Mulai dari kertas karton manila, concorde ataupun linen dengan ukuran yang juga bervariasi seperti ukuran A3 ataupun ukuran A4. Bahkan, Anda bisa memilih kertas yang juga bertekstur.


  1. Pensil

Alat kedua adalah sebuah alat tulis yaitu pensil, dimana alat ini memang alat utama kedua setelah kertas. Karena, dua alat ini sangat penting dimanfaatkan dalam menggambar ini. Untuk penggunaan pensil pun juga bervariasi, bahkan bisa dipilih berdasarkan tingkat ketebalan pensil tadi.


Tingkat ketebalan pensil bisa dilihat dari level yang ditunjukkan pada bagian badan pensil. Contohnya ada yang berukuran 2H sampai H untuk yang agak keras, HB untuk medium dan B sampai 2B untuk yang agak lunak.


  1. Penghapus

Karena biasanya dalam menggambar menggunakan pensil, maka pastinya ada salah satu alat menggambar yang juga harus tersedia. Yaitu, penghapus yang berfungsi untuk menghapus bagian yang salah atau tidak perlu.


Untuk pemilihan penghapus, pilih yang bahan karetnya tersebut agak lunak dan juga lentur. Karena, agar tidak membuat kertas menjadi rusak pada saat dicoba menghapus seperti pada penggunaan penghapus keras.


Tujuan seseorang menggunakan pensil untuk menggambar memang agar bisa dihapus jika ada yang salah atau ada gambar yang tidak cocok. Karena, menggambar kadang bukanlah sesuatu yang pasti seperti menulis.


  1. Rotring

Menggambar model juga sering dilakukan oleh seorang sseniman, pelukis ataupun arsitek.  Salah satu alat yang juga bisa dipakai untuk menggambar adalah rotring yang merupakan sejenis tinta khusus menggambar. Dimana rotring ini merupakan alat tulis yang dapat mempertegas gambar setelah di sketsa.

rotring rapidograph
rotring rapidograph

Rotring sebenarnya hampir sama dengan pensil, karena memiliki tingkat ketebalan yang berbeda. Mulai dari yang paling tipis hingga paling tebal. Karena, alat ini biasa digunakan seorang arsitek dalam menggambar model.


  1. Pensil Warna

Biasanya setelah menggambar model, Anda perlu mewarnai gambar tersebut. Maka Anda membutuhkan pensil warna. Alat menggambar yang satu ini paling standard an paling sering digunakan untuk mewarnai. Dengan banyak pilihan warna, sehingga Anda bisa lebih berekspresi dalam hal warna.


Tapi untuk pensil warna ini, biasanya banyak sekali variasinya. Ada yang pilihan warna hanya beberapa saja, ada juga yang pilihannya banyak bahkan dalam satu pensil terdapat dua warna yaitu bagian atas dan bawah.


  1. Spidol

Selanjutnya masih ada spidol, salah satu alat gammbar yang juga bisa dipakai setelah proses menggambar selesai. Spidol juga hampir sama dengan pensil warna yang memiliki banyak warna. Hanya saja bentuknya lebih terang dibandingkan pensil warna tadi.


Spidol ini selain untuk mewarnai sebenarnya juga bisa digunakan untuk langsung menggambar. Bahkan, juga bisa digunakan untuk menulis.


  1. Crayon

Berikutnya ada juga alat pewarna sebagai salah satu alat menggambar yang cantik yaitu crayon. Alat yang satu ini bisa dijadikan pilihan dalam menggambar selain pensil warna. Karena bentuknya tidak seperti pensil. Tapi pilihan warnanya juga cukup banyak dan beragam.


Kadang alat warna untuk menggambar seperti ini sering dipakai oleh anak-anak sekolah, tapi tidak menutup kemungkinan untuk orang dewasa yang sedang menggambar model atau melukis.


Jenis crayon sedikit unik jika dibandingkan dengan pensil warna, karena berasal dari 2 macam bahan. Yaitu, ada yang berasal dari bahan kapur ataupun dari bahan minyak atau lilin.


  1. Cat Air

Satu lagi jenis alat pewarna dalam menggambar yang disebut cat air. Alat ini justru lebih sering digunakan oleh orang dewasa atau para pelukis. Karena, para pelukis tadi justru lebih memilih pewarnaan dengan cat air agar lebih terlihat nyata.

cat air salah satu sarana gambar model
cat air salah satu sarana gambar model

Namun, banyak juga naka sekolah yang sudah menggunakan cat air pada saat mengerjakan tugas menggambarnya. Karena, dalam pelajaran seni juga diajarkan menggunakan cat air.


Cara penggunaannya adalah dengan mengeluarkan warna-warna yang berbentuk cairan dan kadang digunakan dengan sedikit menggunakan air. Bentuk biasanya seperti tube pada pasta gigi, hanya saja ukurannya ada yang berukuran kecil ataupun berukuran besar. Tetapi, ada juga yang berbentuk batangan dan dapat digunakan langsung.


  1. Penggaris

Yang ini menjadi salah satu alat menggambar adalah penggaris. Alat ini berfungsi untuk menggambar sesuatu yang membutuhkan gambar garis lurus. Penggaris ini memang tidak setiap saat digunakan seperti halnya pensil, tetapi akan banyak terpakai jika menggambar sesuatu yang terdapat banyak garis lurus.


Alat ini hanya bersifat membantu untuk menggambar garis lurus tadi. Namun, semua bergantung pada Anda sendiri jika bisa menggaris tanpa penggaris artinya tidak membutuhkan alat tersebut. Biasanya, seorang arsitek yang sering menggunakan penggaris pada saat menggambar.


  1. Meja Gambar

Bagian terakkhir ini sebenarnya merupakan sebuah option atau pilihan. Karena, meja gambar pada dasarnya memang sifatnya mendukung Anda pada saat menggambar. Namun, hal tersebut juga dikembalikan pada Anda yang menggambar lebih nyaman menggunakan media apa.

meja gambar salah satu fasilitas penting
meja gambar salah satu fasilitas penting
Contohnya pada penggunaan lertas canvas, sudah mendapatkan penopang sendiri saat menggambar tanpa harus menggunakan meja. Namun, berbeda lagi untuk seorang arsitek yang juga tugasnya banyak menggambar. Karena, para arsitek biasanya menggunakan meja gambar khusus saat menggambar.


Atau anak-anak prasekolah maupun TK juga sering mendapat tugas menggambar model, dan biasanya menggunakan meja untuk menulis pada saat menggambar tersebut.


Dalam menggambar alat-alat yang biasa dipakai semuanya sudah sangat umum. Penggunaannya pun tergantung kebiasaan ataupun karakter masing-masing orang, karena seperti pada alat pewarna saja terdapat banyak jenis. Sehingga, Anda yang akan menggambar bisa memilih salah satu dari beberapa pilihan alat sesuai dengan kebutuhan atau keinginan.

Fleksibilitas Penggunaan Alat dan Bahan Gambar

Menggambar itu merupakan sebuah kreativitas seni, sehingga dalam melakukannya tergantung dari ide Anda dalam mengaplikasikannya dalam selembar kertas. Oleh karena itu, dalam penggunaan alat-alat dan bahan menggambar rekomendasi Kemdikbud.co.id diatas itu bisa disesuaikan.

Post a Comment

[ADS] Bottom Ads

Copyright ©

KEMDIKBUD.CO.ID