[PDF] Permendikbud Nomor 37 Tahun 2018 tentang KI dan KD Kurikulum 2013

Pemerintah kembali mencanangkan perubahan Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD) pada kurikulum 2013. Kompetensi Inti (KI) adalah tingkat kompetensi yang memenuhi standar kompetensi lulusan yang harus dimiliki peserta didik.

Setiap kelas atau jenjang program harus berusaha keras untuk mencapai kompetensi inti dan menggunakannya sebagai dasar untuk pengembangan kompetensi dasar. Kompetensi inti adalah penerjemahan atau pengoperasian SKL. Bentuk KI adalah menyatakan kualitas yang harus dimiliki peserta didik yang telah menyelesaikan studinya di satuan pendidikan tertentu.

Permendikbud no 37 Tahun 2018
Permendikbud no 37 Tahun 2018

Kompetensi inti meliputi empat aspek, yang mencerminkan: (1) sikap mental; (2) sikap sosial; (3) pengetahuan; (4) keterampilan. Keempat dimensi ini dirancang untuk mengintegrasikan konten pembelajaran, mata pelajaran atau mata kuliah untuk mencapai Standar Kompetensi Lulusan.

Kompetensi yang berkaitan dengan agama dan sikap sosial dikembangkan secara tidak langsung. Ketika siswa memahami pengetahuan (kelompok kemampuan 3) dan penerapan pengetahuan atau keterampilan (kompetensi inti kelompok 4).

Kompetensi dasar (KD) adalah kemampuan untuk memperoleh kemampuan inti yang harus diperoleh peserta didik melalui pembelajaran. Kompetensi dasar mencakup banyak kemampuan yang harus dikuasai siswa pada mata pelajaran tertentu untuk dijadikan acuan indikator kemampuan dalam mata kuliah persiapan.

Dalam rumusan setiap kompetensi dasar, kata kerja dan materi mengungkapkan unsur-unsur kemampuan berpikir. Kemampuan dasar meliputi sikap, pengetahuan dan keterampilan yang berasal dari kemampuan inti yang harus dikuasai peserta didik. Kemampuan tersebut dikembangkan dengan memperhatikan karakteristik peserta didik, kemampuan awal dan karakteristik mata pelajaran.

Permendikbud Nomor 37 Tahun 2018

Perubahan kurikulum KI dan KD pada tahun 2013 ini tertuang dalam Permendikbud No.37 tahun 2018. Permendikbud tersebut merupakan perubahan atas Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 24 Tahun 2016 yang mengatur tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran pada Kurikulum 2013 Pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.

Pertimbangan penerbitan ini adalah untuk memenuhi kebutuhan dasar peserta didik dalam mengembangkan kemampuannya di era digital. Oleh karena itu, perlu adanya penambahan muatan informatika pada kerangka dasar dan struktur kurikulum 2013. Artinya mata pelajaran TIK akan muncul kembali pada kurikulum pendidikan dasar dan menengah tahun 2013 yang sebelumnya telah dihapus dan berganti nama menjadi Informatika.

Menurut Pasal 1 Permendikbud Nomor 37 Tahun 2018 disebutkan bahwa muatan informatika di Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah (SD/MI) dapat digunakan sebagai sarana pembelajaran dan/atau pembelajaran melalui kegiatan ekstrakurikuler dan/atau muatan lokal. Sedangkan mata pelajaran informatika Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah (SMP/MTs) dan Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah (SMA/MA) sebagai acuan pembelajaran.

Karena dalam kurikulum 2013 memuat persyaratan disiplin informatika, peraturan sebelumnya (Permendikbud Nomor 24 Tahun 2016) mengatur bahwa kompetensi inti dan kompetensi dasar kurikulum 2013 SD dan SMP otomatis berubah. Memasukkan mata pelajaran informatika ke dalam kurikulum 2013 membutuhkan peningkatan kompetensi inti dan kompetensi dasar informatika.

Download Dokumen

Berikut link download Permendikbud Nomor 37 Tahun 2018 tentang perubahan Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD) pada kurikulum 2013:

PDF Permendikbud Nomor 37 Tahun 2018 Download