-->

[ADS] Top Ads

Konsep Proporsi, Komposisi, Keseimbangan dan Kesatuan dalam Menggambar Model

Daftar isi [Tampil]

Menjadi pengalaman yang sangat jarang diperoleh seseorang saat menggeluti bidang seni gambar. Teknik untuk menggambar sangat berbeda-beda ketika diterapkan, ada yang menggunakan pola terlebih dahulu atau tidak. Artinya melakukan proses menggambar dengan jiwa seni yang dimiliki. Sebagai seorang ahli seni, maka tidak ada salahnya untuk memulai menggambar dengan membuat pola terlebih dahulu.


Seiring dengan berkembangnya ilmu menggambar, kalian akan bertemu dengan konsep pengalamatan objek. Cara yang bisa kalian lakukan ialah dengan menanamkan prinsip-prinsip menggambar dan melihat objek yang akan dibuat. Tujuannya agar dalam proses menggambar bisa berjalan dengan baik. Sehingga menghasilkan gambar yang bagus. Ada beberapa konsep menggambar yang menjadi sebuah prinsip yang baik.


Kalian tentunya sudah mengenal mengenai istilah proporsi, komposisi, keseimbangan dan kesatuan dalam menggambar. Nah, sobat semuanya! Dalam tulisan ini akan disuguhkan informasi dan penjabaran mengenai istilah-istilah itu. Pentingnya melakukan proses gambar memang menjadi salah satu nilai lebih yang dimiliki seseorang. Tentunya melakukan proses gambar yang menarik dan sesuai dengan teknik yang sebenarnya.

konsep komposisi proporsi gambar model
konsep komposisi proporsi gambar model

Ada prinsip-prinsip yang perlu diketahui oleh banyak orang saat hendak melakukan proses gambar. Yang paling mendasar ialah tentang menelaah teknik dari beberapa istilah di atas. Dalam hal ini kalian perlu mengetahui prinsip-prinsip melakukan penggambaran model. Diantaranya ada jenis-jenis yang menjadi tahapan yang harus dilakukan.

Jenis-Jenis Tahapan saat Melakukan Penggambaran Model

1.      Komposisi

contoh komposisi simetris
contoh komposisi simetris
Teknik dalam menerapkan mekanisme ini tentunya perlu memperhatikan mengenai komposisi. Cara Menyusun komposisi ini yakni dengan memperhatikan beberapa hal, misalnya mengenai objek gambar, jenis objek, warna dan background. Dalam pembagian komposisi ini, terdiri dari beberapa hal yaitu ada komposisi simetris, komposisi asimetris, komposisi sentral.
contoh model komposisi sentral
contoh model komposisi sentral

2.     Proporsi

Konsep proporsi tentunya sama dengan melakukan penyelarasan dengan objek gambar yang diamati. Agar dalam proses menggambar bisa sesuai baik sisi dan posisinya agar hasil sangat baik dan ideal. Berbagai macam ketentuan dalam proses gambar ini, proporsi memiliki posisi yang sangat penting.

konsep seni model proporsi
konsep seni model proporsi

3.     Keseimbangan

Prinsip selanjutnya adalah tentang keseimbangan yang sangat menentukan terhadap posisi gambar yang kalian kerjakan. Cara yang bisa dilakukan ialah dengan membuat skala terlebih dahulu, memberikan efek perspektif dan sudut pandang bagi seorang penggambar.

konsep gambar model keseimbangan
konsep gambar model keseimbangan

4.     Kesatuan

Terakhir menjadi sesuatu yang sangat mendasar yaitu tentang kesatuan. Kesatuan ini merupakan gabungan semua gambar yang dilakukan agar memiliki makna tertentu bagi penikmat gambar. Unsur-unsur seperti keindangan adalah salah satu yang sangat penting dalam proses menggambar.

konsep gambar model kesatuan
konsep gambar model kesatuan

Pentingnya Memahami Pengertian dari Masing-Masing Prinsip Menggambar

Sebelum melakukan proses menggambar, sebaiknya dilakukan dengan proses penerapan prinsip mulai dari komposisi, proporsi, keseimbangan dan kesatuan. Pengertian dari masing-masing istilah ini perlu kalian pahami terlebih dahulu. Ketika kalian sudah memahami maksud dan tujuan dari masing-masing istilah maka kalian diharapkan bisa mulai menggambar dengan baik. Proses menggambar tentunya yang berdasarkan dengan teknik.


Menggambar bisa dilakukan oleh siapa saja. Saat hendak merumuskan tata cara menggambar, kalian bisa memilih salah satu objek yang akan diamati dalam proses menggambar. Misalnya, bisa kalian gambar tentang otomotif, pemandangan, dan lain sebagainya. Sangat banyak contoh-contoh objek pengamatan yang bisa kalian pilih. Jiwa seni yang tinggi dari seseorang akan menghasilkan karya terbaiknya.


Nilai artistic juga bernilai tinggi, sehingga memperoleh apresiasi dari orang lain. Dalam pemikiran kalian yang hendak menggambar, sebaiknya memilih objek gambar yang lagi populer di masyarakat. Misalnya tentang menggambar bunga, hewan, peralatan rumah tangga dan masih banyak lagi yang lainnya. Apa yang menjadi kendala dalam proses menggambar, ialah mengenai kurangnya pengalaman dalam menggambar. Maka jam terbang dalam mengambar harus selalu di asah.

Contohnya Gambar yang Bisa Dilakukan dan Dipilih dalam Proses Menggambar

1.     Menggambar pemandangan

Dalam memilih model gambar yang bagus, kalian bisa memilih model menggambar pemandangan. Tentunya tetap menerapkan konsep menggambar dengan teknik dan sesuai dengan prinsip-prinsip menggambar. Banyak yang dalam proses menggambar tidak memperhatikan kaidah-kaidah menggambar yang dipakai.

2.     Menggambar Hewan dan Tumbuhan

Kebanyakan orang sering menggambar hewan atau tumbuhan. Meskipun sangat sulit jika diawali dengan menerapkan konsep pola yang bisa diterapkan. Hewan yang bisa kalian gambar adalah hewan berkaki empat atau dua. Misalnya, seperti sapi, kuda, burung dan lain sebagainya.

3.     Menggambar Peralatan Dapur

Saat kalian hendak menggambar, bisa mempertimbangkan untuk menggambar peralatan dapur. Selain bentuknya yang mudah, peralatan dapur memiliki nilai estetik yang menawan saat berhasil dijadikan gambar. Kalian perlu sesekali mencobanya.


Pentingnya memahami aturan atau prinsip menggambar model sesuai pedoman dari Kemdikbud.co.id ini menjadi sesuatu yang bisa kalian dalami. Kalian dalam menggambar model perlu memilih sebuah objek pengamatan yang dipillih. Selanjutnya, dalam mengembangkan sebuah model menjadi gambar perlu dilakukan tahapan-tahapan yang harus dilakukan dengan benar, agar hasil gambar menjadi baik.

Post a Comment

[ADS] Bottom Ads

Copyright ©

KEMDIKBUD.CO.ID