[PDF] Permendikbud No. 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah

Penerbitan Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 yang dilakukan dalam rangka pelaksanaan ketentuan Peraturan Pemerintah Nomor 19 Pasal 24 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan yang direvisi dengan Peraturan Pemerintah Nomor 32 Tahun 2013 Tentang Perubahan atas Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.

Isi singkat Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016

Berdasarkan Pasal 1 Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah disebutkan bahwa yang pertama yaitu Standar proses pendidikan dasar dan menengah selanjutnya disebut standar proses terkait dengan kriteria mengenai penyelenggaraan pembelajaran satuan pendidikan dasar dan satuan pendidikan menengah dan dasar untuk mencapai kompetensi lulusan.

Permendikbud No. 22 Tahun 2016
Permendikbud No. 22 Tahun 2016

Sedangkan yang kedua tertera dalam Pasal 1 Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 yaitu Prosedur standar sebagaimana dimaksud pada ayat (1) tercantum dalam lampiran yang merupakan bagian tidak terpisahkan dari Peraturan Menteri.

Sesuai dengan Pasal 2 Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah dinyatakan bahwa pada saat peraturan menteri tersebut berlaku, maka Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 65 Tahun 2013 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah akan dihapuskan dan dinyatakan tidak berlaku.

Komponen RPP berdasarkan Permen

Berdasarkan Permendikbud No. 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah disebutkan bahwa komponen RPP meliputi:

  1. Alokasi waktu ditentukan sesuai dengan kebutuhan dalam pencapaian KD dan beban pembelajaran, dengan mempertimbangkan jumlah jam mata kuliah yang harus dicapai dalam silabus dan KD harus diperhatikan;
  2. Evaluasi hasil pembelajaran;
  3. Identifikasi subjek pelajaran atau subtema/tema;
  4. Identitas sekolah, yaitu nama satuan pendidikan;
  5. Indeks pencapaian kompetensi dan kemampuan dasar;
  6. Kelas / semester;
  7. Langkah-langkah pembelajaran dilakukan melalui tahap pendahuluan, inti dan akhir; 
  8. Materi pembelajaran yang memuat fakta, konsep, prinsip dan prosedur yang relevan, dan ditulis dalam bentuk proyek sesuai dengan rumusan indikator pencapaian kompetensi;
  9. Media pembelajaran membantu menyebarkan atau menyampaikan tema dalam bentuk proses pembelajaran;
  10. Metode pembelajaran yang digunakan pendidik untuk menciptakan suasana belajar dan proses pembelajaran yang memungkinkan peserta didik mencapai kemampuan dasar yang disesuaikan dengan karakteristik dan kemampuan dasar yang akan dicapai peserta didik;
  11. Sumber belajar dapat berupa buku, media cetak dan elektronik, lingkungan alam atau sumber belajar terkait lainnya yang relevan;
  12. Tema / materi pokok;
  13. Tujuan pembelajaran didasarkan pada perumusan KD, menggunakan kata kerja operasional yang dapat diamati dan diukur, meliputi sikap, pengetahuan dan keterampilan.

Berdasarkan hal-hal tersebut maka dikembangkan standar proses yang meliputi perencanaan proses pembelajaran, pelaksanaan proses pembelajaran, evaluasi hasil pembelajaran, dan pemantauan proses pembelajaran yang diatur dalam Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016.

Download Dokumen Permendikbud No. 22 Tahun 2016

Berikut link download Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 menjelaskan mengenai isi dari RPP sebagai evaluasi dan pelaksanaan proses pembelajaran resmi dari web data.kemdikbud.go.id:

PDF Lampiran Permendikbud 2016 No. 22 Download