-->

[ADS] Top Ads

KMMI Kemdikbud: Pengertian, Cara Daftar, dan Tujuan Kampus Merdeka

Daftar isi [Tampil]

Di 2021, ada banyak program yang diluncurkan oleh Kemdikbud untuk merealisasikan Kampus Merdeka. Beberapa di antaranya termasuk pembangunan didanai sampai kegiatan yang dapat dikonversikan ke SKS. Salah satu dari sekian banyak kesempatan emas bagi para mahasiswa adalah KMMI.

Pengertian KMMI Kemdikbud

KMMI adalah program pelengkap pembelajaran yang bermanfaat untuk meningkatkan pengetahuan serta keterampilan mahasiswa. Utamanya dalam dunia kerja maupun industri yang mendukung implementasi program Merdeka Belajar Kampus Merdeka.

cara daftar program kmmi kampus merdeka dari kemdikbud
cara daftar program kmmi kampus merdeka dari kemdikbud

Program ini juga berperang sebagai referensi sekaligus aktualisasi yang akan diterapkan pada dunia kerja serta industri. Mahasiswa berpeluang memperoleh keleluasaan dalam aspek belajar, menimba, sekaligus meraih pengalaman di luar kampus.


Terdapat tiga tren makro yang mendasari munculnya program KMMI bagi mahasiswa di seluruh Indonesia, antara lain:


  • Permintaan pendidikan tersier berkualitas tinggi yang berkembang pesat di masyarakat.
  • Transformasi digital yang terjadi di berbagai industri sehingga memicu kesenjangan antara perguruan tinggi, mahasiswa, serta industri itu sendiri.
  • Digitalisasi pada dunia pendidikan tinggi dapat memudahkan mahasiswa dalam mengakses informasi dari dalam serta luar negeri.

Dalam implementasinya, mahasiswa akan menerima berbagai pembelajaran hard skills dan soft skills yang berperan sebagai penguat keterampilan. Dengan begitu, kompetensi dapat terus meningkat dan menjadi bekal bermanfaat bagi karier masing-masing di masa mendatang.

Cara Daftar KMMI Kemdikbud

Berikut ini langkah-langkah untuk mendaftarkan akun agar dapat mengakses laman KMMI Kemdikbud dengan melakukan login:


  1. Masuk ke laman https://kmmi.kemdikbud.go.id/mhs/ lalu klik tombol Daftar.
  2. Pada kolom universitas, cara nama perguruan tinggi Anda. Lanjutkan dengan mengetik program studi yang sedang dijalani.
    daftar program kampus merdeka
    daftar program kampus merdeka
  3. Isi kolom NIK dan NIM yang terdaftar pada PD-Dikti. Jika terisi dengan benar, nama dan nomor telepon muncul secara otomatis.
  4. Jika NIK dan NIM sudah benar, namun nama dan nomor telepon tidak muncul, segera hubungi operator PD-Dikti untuk memastikan bila isian sudah sesuai.
  5. Ganti nomor telepon dengan yang update dan dapat dihubungi melalui Whatsapp.
  6. Pastikan pula bahwa e-mail aktif digunakan karena berfungsi sebagai username ketika login.
  7. Input password sesuai kebutuhan kemudian simpan dengan klik Daftar.
    form pendaftaran peserta kampus merdeka mahasiswa
    form pendaftaran peserta kampus merdeka mahasiswa
  8. Laman akan mengarahkan Anda menuju dashboard pada halaman sistem KMMI Portal Mahasiswa.
  9. Anda dapat melakukan eksplorasi terhadap kursus yang tersedia di KMMI.

Bila sudah berhasil daftar dan mengakses laman kursus, ikuti langkah-langkah di bawah ini agar Anda dapat mendaftarkan diri pada kursus:


  • Anda dapat menggulirkan halaman ke bawah. Bisa juga dengan memanfaatkan kolom pencarian menuju kursus yang dimaksud.
  • Klik dan masuk ke course yang Anda minati.
  • Muncul informasi seputar tanggal pendaftaran, tanggal pendaftaran kegiatan, jam pelajaran, kuota yang tersedia, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPS), capaian pembelajaran, serta mitra industri yang bekerja sama dengan kampus untuk menyelenggarakan kursus tersebut.
  • Baca informasi tersebut dengan seksama dan teliti.
  • Anda juga berkesempatan melihat reputasi mitra industri yang bersangkutan. Jika sudah yakin, silakan tekan Daftar.
  • Pastikan bahwa seluruh dokumen dan informasi sudah dibaca dengan baik. Hal ini dikarenakan seorang mahasiswa hanya bisa mengikuti satu kursus. Perkecualian terhadap mahasiswa yang ditolak oleh pihak penyelenggara.
  • Dengan mengklik Ya, Daftar, Anda telah bertanggungjawab penuh untuk mengikuti tiap ketentuan, aturan, dan bersedia untuk mengikuti kursus sampai selesai.
  • Perhatikan status yang muncul. Tunggu respon dari operator atau penyelenggara kursus yang menyatakan jika Anda diterima atau ditolak.
  • Apabila ada kesulitan atau pertanyaan khusus, Anda berhak untuk menghubungi kontak penyelenggara.
  • Jika status permohonan DITERIMA, segera isikan nomor rekening sesuai bank yang sudah direkomendasikan. Pastikan nomor rekening atas nama pribadi dan bukan perwakilan. Klik Save.
  • Masuk ke menu akses, Anda akan menemukan URL dari LMS yang dipakai penyelenggara dalam memberikan kursus. Login hanya bisa dilakukan saat tanggal pelaksanaan tiba.
  • Bila status DITOLAK, Anda dapat memilih kursus lain selama masa pendaftaran masih berlangsung.
  • Melalui laman Riwayat Pendaftaran, Anda dapat melakukan pengecekan pendaftaran secara berkala.

Tujuan Kampus Merdeka

Dengan banyaknya pilihan program yang ditawarkan kepada mahasiswa, tentu Kemdikbud punya tujuan yang ingin dituntaskan. Untuk mencapai tujuan tersebut, muncul pula program KMMI yang mewadahi mahasiswa dalam pembelajaran industri yang praktis dan aktual.


Berikut ini tujuan Kampus Merdeka yang diselenggarakan oleh Kemdikbud dalam rangka hak belajar tiga semester di luar program studi:


  • Meningkatkan kompetensi lulusan, baik soft skills maupun hard skills agar lebih siap dan relevan dengan kebutuhan zaman.
  • Menyiapkan lulusan sebagai pemimpin bangsa di masa mendatang yang lebih unggul dengan kepribadian.
  • Memfasilitasi mahasiswa dalam mengembangkan potensi sesuai passion dan bakatnya melalui program-program experiential learning dengan sifat dan jalur fleksibel.

Beberapa penjelasan seputar cara daftar KMMI Kemdikbud di atas dapat memberikan informasi penunjang bagi mahasiswa dalam mewujudkan minatnya. Berbagai industri yang bekerja sama dengan pihak perguruan tinggi akan memberikan wawasan hard skills dan soft skill yang berguna bagi karier di masa depan.

[ADS] Bottom Ads

Copyright ©

KEMDIKBUD.CO.ID