[PDF] Permendikbud Nomor 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi

Berdasarkan Permendikbud Nomor 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi, Standar Nasional Pendidikan Tinggi meliputi: standar nasional pendidikan; standar penelitian; dan standar pengabdian kepada masyarakat.

Permendikbud Nomor 3 Tahun 2020
Permendikbud Nomor 3 Tahun 2020 

Standar nasional pendidikan, standar penelitian dan standar pengabdian masyarakat merupakan bagian dari implementasi tiga sistem utama pendidikan tinggi yang tidak dapat dipisahkan. Ketiga standar tersebut selalu berdiri bersama untuk mencapai tujuan yang diinginkan. 

Tujuan Standar Nasional Pendidikan Tinggi

Menurut Permendikbud Nomor 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi, Standar Nasional Pendidikan Tinggi dirancang dengan tujuan untuk:

  1. Dengan menerapkan nilai-nilai humaniora dan budaya pembangunan berkelanjutan serta pemberdayaan negara Indonesia, dapat menjamin terwujudnya tujuan pendidikan tinggi yang memiliki peran strategis dalam mencerdaskan kehidupan bangsa dan memajukan ilmu pengetahuan dan teknologi;
  2. Memastikan pembelajaran program studi, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang diselenggarakan oleh perguruan tinggi di seluruh wilayah negara Republik Indonesia memenuhi kualitas dan persyaratan standar nasional pendidikan tinggi;
  3. Mendorong institusi pendidikan tinggi di seluruh yurisdiksi Republik Indonesia untuk secara berkelanjutan mencapai kualitas pembelajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat melampaui standar yang ditetapkan oleh standar nasional pendidikan tinggi secara berkelanjutan. 

Ketetapan Standar Nasional Pendidikan Tinggi

Dalam Permendikbud No.3 tahun 2020 tentang standar nasional pendidikan tinggi menegaskan bahwa standar nasional pendidikan tinggi harus:

  1. dijadikan dasar penetapan kriteria sistem penjaminan mutu eksternal melalui akreditasi;
  2. dijadikan dasar pengembangan dan penyelenggaraan sistem penjaminan mutu internal;
  3. dijadikan dasar penyelenggaraan Pembelajaran berdasarkan Kurikulum Program Studi; 
  4. dijadikan dasar penyelenggaraan Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat; 
  5. dijadikan dasar sebagai pemberian izin pendirian Perguruan Tinggi dan juga perizinan dalam pembukaan Program Studi; 
  6. dipenuhi oleh setiap Perguruan Tinggi untuk mewujudkan dan mencapai tujuan pendidikan nasional.

Institusi yang bertanggung jawab dalam perumusan dan pengembangan "Standar Nasional Pendidikan Tinggi" harus mengevaluasi dan menyempurnakan "Standar Nasional Pendidikan Tinggi" secara terencana, terarah dan berkelanjutan sesuai dengan kebutuhan perubahan lokal, nasional dan global.

Ruang Lingkup Standar Nasional Pendidikan Tinggi

Ruang Lingkup Standar Nasional Pendidikan menurut Permendikbud Nomor 3 Tahun 2020 Tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi. Standar Nasional Pendidikan terdiri atas: 

  • standar Dosen dan Tenaga Kependidikan; 
  • standar isi Pembelajaran; 
  • standar kompetensi lulusan; 
  • standar pembiayaan Pembelajaran;
  • standar pengelolaan;
  • standar penilaian pendidikan Pembelajaran; 
  • standar proses Pembelajaran; 
  • standar sarana dan prasarana Pembelajaran; 

Standar Nasional Pendidikan tersebut di atas harus menjadi acuan dalam menyusun, menyelenggarakan, dan mengevaluasi Kurikulum. Permendikbud Nomor 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi dirancang sedemikian rupa agar dapat mendukung pendidikan di Indonesia dan agar dapat mencapai tujuan yang telah ditetapkan sesuai dengan standar-standar yang telah ditetapkan sebelumnya. 

Download Dokumen Permendikbud Nomor 3 Tahun 2020

Berikut link download dokumen Permendikbud Nomor 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi:
PDF Salinan Permendikbud Nomor 3 Tahun 2020 Download