-->

[ADS] Top Ads

Panduan SKP Online Kemdikbud, Fungsi dan Cara Menggunakannya

Daftar isi [Tampil]

Aplikasi elektronik Sasaran Kerja Pegawai atau e-SKP merupakan aplikasi yang dikembangkan untuk menunjang pekerjaan di lingkup Kemdikbud. Beberapa kegunaan yang ditawarkan adalah log harian, realisasi bulanan, sampai SKP tahunan. Simak selengkapnya lewat tata cara dan penjelasan di bawah ini:

Cara Login SKP Kemdikbud

Aplikasi e-SKP menggunakan basis website agar dapat diakses oleh para pengguna. Beberapa di antaranya adalah Google Chrome, Mozilla Firefox, Internet Explorer, dan lain-lain. Bisa digunakan melalui perangkat apa pun, asalkan tersambung dengan internet.

panduan skp kemdikbud 2021
panduan skp kemdikbud 2021

Hampir setiap hari tenaga kerja dalam lingkungan Kemdikbud masuk ke e-SKP. Apabila Anda ingin masuk ke aplikasi sebagai akses rutin, ikuti langkah-langkah berikut:


  1. Buka browser yang terdapat pada perangkat yang Anda gunakan, baik handphone, tablet, laptop, maupun PC.
  2. Ketikkan alamat http://skp.sdm.kemdikbud.go.id kemudian tekan ENTER.
    halaman login pegawai di skp sdm kemdikbud
    halaman login pegawai di skp sdm kemdikbud
  3. Muncul tampilan halaman utama yang memberikan dua pilihan login, yaitu pegawai dan admin. Anda dapat masuk sesuai kebutuhan sebagai pegawai maupun mengerjakan tugas sebagai admin.
  4. Lakukan input NIP serta password. Bila ingin memastikan bahwa ketikan password sudah betul, Anda dapat mengklik Tampilkan Password.
  5. Jika semua data yang dimasukkan sudah benar, silakan tekan tombol Masuk atau ENTER pada keyboard.
  6. Bila login berhasil, Anda akan masuk ke halaman utama dari aplikasi.
  7. Sebaliknya, kegagalan login memerlukan pengecekan ulang untuk memastikan username serta password sudah benar.
  8. Login yang telah berhasil akan menampilkan tiga pilihan user, yaitu pejabat, pegawai penilai, serta admin satker.
  9. Di bagian kanan atas halaman juga tampil kolom tahun, unit kerja, serta posisi pegawai atau jabatan.
  10. Anda dapat membuka menu Set untuk melihat SKP berdasarkan tahun atau jabatan sebelumnya

Fungsi SKP Kemdikbud bagi Pegawai

Perancangan dari SKP Kemdikbud memang berdasarkan fungsi dan manfaat yang optimal serta menyeluruh. Bila Anda ingin tahu fungsinya lebih dalam, berikut ini adalah daftarnya:


  • Memudahkan pegawai dalam rangka penyusunan SKP serta proses persetujuan dari atasan secara langsung.
  • Mempermudah atasan untuk melakukan pemantauan proses SKP serta penilaian terhadap setiap pegawai yang menjadi stafnya.
  • Proses penilaian bulanan berdasarkan ketentuan dari Permendikbud Nomor 14 Tahun 2016 dan PerkaBKN Nomor 1 Tahun 2013.
  • Memfasilitasi cetak dokumen yang sudah disesuaikan memakai format baku sebagai patokan dan berasal dari Peraturan Kepala BKN Nomor 1 Tahun 2013.
  • Memudahkan bagian kepegawaian dalam merekap data pencapaian kerja bulanan sebagai dasar perhitungan tunjangan kinerja melalui komponen capaian kerja karena terintegrasi bersama aplikasi kehadiran.
  • Mempermudah Satker untuk melakukan pelaporan Penilaian Prestasi Kerja PNS menuju Biro Sumber Daya Manusia.
  • Mendukung kinerja Biro Sumber Daya Manusia dalam mengontrol sekaligus mengawasi Penilaian Prestasi Kerja PNS di lingkungan Kemdikbud.
  • Menunjang Pelaporan kepada Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi serta Badan Kepegawaian Negara mengenai Penilaian Prestasi Kerja PNS di lingkungan Kemdikbud.

Menu SKP Pegawai

Beranda

Menu ini akan memperlihatkan ikon-ikon shortcut yang berperan sebagai pilihan menu pada e-SKP, seperti Data Pegawai, Rencana SKP, Realisasi SKP, Log Harian, serta Pengaturan

SKP dan Perilaku Kerja

  • Data Pegawai

Merupakan bagian yang menampilkan data pegawai, pejabat penilai, serta atasan pejabat penilai. Apabila terjadi perbedaan data, Anda dapat menghubungi admin satker untuk perbaikan.

tampilan menu e-skp kemdikbud terbaru
tampilan menu e-skp kemdikbud terbaru

  • Rencana SKP

Laman untuk melakukan pengisian rencana SKP Tahunan. Terdapat beberapa fitur penting, yaitu Cetak rencana SKP dalam format PDF, rincian SKP per bulan, timeline SKP, serta histori rencana SKP. Kegiatan tugas jabatan akan ditampilkan berdasarkan jabatan masing-masing pegawai

  • Pengajuan Realisasi

Proses ini dilakukan setiap bulannya dan dilakukan apabila rencana SKP pegawai sudah disetujui atasan. Selain itu, log harian harus mencapai minimal dari jumlah hari kerja

  • Adendum Rencana SKP

Berfungsi untuk melakukan perubahan terhadap rencana SKP yang sebelumnya sudah disetujui oleh atasan karena faktor eksternal dan bukan keinginan dari pegawai. Contohnya berupa cuti melahirkan, bahan kerja dengan sumber di luar unit organisasi, efisiensi anggaran, dan sebagainya.

Log Harian

Pegawai dapat mengisi kegiatan sehari-hari dengan mengklik tombol Tambah Data. Form pengisian yang muncul disesuaikan dengan Permendikbud Nomor 14 Tahun 2016 dan umumnya terdiri dari:

  • Tanggal
  • Uraian
  • Kuantitas
  • Satuan
  • Keterangan

Bantuan

Menampilan Manual Book yang disusun secara khusus bagi pengguna. Anda dapat mengunduh dan menyimpannya secara pribadi. Ada juga video tutorial yang memperlihatkan tata cara pemanfaatan aplikasi melalui media visual yang dapat didownload

Pengaturan

Fitur ini dipakai untuk melakukan perubahan password dalam rangka login menuju aplikasi. Anda dapat mengisikan password baru ke dalam kolom yang tersedia dan mengisikan sebanyak dua kali. Klik check pada kotak Tampilkan Password bila ingin memeriksa dan memastikan sandi baru sudah benar.


Tata cara login dan pengenalan fungsi dari SKP Online Kemdikbud 2021 telah Anda ketahui. Simak setiap alur masuk serta fitur-fitur yang tersedia agar pemanfaatan aplikasi dapat berjalan secara maksimal. Selain itu, Anda dapat memperoleh kinerja lebih terorganisir melalui laman akses rancangan harian, bulanan, dan tahunan.

[ADS] Bottom Ads

Copyright ©

KEMDIKBUD.CO.ID