-->

[ADS] Top Ads

Contoh Iklan Layanan Masyarakat, Unduh Gratis Disini (Poster, Video, dan MP3)

Daftar isi [Tampil]

Selain menyediakan beragam update dan informasi seputar pendidikan serta cakupannya, Kemdikbud ikut menampilkan konten iklan layanan masyarakat di masa pandemi ini. Terdapat berbagai edukasi yang dapat ditonton oleh masyarakat, mulai dari anak-anak sampai orang dewasa. Apa sajakah itu?

Contoh Iklan Layanan Masyarakat dari Kemdikbud

Anda dapat mengakses iklan layanan masyarakat dari Kemdikbud secara lebih mudah. Cukup buka tab browser kemudian masuk ke link https://bersamahadapikorona untuk menemukan ragam konten di sana. Sebenarnya, apa saja contoh-contoh yang mewakilkan kondisi sekarang ini?

iklan layanan masyarakat menghadapi pandemi
iklan layanan masyarakat menghadapi pandemi

#1 Yuk, Jaketan (Jaga Kesehatan)!

Iklan masyarakat ini memiliki durasi sepanjang 30 detik. Menggunakan lagu tema yang diciptakan oleh Oppie Andaresta dengan nada ringan dan mudah diikuti. Melalui iklan ini, masyarakat diharapkan dapat menjaga kesehatan secara mandiri di tengah pandemi COVID-19.


Judul dari lagu tema yang dibawakan adalah Jangan Kendor Jaga Kesehatan. Pesan yang ingin disampaikan termuat di dalam lagu tersebut. Terdapat beberapa pesan yang ingin diteruskan kepada masyarakat sebagai penonton, antara lain:


  • Rajin mencuci tangan selama 20 detik
  • Memakai masker yang menutup hidung serta mulut
  • Menjaga jarak dan menjauhi kerumunan, minimal sepanjang 1,5 meter
  • Mengonsumsi makanan yang bergizi
iklan publik masker
iklan publik masker

Serangkaian video nyanyian yang sudah ada diakhiri dengan pesan dari Bapak Menteri Pendidikan, Nadiem Makarim beserta sang istri. Beliau menyampaikan tagline “Jangan Kendor Jaga Kesehatan” sebagai penutup iklan yang hendaknya dapat diingat oleh masyarakat di seluruh Indonesia.

#2 Testimoni Dokter

Merupakan iklan yang mengisahkan pengorbanan seorang dokter untuk meninggalkan keluarga dan menjadi relawan medis COVID-19. Beliau merupakan sosok yang sangat dekat dengan anaknya. Namun, keberadaan pandemi harus membuat mereka waspada dan melakukan social distancing.


Berpelukan hanya bisa tergantikan dengan merentangkan tangan, seolah saling mendoakan satu sama lain. Suatu hari, sang dokter menerima pesan dari anak yang mengungkapkan rasa rindu dan bangga kepada sang ayah. 


Ada juga pesan yang berisi doa agar ayah tetap baik-baik saja selama melaksanakan tugas. Melalui iklan ini, Kemdikbud ingin menyampaikan pesan kepada masyarakat untuk tetap mematuhi aturan belajar, bekerja, dan beribadah dari rumah.


Upaya tersebut merupakan bentuk penghargaan bagi para tenaga medis yang telah berjuang secara maksimal. Selain itu, dukungan dari masyarakat tersebut juga ikut andil dalam menurunkan kasus COVID-19 yang ada di Indonesia.

#3 Tabungan Intan

Awal mula menyambut penonton dengan seorang anak bernama Intan menonton televisi. Sang ibu pamit untuk berangkat bekerja dan Intan dititipkan menjaga adik-adiknya. Dilanjutkan dengan narasi batin Intan yang khawatir ibunya tertular virus karena harus keluar untuk bekerja.


Keesokan harinya, Intan menyodorkan sebuah wadah tertutup yang bertuliskan “Tabungan untuk mainan” kepada ibunya. Ia menyerahkan tabungan itu agar dapat digunakan oleh sang ibu. Intan belum mau ibunya keluar untuk bekerja sementara waktu.


Dengan suasana yang haru, ibu Intan menerima tabungan tersebut. Diakhiri dengan narasi visual dengan kalimat berikut, “Mari saling berbagi agar semakin banyak yang bisa tetap di rumah”.

#4 Mari Saling Membantu agar Kesulitan Bisa Diatasi Bersama

Kemdikbud meluncurkan iklan ini dalam rangka mengajak masyarakat untuk tidak mudik dan tetap di rumah. Virus dapat menyerang siapa saja, kapanpun dan dimanapun tanpa disadari. Ada baiknya Anda tidak mudik dalam rangka menjaga keluarga, kerabat, dan orang-orang lain yang disayangi.

iklan masyarakat pakai masker
iklan masyarakat pakai masker

Iklan ini menceritakan seorang mahasiswa semester dua bernama Andi yang baru saja menelpon keluarga di kampung halaman. Akibat virus corona, ia harus menghabiskan waktu lebaran di kos-kosan. Meskipun rindu keluarga di rumah, Andi harus tetap bersabar karena ditemani ibu kos.


Adegan berikutnya memunculkan ibu kos yang memberikan makanan kepada Anda untuk berbuka. Ibu kos menenangkan Anda bahwa ia harus tetap fokus belajar dan tidak usah khawatir karena kondisi ini dapat dilalui bersama. Iklan ini mengilustrasikan masyarakat untuk saling membantu dan menguatkan.

#5 Restu Ibu

Iklan ini juga ditampilkan untuk mengkampanyekan tidak mudik dan di rumah saja. Muncul seorang perempuan yang melakukan video call dan menghubungi ibunya. Dengan bibir bergetar, perempuan tersebut mengatakan bahwa lebaran ini ia belum bisa pulang.


Si anak perempuan tentu merasa sedih karena sudah rindu dengan ibunya. Namun, ibunya mengungkapkan ketenangan bahwa pilihan anak sudah benar. Ibunya bertanya untuk menyatakan bahwa tidak ada yang tahu apakah si anak dapat membawa virus saat perjalanan.


Dilanjutkan dengan sang ibu yang meminta anaknya bersabar karena bisa bertemu lagi di tahun depan. Meskipun harus memasak opor sendiri, pilihan untuk tidak mudik sudah benar-benar bagus. Apalagi, ibu sendiri yang berinisiatif mengirimkan daftar jamu kepada audiens yang akan datang.


Lima contoh di atas adalah iklan masyarakat yang diusung Kemdikbud dan tergolong baru untuk dipahami masyarakat. Relevan dengan situasi sekarang ini, edukasi yang mendalam dapat menjadi praktik mudah. Kemdikbud menyisipkan pesan moral yang dapat menyentuh emosional dari para penontonnya. 

Jika kamu membutuhkan contoh iklan layanan masyarakat multimedia dalam format video ataupun ataupun audio, kamu dapat mengunduhnya pada tautan berikut ini:

  • Contoh iklan layanan masyarakat dalam format video [Download]
  • Contoh iklan layanan masyarakat dalam format audio mp3 [Download]
  • Contoh poster iklan layanan masyarakat dalam format image jpg [Download]
Sekian informasi mengenai iklan layanan masyarakat dalam menghadapi pandemi khususnya kampanye patuhi protokol kesehatan 3M dari pemerintah dan pihak Kemdikbud. 

[ADS] Bottom Ads

Copyright ©

KEMDIKBUD.CO.ID